PENGARUH PENGGUNAAN BALOK BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA SISWA TUNA GARAHITA Â KELAS V SDN 1 BULUNGAN
Roudlotul jannah soffa
Isyatul Izzah
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
E-mail: 181330000306@unisnu.aci.id , isyatulizzah193@gmail.com
Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media bergambar terhadap kemampuan menyusun kalimat anak tunagrahita ringan kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan Pre-test Post-test Design menggunakan rumus uji Wilcoxon. Menggunakan aplikasi SPSS Subjek berjumlah 3 anak. Pengumpulan data menggunakan tes soal pemahaman. Berdasarkan hasil pengujian data statistik diperoleh 0,03<0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan dengan menggunakan media balok bergambar. Saran untuk penelitian berikutnya ialah bisa menjadikan balok bergambar sebagai salah satu alternatif cara mengajar bagi anak berkebutuhan khusus.
Â
Kata kunci: Tunagrahita, Balok Bergambar Menyusun Kalimat
PENDAHULUAN
    Pendidikan yang berkualitas merupakan cerminan keberhasilan dari suatu bangsa. Berbagai macam cara digunakan untuk meraih keberhasilan dalam suatu pendidikan. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdasakan kehidupan bahsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi perkerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Begitupun dengan anak berkebutuhan khusus yang juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak.