"Setiap orang memiliki working style yang berbeda. Jangan sampai kamu salah memilih pekerjaan. Yuk, memilih dengan cerdas."
Kamu pasti pernah bertanya-tanya, "sebenarnya pekerjaan yang cocok buatku nanti apa ya?" Atau pertanyaan-pertanyaan lain seperti, "aku kok merasa tidak nyaman dengan pekerjaan ini." "Ah, pekerjaan ini membosankan." Nah, pertanyaan-pertanyaan ini hampir selalu muncul dalam pemikiran orang-orang yang sudah bekerja. Banyak dari mereka merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang saat ini sedang ditekuni. Bahkan, tidak jarang mereka merasa bahwa mereka tidak kompeten. Cara berpikir seperti inilah yang SALAH BESAR! Setiap orang mempunyai kompetensi masing-masing di bidangnya. Hanya saja banyak orang-orang yang tidak mengenali diri sendiri. Mereka tidak paham pekerjaan apa yang sebenarnya mereka inginkan dan yang sesuai dengan kompetensi mereka. Working Style akan membantu kamu dalam menentukan pilihan pekerjaanmu
1. Sekretaris atau Manajer
Atau ketika mereka akan pergi mengunjungi suatu tempat, biasanya mereka sudah menyiapkan planning jauh-jauh hari sebelumnya. Orang dengan kemampuan manajerial yang baik biasanya juga multitasking. Coba perhatikan di sekelilingmu. Mungkin kamu akan menemukan orang yang menelpon sambil mencatat sesuatu dan sesekali mengecek file di komputer. Atau manajer artis yang mampu menyusun jadwal artis yang padat tanpa ada yang tabrakan sama sekali. Yah, orang seperti ini sangat cocok di bidang pekerjaan yang menuntut kemampuan manajerial yang baik seperti Sekretaris dan Manajer. Bisa dibayangkan bagaimana orang yang sembrono dan berantakan menjadi Sekretraris. Sudah pasti jadwal atasannya akan kacau dan semua berkas-berkas penting pun tercecer. So, buat kamu yang merasa memiliki kemampuan manajerial yang baik, jangan ragu untuk mencoba melamar pekerjaan sebagai Sekretaris.
2. Leader atau Pemimpin
3. Teknisi Operasional
4. Humas, Mediator, Public Relation, dan Sales Promotion
Biasanya kata-kata yang diucapkan oleh orang ini selalu bisa menarik perhatian orang lain. Ia mampu membujuk orang lain dengan kata-kata manis yang diucapkannya. Nah, sikap hangat dan kemmapuan komunikasi ini sangat diperlukan dalam bidang pekerjaan interpersonal seperti Humas, Public Relation, Mediator, dan Sales Promotion. Pekerjaan-pekerjaan ini menuntut karyawannya untuk mampu menjaring klien sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, untuk kamu yang kemampuan komunikasinya masih kurang atau lebih suka bekerja sendiri di tempat sepi, hindari memilih pekerjaan-pekerjaan ini yah...
5. Problem Solver
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H