Mohon tunggu...
Jessica Anindya
Jessica Anindya Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY

Penulis amatiran. Suka bakso.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Maybelline, Produk Kosmetik yang Mendobrak Definisi Cantik Kebanyakan Orang

22 November 2020   20:42 Diperbarui: 22 November 2020   21:15 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam menjalani kehidupan, kita tidak pernah lepas dari yang namanya kebutuhan. Tentu, kebutuhan itu dapat berupa banyak hal. Namun pasar selalu menyediakan suatu hal yang kita butuhkan, dalam berbagai jenis atau yang biasa kita sebut dengan "brand". Lalu pertanyaannya, bagaimana kita dapat mengetahui sesuatu dari berbagai macam pilihan yang disediakan agar sesuai dengan keinginan kita? Ya, salah satu jawabanya adalah melalui iklan.

Tidak dapat dipungkiri, memang cara tepat dan efektif agar suatu produk itu dapat dikenal adalah dengan beriklan. Sehingga harus kita akui bahwa saat ini, iklan merupakan alat komunikasi utama bagi produsen.

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang penting yang digunakan sebagai alat pemasaran. Iklan membantu dalam menjual barang, memberikan layanan, dan ide melalui saluran tertentu dan disampaikan secara persuasif (Wright, 1978).

Saat kita berbicara mengenai dunia iklan atau advertising, pasti tidak ada habisnya. Bahkan setiap produk yang kita gunakan dan konsumsi juga merupakan buah dari berhasilnya iklan itu sendiri.

Banyak strategi yang  dilakukan suatu agensi iklan untuk memasarkan produknya, agar tampak menarik. Salah satunya adalah menggunakan brand ambassador yang sesuai dengan produk maupun kampanye mereka. 

Salah satu iklan global produk core nation adalah iklan Maybelline. Saya yakin, setiap kita yang membaca artikel ini, khususnya perempuan, tidak ada yang tidak tahu produk kosmetik internasional ini. Perusahaan ini adalah perusahaan yang dipayungi oleh L'Oreal Group. Maybelline sudah dipasarkan pada 129 negara termasuk Indonesia, dan tentu negara asalnya yaitu Amerika (Sholikhawan, 2020)


Cara suatu brand mengangkat produknya agar nampak di masyakat ada banyak cara. Maybelline menggunakan brand ambassador yang sesuai dengan slogannya pada setiap negara yang mereka pasarkan. Iklan yang dikeluarkan negara Amerika dan Indonesia, memiliki kesamaan yaitu keduanya memilih wanita yang merefleksikan kampanye mereka yaitu, "Make it Happen". Slogan yang dibuat oleh Maybelline di Amerika ini menjadi acuan untuk setiap negara agar mengkampanyekan hal yang sama. 

Walaupun Maybelline merupakan produk kosmetik, namun Maybelline seperti mendobrak stigma bahwa cantik itu berdasarkan riasan  yang kita kenakan. Melalui kampanyenya make it happen itu justru mengisyaratkan bahwa kecantikan itu juga berasal dari kepercayaan diri kita, kecerdasan, keoptimisan kita akan sesuatu, dan tentu keberanian kita untuk berbuat sesuatu. 

Di Amerika, salah satu brand ambassador yang dipilih Maybelline adalah Camila Cabello dan di Indonesia adalah Pevita Pearce. Dimana keduanya dikenal sebagai perempuan dengan segudang bakat, keberanian mereka menampilkan sesuatu yang mereka miliki, dan kepandaiannya membawa diri. Hal itu membuat keduanya terlihat sangat menarik di mata kebanyakan orang. 

Mereka merupakan definisi cantik yang diinginkan Maybelline. Tentu Maybelline memilih perempuan-perempuan ini sebagai cerminan dari kecantikan di tiap negara yang berbeda sesuai dengan perbedaan budaya yang mereka anut juga. Namun pada dasarnya mereka lebih melihat pada inner beauty para brand ambassador nya. 

Pertumbuhan media komunikasi sudah menghasilkan permintaan akan ketersediaan biro iklan untuk mengembangkan minat beli suatu produk yang diiklankan (McPhail, 2014). Melanglang buana nya nama Maybelline New York di pasar kosmetik dunia juga merupakan bukti konkrit bagaimana iklan merupakan cara tepat dalam hal meningkatkan penjualan suatu produk.

Daftar Pustaka 

McPhail. T. (2014). Global Communication Theories, Stakeholder, and Thrends. UK: Willey Blackwell. 

Sholikhawan, F. (2020, Februari 7). Maybelline brand kosmetik asal amerika yang sudah menyebar ke 129 negara. Tribunnews.com. Diakses dari https://video.tribunnews.com/view/122847/maybelline-brand-kosmetik-asal-amerika-yang-sudah-menyebar-ke-129-negara

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun