Artikel ini berisi tentang eksplorasi konsep modul 1.3 - Forum Diskusi mengenai inkuiri apresiatif
Artikel ini bertujuan untuk:
1. Menggambarkan pencerahan yang diperoleh Calon Guru Penggerak (CGP) dalam proses menyusun visi pribadi yang berpihak pada murid.
2. Menjelaskan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks sehari-hari sebagai pendidik.
3. Menyajikan pengalaman pribadi dalam menerapkan inkuiri apresiatif di lingkungan sekolah.
Visi yang berpihak pada murid menjadi pilar penting dalam transformasi pendidikan.Â
Inkuiri apresiatif, dengan pola pikir positifnya, menawarkan pendekatan inspiratif untuk mewujudkan visi tersebut. Bagi CGP, proses menyusun visi pribadi dan memahami inkuiri apresiatif menjadi langkah krusial dalam perjalanan mereka sebagai agen perubahan.
Pencerahan dalam Menyusun Visi Pribadi Berpihak pada Murid
Proses menyusun visi pribadi merupakan perjalanan introspektif bagi CGP. Mereka menelusuri nilai-nilai diri, pengalaman, dan aspirasi terkait pendidikan yang berpusat pada murid.
1. Memahami Kekuatan Murid