Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

KIDAL (Kegiatan Ice-Breaking dengan Aktivitas Lagu): Membangun Semangat Belajar melalui Kreativitas

11 Januari 2024   11:24 Diperbarui: 11 Januari 2024   11:24 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.pexels.com/id-id/foto/pandangan-mata-burung-orang-orang-bermain-sekolah-8613319/

Dalam dunia pendidikan, tantangan utama bagi guru adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar-mengajar. 

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah ketika siswa baru memasuki kelas dengan suasana gaduh dan terlihat belum siap mengikuti pembelajaran. Perasaan ini dapat merusak semangat belajar dan menciptakan suasana belajar yang tidak kondusif.

Adi Cahyoko, seorang guru yang peduli terhadap pengalaman belajar siswanya, menghadapi situasi ini dengan inovatif melalui metode yang disebutnya sebagai KIDAL atau Kegiatan Ice-Breaking dengan Aktivitas Lagu. 

Dalam upayanya menciptakan awal pembelajaran yang menyenangkan, Adi Cahyoko membagikan pengalamannya dan langkah-langkah yang dapat diambil oleh para pendidik untuk menciptakan kondisi belajar yang positif.

Situasi dan Tantangan: Menghadapi Monoton Metode Pembelajaran


Dalam mengawali ceritanya, Adi Cahyoko memandang kembali pengalamannya sebagai siswa, di mana kehadiran guru yang langsung memulai penjelasan tanpa basa-basi seringkali membuatnya merasa kebingungan dan terbebani, terutama jika materi pelajaran melibatkan rumus dan hafalan. Kesulitan ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang monoton dan kurang menyenangkan bagi siswa.

Menanggapi tantangan ini, Adi Cahyoko berpikir untuk mencari cara agar siswa dapat masuk ke dalam materi dengan kegembiraan. Dia menyadari bahwa pembelajaran yang menyenangkan dapat menjadi kunci untuk menciptakan semangat belajar yang positif.

Aksi: Menciptakan Awal Pembelajaran yang Menyenangkan
Langkah 1: Memahami Materi


Pertama-tama, Adi Cahyoko menekankan pentingnya memahami materi yang akan disajikan. Ini mencakup mengidentifikasi kegiatan keseharian siswa yang berkaitan dengan materi serta menemukan unsur menarik dalam materi tersebut.

Langkah 2: Memilih Lagu Familiar


Setelah memahami inti materi, langkah berikutnya adalah memilih lagu yang memiliki relevansi dengan materi atau memodifikasi lirik suatu lagu yang sudah dikenal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun