Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Competency Assessor

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

"Kontroversi Budaya Corat-Coret Baju Sekolah" Ekspresi Kebebasan atau Rendahnya Moral?

6 Mei 2024   00:00 Diperbarui: 6 Mei 2024   00:58 600
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fenomena corat-coret seragam sekolah saat pengumuman kelulusan (sumber: antara news)

Corat-coret seragam sekolah tidak dianjurkan dan harus dihindari karena tidak sesuai dengan nilai-nilai moral dan kedisiplinan yang harus dijunjung tinggi dalam pendidikan.

Fenomena budaya corat-coret baju sekolah telah menjadi perdebatan yang hangat di kalangan masyarakat. 

Sebagian melihatnya sebagai bentuk ekspresi kreatif dan kebebasan individual, sementara yang lain menganggapnya sebagai tindakan yang mencerminkan rendahnya moral dan kurangnya penghargaan terhadap seragam sekolah.

Di satu sisi, pendukung budaya corat-coret baju sekolah berpendapat bahwa hal ini adalah cara bagi individu untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan identitas mereka. 

Mereka melihatnya sebagai bentuk pembebasan dari aturan yang ketat dan norma-norma sosial yang mengikat. Selain itu, mereka berargumen bahwa corat-coret baju sekolah bisa menjadi platform untuk menyampaikan pesan-pesan positif atau menyuarakan masalah-masalah yang dianggap penting.

Aksi corat-coret seragam sekolah menciptakan gambaran negatif tentang perilaku siswa, tetapi juga menimbulkan kerugian bagi sekolah dan masyarakat.

Namun, di sisi lain, banyak yang menentang budaya ini, menganggapnya sebagai tindakan yang merusak dan tidak pantas. 


Mereka berpendapat bahwa corat-coret baju sekolah merugikan sekolah, guru, dan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini juga dianggap sebagai pelanggaran terhadap norma dan nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi dalam pendidikan, seperti rasa tanggung jawab dan kedisiplinan.

Perdebatan ini telah mengarah pada upaya-upaya untuk menemukan solusi yang memuaskan bagi kedua belah pihak. 

Untuk menyelesaikan kontroversi terkait budaya corat-coret kelulusan, ada beberapa solusi yang dapat dipertimbangkan:

1. Edukasi dan Kesadaran: 

Penting untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga properti publik dan menghargai lingkungan. 

Sekolah dapat mengadakan program pendidikan atau kampanye kesadaran yang menyoroti konsekuensi negatif dari tindakan corat-coret dan mengajak siswa untuk bertanggung jawab atas perilaku mereka.

2. Penyediaan Saluran Ekspresi Alternatif: 

Sekolah dapat memberikan saluran ekspresi alternatif bagi siswa untuk mengekspresikan kegembiraan atau kekecewaan mereka terhadap hasil kelulusan. 

Hal ini bisa berupa acara khusus atau dinding kreatif di sekolah yang diizinkan untuk dicorat-coret dengan pesan positif.

3. Penegakan Aturan dan Sanksi: 

Penting untuk menegakkan aturan sekolah yang melarang tindakan corat-coret secara tegas. 

Sanksi yang sesuai harus diberlakukan bagi siswa yang melanggar aturan ini, seperti hukuman disiplin atau tugas pembinaan.

4. Kolaborasi dengan Orang Tua dan Masyarakat: 

Sekolah dapat melibatkan orang tua dan masyarakat dalam mendukung upaya pencegahan corat-coret kelulusan. 

Dengan mengadopsi pendekatan holistik yang melibatkan edukasi, penyediaan saluran ekspresi alternatif, penegakan aturan, dan kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat, diharapkan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan budaya corat-coret kelulusan secara bertahap.

Beberapa sekolah telah mencoba mengadopsi pendekatan yang lebih inklusif dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan diri mereka melalui seragam sekolah yang lebih kreatif atau mendirikan dinding khusus di sekolah yang boleh dicorat-coret dengan persetujuan.

Dalam menghadapi kontroversi budaya corat-coret baju sekolah, penting untuk memperhatikan perspektif yang beragam dan mencari solusi yang mempromosikan ekspresi individu sambil tetap memelihara nilai-nilai moral dan penghargaan terhadap lingkungan belajar. 

Hanya dengan dialog terbuka dan kolaboratif, masyarakat dapat mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi semua pihak terkait.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun