SUMMARY
Untuk mengetahui bagaimana penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02. Kami melakukan metode observasi langsung di lapangan dengan pengolahan data secara kualitatif. Sehingga didapatkan bahwa pelaksanaan praktik mengajar dengan model Project-Based Learning (PJBL) di kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02 menghasilkan perubahan positif dalam keaktifan dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Pada awalnya, pembelajaran dengan metode ceramah sering membuat siswa kurang antusias dan tidak aktif.
Hasil observasi mencatat bahwa sekitar 90% siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila. Minat belajar siswa juga meningkat, terlihat dari ketekunan mereka dalam menyelesaikan sapintrong hingga tahap akhir. Selain itu, hasil karya yang dihasilkan tidak hanya menunjukkan keterampilan praktis siswa tetapi juga pemahaman yang lebih mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila.
Secara keseluruhan, proyek pembuatan sapintrong berhasil menjadi sarana efektif dalam mengajarkan nilai-nilai Pancasila dengan menerapan model PJBL tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tetapi juga mengasah keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi mereka.
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk membentuk karakter dan moralitas siswa di Indonesia. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar adalah kurangnya minat dan keaktifan siswa dalam mengikuti materi pembelajaran. Siswa sering merasa bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila bersifat teoritis dan kurang menarik, sehingga tidak mampu memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini juga dapat disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih dominan dengan metode konvensional yang tidak memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi dan berkolaborasi dalam pembelajaran.
Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu adanya inovasi dalam pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan partisipatif. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah Project-Based Learning (PJBL). PJBL merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proyek nyata untuk memecahkan masalah yang relevan dengan kehidupan mereka. Dalam konteks Pendidikan Pancasila, penerapan model PJBL dapat membantu siswa tidak hanya memahami nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam, tetapi juga meningkatkan keaktifan dan minat mereka terhadap mata pelajaran ini.
PJBL memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja secara kolaboratif, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, serta menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa akan lebih tertarik, aktif, dan memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap Pancasila dan aplikasinya dalam kehidupan sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model PJBL dalam meningkatkan keaktifan dan minat belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02.
Penerapan PJBL diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan membantu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
1.2 RUMUSAN MASALAH
- Bagaimana penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02?
- Bagaimana penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02?
- Apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan model Project-Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02?
1.3 TUJUAN
- Untuk mengetahui bagaimana penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02.
- Untuk mengetahui bagaimana penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02.
- Untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 3 SD Negeri Nongkosawit 02.