Sepeda merupakan salah satu alat transportasi darat untuk jarak dekat. Sepeda memiliki banyak jenis, antara lain, yaitu: sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda jalan raya, sepeda BMX dan lain sebagainya. Â Dari tiap jenis sepeda tersebut memiliki ciri khas yang membedakan jenis sepeda satu dengan jenis sepeda yang lain.Â
Hingga saat ini ada berbagai jenis inovasi sepeda. Bahkan, ada yang melengkapi sepeda dengan baterai listrik atau dikenal dengan sepeda listrik.
Demam kendaraan listrik mulai terasa. Berbagai macam kendaraan listrik termasuk sepeda listrik sudah mulai menghiasi di jalan.Â
Sepeda listrik keluaran pabrikan masih memiliki harga yang relatif mahal dan semua komponen utuh masih keluaran pabrikan. Sehingga penggunaan sepeda listrik di Indonesia masih jarang diminati.
Alat dan Bahan
1. Sepeda.Â
2. Baterai Laptop bekas.
3. Motor Listrik DC 24V 250W.
4. Controller.
5. Sistem Transmisi Pada Sepeda.
6. Kabel.
Pemanfaatan Baterai Laptop Bekas pada Sepeda ListrikÂ
Limbah baterai laptop bekas atau baterai lithium ion 18650 memiliki kandungan komponen-komponen yang tersusun dari bahan-bahan kimia, seperti berbagai jenis lithium, baja, nikel, tembaga, aluminium, grafit, electrolyte, dan bahan polimer.
Bahan kimia ini memiliki kontribusi memberikan dampak negatif pada lingkungan seperti pemanasan global, acidification (pengasaman), eutrofikasi, penipisan ozon dan sebagainya. Â
Maka dari itu perusahaan baterai maupun laptop sendiri menuliskan beberapa simbol salah satu simbol yang terdapat pada baterai laptop tanda tempat sampah disilang (lingkaran merah).Â
Simbol ini memiliki arti baterai laptop yang tidak terpakai tidak boleh di buang sembarangan, artinya baterai lithium ion 18650 harus diolah recycle oleh pabrik atau badan khusus supaya limbah tidak merusak lingkungan.Â
Dengan demikian proses kita merakit dengan baterai lithium ion 18650 Â lebih membantu dalam pencegahan dampak negatif bagi lingkungan.
Rangkaian Baterai
Baterai adalah perangkat yang terdiri dari satu atau lebih sel elektrokimia dengan koneksi eksternal yang disediakan untuk memberi daya pada perangkat listrik salah satunya sepeda listrik.Â
Baterai pabrikan untuk menyuplai motor listrik 24 Volt, 250 Watt memiliki bobot sampai 5,8 kg, dimensi yang besar dan harga yang mahal.
Rangkaian baterai yang digunakan pada sepeda listrik di dapat dari baterai laptop bekas.Â
Rangkaian baterai yang telah dibongkar atau dipisah-pisah cell per-cell kemudian dites dengan AVOmeter.Â
Jika tegangan lebih dari 1,6 Volt maka baterai tersebut baik digunakan lalu baterai di charge sampai tegangan 3,7 volt dan besarnya aliran arus listrik perjam mencapai 2,2 Ampere.
Komponen Sepeda Listrik
Motor listrik merupakan sumber penggerak dari sepeda listrik. Motor listrik yang dipilih yaitu motor yang memiliki daya yang mampu memutarkan roda supaya sepeda dapat berjalan, dan dimensi motor tidak terlalu besar sehingga mudah penempatannya.Â
Motor listrik dapat kita pilih yang memiliki spesifikasi 24 Volt 250 Watt karena dimensinya yang kecil.
Controller merupakan perangkat elektronika yang berfungsi mengatur kecepatan sepeda listrik tersebut, digunakan untuk menyuplai tegangan dari baterai ke motor listrik, sehingga motor listrik dapat berputar cepat ataupun lambat, pengendalianya berada pada grip setang sepeda seperti handel gas pada sepeda motor bensin.Â
Controller ini mudah pemasanganya, mudah didapat dan dibeli secara online.
Sistem Transmisi
Untuk memindahkan putaran dari motor listrik ke roda sepeda menggunakan sistem transmisi.Â
Sistem transmisi adalah sistem yang berfungsi untuk mengkonversikan torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin atau penggerak akhir.Â
Konversi tersebut mengubah kecepatan tinggi menjadi kecepatan rendah namun lebih bertenaga atau sebaliknya.Â
Sistem transmisi yang digunakan berupa gear sprocket dan rantai. Bahan ini sangat sederhana dan bisa didapat dari sepeda bekas atau sepeda motor bekas.Â
Dengan perbandingan sprocket penggerak lebih kecil dibandingkan dengan yang digerakan maka daya motor 250 Watt bisa menjadi 500 Watt, dengan menambahkan sistem transmisi dan reduksi sprocket maka dapat meringankan kerja motor listrik dan mampu menghemat konsumsi tegangan baterai sehingga jarak tempuh sepeda listrik bisa lebih jauh. Â
Mengubah sepeda konvensional atau manual menjadi sepeda listrik dengan memanfaatkan baterai laptop bekas ini sangat efisien, karena dapat dengan mudah membuat rangkaian baterai sendiri, harga lebih terjangkau, baterai memiliki bobot yang lebih ringan, baterai dapat di up grade sesuai kebutuhan agar jarak tempuh menjadi lebih jauh, bentuk rangkaian baterai dapat disesuaikan dengan ruang yang ada.Â
Dengan menambahkan sistem transmisi dan reduksi sprocket maka dapat meringankan kerja motor listrik dan mampu menghemat konsumsi tegangan baterai sehingga jarak tempuh sepeda listrik bisa lebih jauh.
Pengembangan holder baterai sistem slot memudahkan dalam merangkai dan mengganti cell baterai tanpa harus menggunakan spot welder, rangkaian baterai dengan metode bongkar-pasang ini memudahkan para pengguna sepeda listrik karena jika terjadi kerusakan mudah dalam pemeriksaan dan perbaikan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI