Mohon tunggu...
jeri albais
jeri albais Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Belajar, santai, dan menyukaimu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Islam, Iman, dan Kufur: Kajian Semantik Toshihiko Izutsu

9 Juni 2024   13:05 Diperbarui: 9 Juni 2024   13:17 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://id.pngtree.com

Pendahuluan

Dalam kajian semantik, memahami konsep-konsep utama dalam Islam seperti Islam, iman, dan kufur sangat penting untuk mengungkap kedalaman makna yang dikandung dalam studi Al-Qur'an. Toshihiko Izutsu, seorang ahli semantik dan filsafat bahasa Jepang, memberikan sumbangsih besar dalam memahami terminologi ini melalui pendekatan semantik. 

Artikel ini akan mengulas makna dari istilah-istilah tersebut berdasarkan analisis semantik Izutsu serta merujuk kepada sumber-sumber kitab klasik yang sudah masyhur menjadi rujukan bahasa arab seperti Lisan al-'Arab dan Mufradat fi Alfadz al-Qur'an.


Makna Islam


Pembahasan pertama adalah kata Islam, Islam berasal dari kata kerja aslama yang berarti menyerah atau tunduk. Lisan al-'Arab, menjelaskan bahwa kata Islam mengandung arti ketundukan total seorang hamba kepada kehendak Allah (Ibn Manzur, 1986). 

Kemudian kitab Mufradat fi Alfadz al-Qur'an, Raghib al-Isfahani juga menguraikan bahwa Islam itu mencakup dimensi keimanan yang komprehensif, menggabungkan keyakinan, ibadah, dan perilaku yang konsisten dengan syariat Allah (Al-Isfahani, 2008). Sedangkan Menurut Toshihiko Izutsu, Islam dalam konteks Al-Qur'an bukan hanya sekadar tindakan lahiriah, tetapi juga menunjukkan sikap batin yang menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah (Izutsu, 2002). 

Makna Iman

Selanjutnya adalah kata Iman, Iman sendiri berasal dari akar kata amana (keamanan), dalam konteks al-Qur'an berarti kepercayaan yang kokoh dan keyakinan penuh kepada Allah dan risalah-Nya. Dalam Kitab Lisan al-'Arab menjelaskan iman sebagai suatu kondisi di mana seseorang merasa aman dari keraguan dan memiliki keyakinan yang kuat (Ibn Manzur, 1986). Kemudian kitab Mufradat fi Alfadz al-Qur'an  menjelaskan bahwa iman adalah sebagai suatu proses  yang dinamis, melibatkan aspek kognitif, afektif, dan konatif dalam kehidupan seorang mukmin (Al-Isfahani, 2008). Sedangkan menurut Toshihiko Izutsu, iman dalam al-Qur'an bukan sekadar kepercayaan intelektual, tetapi juga melibatkan pengakuan hati dan tindakan nyata yang mencerminkan keyakinan tersebut (Izutsu, 1997). 

Makna Kufur

Terakhir adalah kata Kufur, Kufur berasal dari kata kerja kafara yang berarti menutupi atau mengingkari. Dalam kitab Lisan al-'Arab, kufur dijelaskan sebagai tindakan mengingkari kebenaran yang telah diketahui atau tidak berterima kasih atas nikmat yang diberikan (Ibn Manzur, 1986). 

Kemudian kitab Mufradat fi Alfadz al-Qur'an menambahkan penjelasan bahwa kufur bukan hanya tentang ketidakpercayaan, tetapi juga mencakup perilaku dan sikap yang berlawanan dengan ajaran Islam (Al-Isfahani, 2008). Sedangkan menurut Toshihiko Izutsu, Kufur dalam al-Qur'an mencakup dua aspek utama: ingkar kepada Allah dan risalah-Nya serta sikap tidak berterima kasih atau menolak kebenaran yang jelas (Izutsu, 1997). 

Makna Relasional

Perlu diketahui bahwa dalam analisis semantik Izutsu, makna kata dalam Al-Qur'an sangat dipengaruhi oleh hubungan relasional antar kata. Islam, iman, dan kufur memiliki makna yang saling terkait dan saling menjelaskan satu sama lain. Islam dan iman seringkali digunakan bersamaan untuk menunjukkan dua aspek yang saling melengkapi: penyerahan diri lahiriah dan keyakinan batiniah. Kufur, di sisi lain, diposisikan sebagai antitesis dari kedua konsep ini, menekankan pada penolakan terhadap kebenaran dan ketidakpercayaan yang aktif (Izutsu, 2002).

Titik Perbedaan

Setelah mengetahui makna Relasional tiga kata tersebut, pastinya memiliki titik perbedaan, titik perbedaan tersebut adalah pemahaman antara Islam dan iman sebenarnya terletak pada cakupannya saja. Islam lebih menekankan pada aspek lahiriah dari ketundukan kepada Allah, sementara iman lebih berfokus pada keyakinan batin yang mendalam. Kufur, sebagai lawan dari keduanya, menunjukkan penolakan atau pengingkaran yang aktif terhadap keduanya. Dalam al-Qur'an, perbedaan ini sering diungkapkan dalam konteks perilaku dan sikap individu terhadap Allah dan wahyu-Nya (Izutsu, 2002).

Titik Persamaan

Selain titik perbedaan, pastinya memiliki titik persamaannya juga. Titik persamaan tersebut adalah dalam hal tujuan akhirnya saja yaitu antara ketundukan total kepada Allah dan penerimaan penuh terhadap risalahnya. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa sebenarnya Islam dan iman memiliki perbedaan konsep. 

Kedua konsep ini saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan secara absolut dalam kehidupan seorang muslim dan mukmin. Kufur meskipun berlawanan, juga membantu memperjelas makna Islam dan iman melalui kontrasnya, menegaskan pentingnya keyakinan dan ketundukan yang benar dalam agama (Izutsu, 2002).

Kesimpulan

Melalui pendekatan semantik Toshihiko Izutsu, kita dapat memahami bahwa Islam, iman, dan kufur dalam al-Qur'an bukanlah sekadar istilah teologis, tetapi juga konsep yang kaya dengan makna relasional dan kontekstual. Lisan al-'Arab dan Mufradat fi Alfadz al-Qur'an memberikan landasan linguistik yang mendalam untuk memahami istilah-istilah ini, membantu kita menghargai kedalaman dan kompleksitas ajaran Islam. Pada akhirnya, pemahaman yang lebih dalam tentang istilah-istilah ini dapat membantu kita umat Islam menjalani kehidupan yang lebih sesuai dengan ajaran Al-Qur'an tanpa rasa ragu. 

Referensi

- Ibn Manzur. Lisan al-'Arab. Beirut: Dar al-Fikr, 1986.


- Al-Isfahani, Raghib. Mufradat fi Alfadz al-Qur'an. Beirut: Dar al-Ma'rifah, 2008.


- Izutsu, Toshihiko. Ethico-Religious Concepts in the Qur'an. Montreal: McGill-Queen's University Press, 2002.


- Izutsu, Toshihiko. God and Man in the Qur'an: Semantics of the Qur'anic Weltanschauung. Kuala Lumpur: Islamic Book Trust, 2002.

- Izutsu, Toshihiko. Relasi Tuhan dan Manusia: Pendekatan Semantik Terhadap Al-Qur'an Toshihiko Izutsu. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1997.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun