Mohon tunggu...
Isyatul Izzah
Isyatul Izzah Mohon Tunggu... Mahasiswa - jadilah diri sendiri

jadilah manusia yang memanusiakan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Penggunaan Balok Bergambar terhadap Menyusun Kalimat Siswa Tuna Grahita Kelas V SDN 1 Bulungan

14 Agustus 2021   10:00 Diperbarui: 14 Agustus 2021   10:13 423
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGARUH PENGGUNAAN BALOK BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA SISWA TUNA GARAHITA  KELAS V SDN 1 BULUNGAN

Roudlotul jannah soffa

Isyatul Izzah

Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

E-mail: 181330000306@unisnu.aci.id , isyatulizzah193@gmail.com

Abstrak

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media bergambar terhadap kemampuan menyusun kalimat anak tunagrahita ringan kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan Pre-test Post-test Design menggunakan rumus uji Wilcoxon. Menggunakan aplikasi SPSS Subjek berjumlah 3 anak. Pengumpulan data menggunakan tes soal pemahaman. Berdasarkan hasil pengujian data statistik diperoleh 0,03<0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan dengan menggunakan media balok bergambar. Saran untuk penelitian berikutnya ialah bisa menjadikan balok bergambar sebagai salah satu alternatif cara mengajar bagi anak berkebutuhan khusus.

 

Kata kunci: Tunagrahita, Balok Bergambar Menyusun Kalimat

PENDAHULUAN

        Pendidikan yang berkualitas merupakan cerminan keberhasilan dari suatu bangsa. Berbagai macam cara digunakan untuk meraih keberhasilan dalam suatu pendidikan. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdasakan kehidupan bahsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi perkerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Begitupun dengan anak berkebutuhan khusus yang juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun