Data buku:
Judul: Pendidikan Karakter Sehari-hari
Penulis: Dr. Helmawati
Penerbit: Rosdakarya
Cetakan: Pertama, Agustus 2017
Tebal: 176 halaman
ISBN: 978-602-446-130-0
Terma Pendidikan Karakter sedang populer pada ranah pendidikan formal Indonesia. Hakikatnya sama dengan pendidikan budi pekerti, yakni pengajaran untuk menjadi seorang beretika. Hampir sama pula dengan istilah revolusi mental; di mana objek revolusi terletak pada mengubah mentalitas buruk ke arah laku positif. Titik perbedaan pendidikan karakter dan revolusi mental terletak pada tempo atau masa waktu yang mesti ditempuh. Revolusi mental mengandaikan pengubahan karakter manusia dilakukan dengan sangat cepat.Â
Sementara pendidikan karakter, diakui sendiri oleh Helmawati selaku penganggit buku, tidak bisa dilakukan secara revolusioner. Melainkan membutuhkan waktu cukup lama. Lantaran karakter atau perangai adalah semacam kebiasaan yang sudah mematri dalam sanubari pada saban orang. Mengubah sikap menunda-nunda pekerjaan atau malas bangun pagi tidak bisa sekonyong-konyong dilakukan dengan cara-cara keras dan paksaan. Kerap cara demikian hanya efektif untuk sementara saja dan setelah itu kembali pada karakter dasar. Karena itu, mentalitas buruk  bisa diubah idealnya secara bertahap, perlahan, dan sistematis.
Sedari awal, penulis memberikan simpulan apik bahwa ejawantah pendidikan karakter bakal efektif dan bisa terlaksana baik dengan menempatkan keteladanan sebagai kunci. Tanpa keteladanan, pendidikan karakter sekadar simbol-simbol dan praktik hidup mulia yang pura-pura. Pendidikan karakter dalam aras muasalnya menuntut kejujuran sikap yang berangkat tulus dari sanubari. Bukan dipaksakan atau apalagi semacam bagian dari suatu kepentingan politik pragmatis.
Konten buku di babakan awal, menyasar kalangan usia sekolah. Di fase inilah, mereka berada di wadah candradimuka sebagai tempat gemblengan mental dan pengembangan pengetahuan. Optimalisasi pendidikan karakter yang secara praksis bakal sangat ideal dimasukkan dalam dunia formal bernama sekolah. Usia sekolah terutama sekali sekolah dasar merupakan masa ideal dan terkira lebih mudah untuk mematri dan menhunjamkan nilai-nilai keadaban hidup. Secara sederhana, buku ini bisa menjadi buku pengayaan dan panduan mewujudkan pendidikan karakter.