Hallo semua, apakah kamu ingin memulai bisnis dengan menggunakan Media Sosial seperti Instagram? Lantas apakah kamu mengetahuinya bagaimana mengembangkan Instagaram bisnis?
Memang jika ingin memulai bisnis menggunakan Instagram tidak boleh sembarang dan itu ada strategi yang harus di siapkan untk memulainya.
Langkah ini bisa kamu contoh untuk mengembangkan Instagram bisnis yang di miliki.
1. Memverifikasi Akun Bisnis Kamu Di Instagram
Sampai saat ini ada beberapa akun Instagram bisnis atau akun para selebriti yang memiliki lencana verifikasi. Kamu bisa meminta lencana verifikasi dengan cara sebagai berikut :
Meskipun kamu sudah melakukan lancana verifikasi tersebut. Ini tidak menjamin bahwa akun yang sudah kamu verifikasi tadi akan di terima oleh Instagram.
Mengapa?
Karena, sebelum Instagram melakukan verifikasi akun kamu. Ia melihat apa isi konten yang kamu miliki di Instagram. Jika konten kamu kurang menarik maka, besar kemungknan akun kamu tida akan di verifikasi.
Lalu bagaimana agar akun bisnis Instagram mudah di verifikasi?
- kamu harus menulis deskripsi di bio Instagram untuk memberi informasi lebih lanjut kepada banyak orang. Bahwa, kamu sangat autentik Untuk menunjukan keaslian akun professional.
- Menggunakan stories untuk memberikan gambaran bisnis kamu
- Mendorong pelanggan untuk menandai bisnis kamu agar orang bisa  melihat postingan  pelanggan yang telah mengunakan produk atau layanan kamu.
- Tingkatkan isi konten Instagram kamu
2. Content Analytics
Ada 3 cara untuk melihat Instagram Insights atau Conten Analytics yaitu :
- Klik icon  insight pada Instagram profile
Masuk ke Instagram profile bisnis kamu. Lalu, di pojok kanan terdapat icon bergaris 3, lalu klik pilih icon  diagram dengan tulisan Insghts.
- Klik icok "view insghts" di bawah gambar atau video
Langkah kedua ini kamu bisa melihat analytics  pada setiap postingan secara individu dengan memilih salah satu postingan kamu. Lalu  klik "View Insghts" di bagian kiri bawah pada gambar our video.
- Klik icon "seen by" pada stories
Caranya, buka pada stories profile kemudian  klik "Seen By" di pojok kiri bawah.
Jika kamu sudah berhasil mengakses Instagram insghts, kamu bisa melihat ada beberapa tab yang menunjukan  "Activity", "Content", "Audiens".
3. Melakukan Instagram ADS
Ada hal penting yang perlu kamu ketahui tentang Instagram ADS yaitu kamu harus mempunyai akun "Facebook". Ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai Instagram ADS.
- Aplikasi Instagram
- Facebook Ads Manager
- Facebook power editor ( aplikasi pihak ketiga )
- Facebook's Marketing Api
- Instagram Partners
Dari lima cara di atas, merupakan cara yang paling efektif untuk membuat iklan di Instagram dengan melalui "Facebook Power Editor" dan " Facebook's Marketing API".
Ini sangat cocok buat kamu yang ingin membat iklan di Instagram dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang bersamaan.
Perhatikan Ini Jika Kamu Ingin Membuat Instagram Ads Melalui Facebook
Â
4. Tentukan tujuan campaign
Ya, sebuah campaign tidak bisa berjalan dengan bagus apabila kamu taidak menetukan ke mana arah campaign ini. Oleh sebab itu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat Instagram Ads yaitu dengan menetapkan tujuan yang "objectives)" dari campaign ini.
Daftar campaign yang sangat objectives yang di sediakan di Facebook Ads Manager dan bisa digunakan untuk Instagram Ads juga :
- Brand awareness
- Local awareness
- Reach
- Traffic
- Engagement
- All installs
- Video views
- Lead generation
- Conversions
- Product catalog sales
- Store visits
Â
5. Buat judul yang menarik untuk campaign
Dikala kamu memberi nama untuk campaign Instagram, jangan lupa untuk menambahkan tanggal campaign berlangsung supaya kamu dapat merekam data dan mengelola data yang bisa dibetulkan di kemudian hari.
6. Atur target audiens
Ada 2 pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mengatur target audiens
- Buat target audiens baru
- Menggunakan audiens yang sudah ada sebelumnya
Tidak perlu tergesah-gesa  dalam menentukan target audiens karena ini adalah salah satu elemen yang terpenting dalam memasang sebuah iklan.
7. Atur penempatan iklan
Pilih salah satu dimana kamu ingin meletakan iklan
- Facebook News Feed (mobile dan desktop)
- Sebelah kanan halaman Facebook
- Audience Network
- Instant Articles
- In-stream Video
Tentunya, pada pilihan ini kamu akan memilih Instagram. Selain itu, kamu juga bisa memilih beberapa media untuk menempatkan iklan (placing). Berikut ini adalah beberapa penempatan iklan yang direkomendasikan oleh Facebook:
- Facebook News Feed (mobile dan desktop)
- Sebelah kanan halaman Facebook
- Audience Network
- Instant Articles
- In-stream Video
Tentunya, pada pilihan ini kamu akan memilih Instagram. Selain itu, kamu juga bisa memilih beberapa media untuk menempatkan iklan (placing). Berikut ini adalah beberapa penempatan iklan yang direkomendasikan oleh Facebook:
- Brand awareness: Facebook dan Instagram
- Engagement: Facebook dan Instagram
- Video views: Facebook, Instagram, dan Audience Network
- App installs: Facebook, Instagram, dan Audience Network
- Traffic (for website clicks dan app engagement): Facebook and Audience Network
- Product catalog sales: Facebook dan Audience Network
- Conversions: Facebook dan Audience Network
Â
8. Tentukan biaya iklan
Mengatur dan menentukan pengeluaran dan bidding untuk iklan Instagram kamu juga menjadi langkah yang penting. Proses bidding iklan sama seperti lelang tetapi dalam hal ini, kamu ingin mendapatkan perhatian dari pengguna media sosial. Ada tiga faktor yang berkontribusi ke biaya pengiklanan:
- Harga bidding iklan Facebook
Semakin besar biaya yang dikeluarkan, Facebook akan semakin optimal dalam mendistribusikan iklanmu. Kamu bisa memasukkan angka bidding yang diinginkan, atau kamu juga bisa melakukan automatic bid.
Jika menggunakan automatic bid, harga yang akan kamu bayarkan tergantung pada seberapa jauh jangkauan iklanmu dan seberapa banyak iklan yang mendapatkan exposure. Semakin berhasil iklanmu, akan semakin rendah pula harga bidding-nya. Artinya, dengan automatic bid, kamu bisa mendapatkan distribusi iklan yang lebih optimal.
- Relevance score
Setiap iklan yang kamu pasang di Facebook dan Instagram memiliki relevance score atau nilai relevansi. Facebook menilai relevansi dengan melihat reaksi yang didapatkan oleh iklan -- baik positif maupun negatif. Dari indikator ini kemudian Google akan mengatur relevance score iklanmu.
Nantinya, nilai ini memiliki efek langsung ke biaya iklan yang kamu keluarkan dan bagaimana Facebook memprioritaskan iklanmu.
- Estimated action rates
Facebook juga menentukan estimated action rates, yaitu estimasi apakah seseorang akan mengklik atau melakukan interaksi setelah melihat iklan tersebut.
- Pilih format Instagram Ads
Setelah melakukan pengaturan pada iklan, pilih format Instagram Ads apa yang kamu inginkan. Instagram menyediakan tujuh format Instagram Ads:
- Single image ads
Ini adalah format iklan yang paling sering digunakan. Kamu hanya memerlukan sebuah gambar, caption gambar, dan tombol call-to-action (CTA).
- Instagram carousel ads
Ini adalah format yang memungkinkanmu memilih sampai 10 gambar dan video.
- Instagram video ads
Ini adalah iklan dengan format video atau GIF.
- Slideshow ads
Jika menggunakan format ini, kamu bisa menampilkan hingga 10 gambar dan menambahkan musik untuk membuat video yang diputar berulang (loop).
- Instagram lead ads
Format yang satu ini membantumu mengumpulkan informasi dari calon pelanggan tanpa membawa mereka keluar dari platform Instagram. Saat seseorang mengklik iklanmu, mereka akan dipandu ke laman baru dengan formulir yang menanyakan informasi detail, seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dsb. Sertakan pula privacy policy untuk meyakinkan keamanan data leads.
- Instagram stories ads
Setelah Instagram menambahkan fitur stories pada Agustus 2016, semakin banyak orang memanfaatkan Instagram stories untuk beriklan, baik dalam bentuk foto atau video berdurasi 15 detik.
Setelah memilih format iklan yang diinginkan, jangan lupa mengisi detail iklanmu seperti headline, teks, dan tombol call-to-action (CTA). Kemudian kamu bisa menggunakan Ad Preview Tool untuk melihat bagaimana Instagram Ads nantinya akan muncul.
Jika sudah, klik tombol place order untuk mengirimkan iklanmu untuk di-review dan dipublikasikan oleh Instagram.
Kesimpulan
Semakin berkembangnya penggunaan media sosial mau tak mau juga berpengaruh pada medium periklanan. Sekarang, hampir setiap platform media Internet memberikan layanan beriklan sehingga kamu dapat menjangkau audiens.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H