Mohon tunggu...
Izul Amaludin
Izul Amaludin Mohon Tunggu... Guru - Guru MI Dewi Masyithoh 02 Banyumudal dan Maha siswa S1 PGSD Universitas Ngudi Waluyo

Bermain musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran penting media dalam proses pembelajaran IPA di MI

8 Januari 2025   17:01 Diperbarui: 8 Januari 2025   17:01 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Izul Amaludin Maha siswa S1 PGSD Universitas Ngudi Waluyo

A. PENGANTAR

Ketertarikan proses pembelajaran IPA, terjadi ketika guru mampu mengeksplorasi beragam media yang dapat diterapkan dalam proses pembelajannya. Ceramah misalnya menjadi tidak tertarik karena dalam prosesnya tidak berlangsung eksplorasi   pengetahuan, keterampilan ataupun sikap dengan mempergunakan media dalam proses pembelajarannya.

B. URAIAN MATERI

Kata  media  berasal  dari  bahasa  latin  “  medium”  yang  secara  harfiah berarti  “ tengah” atau “pengantar.” Dengan kata lain media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Menurut Gearlach & Ely mengatakan bahwa media secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian   yang   membangun   suatu   kondisi   yang   membuat   siswa   mampu memperoleh pengetahuan keterampilan atau sikap.

Ketika  fungsi  media  pengajaran  itu  diaplikasikan  alam  proses  belajar mengajar, maka peranannya sebagai berikut :

a. Media yang digunakan guru sebagai penjelas dari keterangan terhadap suatu bahan yang guru berikan di dalam kelas.

b. Media dapat  memunculkan permasalahan untuk dikaji lebih  lanjut  dan dipecahkan oleh para siswa dalam proses pembelajaran, paling tidak guru dapat mem[eroleh media sebagai sumber pertanyaan atau stimulasi belajar bagi siswa.

c. Media  sebagai  sumber  belajar  siswa,  media  sebagai  bahan  konkrit berisikan bahan yang harus dipelajari oleh siswa, baik individual ataupun kelompok.  Kekonkritan  sifat  media  sangat  membantu  guru  pada  saat menjar IPA di kelas.

Penggunaan  media  dalam  pembelajaran  menurut  Faturochman  (2007) adalah sabagai berikut :

a) Menarik perhatian siswa

b) Membantu mempecepat pemahaman dalam proses pembelajaran c) Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalitis

d) Mengatasi keterlibatan ruang

e) Pebelajaran lebih komunikatif dan produktif

g) Menghilankan kebosanan siswa dalam belajar

h) Meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari sesuatu dan menimbulka gairah belajar

i) Meningkatkan kadar keaktifan dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Media pembelajaran IPA merupakan alat  yang  sangat dibutuhkan oleh guru IPA untuk membantu siswa dalam memahami suatu konsep ketika belajar IPA, terutama media yang dapat dioperasionalkan sendiri oleh siswa. Sebagai alat bantu, keefektifan dalam penggunaan media itu sendiri sangat tergantung pada kemampuan guru dalam menggunakan dan memfasilitasi media itu sendiri. Media pembelajaran digunakan untuk menggantikan sebagian besar peran guru sebagai pemberi informasi atau pemberi materi pelajaran.

Jadi secara umum media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA berfungsi untuk :

a.   Alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar dan mengajar yang efektif

b.   Bagian integral dari keseluruhan situasi mengajar

c.   Meletakan dasar-dasar yang konkrit   dan konsep yang abstrak sehingga dapat mengurangi pemahaman yang bersifat verbalisme.

d.  Membangkitkan motivasi belajar siswa

Media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membantu membelajarkan siswa MI dalam belajar IPA antara lain:

  • Benda-benda konkrit atau nyata. Benda-benda konkrit adalah benda apa adanya atau benda asli tanpa perubahan. Contoh media benda konkrit adalah rangkaian listrik, dan lain sebagainya
  • Lingkungan Alam Untuk mengenal lingkungan alam, siswa dibawa ke tempat objek yang akan  dipelajari  berada  atau  hidup.  
  • Film Animasi tentang fotosintesa, peredaran darah atau proses pencernaan makanan dapat  lebih mudah dipahami siswa dibandingkan bila konsep-konsep tersebut  diinformasikan kepada  siswa  dengan  menggunakan  metode  ceramah.
  • Torso Model potongan tubuh manusia terbuat dari bahan sintetik berupa plastik atau gip, Torso memudahkan siswa untuk mempelajari anatomi tubuh manusia

C. KESIMPULAN 

Media pembelajaran merupakan alat yang sangat membantu dalam proses pembelajaran IPA, kaitanya dengan memperjelas konsep dan pemahaman konsep yang sedang dipelajari oleh siswa MI

Tingkat keefektivan penggunaan media sangat tergantung pada kemampuan guru  dalam menggunakan dan memfasilitasi media itu sendiri.

Media  menjadi penting  dalam proses pembelajaran IPA dilatarbelakangi oleh ketertarikan siswa untuk melakukan eksplorasi lingkungan belajarnya. Sehingga banyak media yang dapat digunakan oleh guru dan  siswa ketika terlibat dalam proses belajar   mengajar IPA, namun pemilihan media yang digunakan sangat tergantung kepada konsep yang akan dipelajarinya, kondisi sekolah, kemampuan serta keterampilan guru dalam memfasilitasi keberadaan media yang dibutuhkan.

Sumber artikel : 

-chrome extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195905081984031-NANA_JUMHANA/IPA_DEPAG_JADI_2009/MODUL_8_PEMBELAJARAN_IPA

-https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-untuk-sdmi

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun