Hanya sedikit pekerjaan yang bisa dilakukan sendirian. Namun bersama-sama kita bisa kerjakan banyak hal
(Hellen Keller)
Artikel Ini merupakan catatan tugas pribadi saya dalam ruang kolaborasi Modul 2.2 untuk jenjang SMP. Saya, sebagai calon guru penggerak angkatan 9, mencatat perkembangan dan ide-ide yang relevan dengan pendidikan yang akan saya bawa ke sekolah dalam peran baru saya.
Tujuan dari ruang kolaborasi modul 2.2 ini adalah memperlihatkan pemahaman dalam menerapkan 5 kompetensi sosial dan emosional di lingkungan kelas dan sekolah. Ini melibatkan kemampuan mengintegrasikan aspek-aspek penting ini dalam pendidikan untuk memajukan kesejahteraan siswa, memperkuat keterampilan sosial mereka, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan emosional yang sehat.
Pertanyaan pemantik untuk pembelajaran ruang kolaborasi:
Apakah kekuatan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain? Bagaimana Anda mengelola kekuatan tersebut untuk dapat bersinergi dengan CGP lain?
Salah satu kekuatan saya dalam bekerja sama dengan orang lain adalah kemampuan saya sebagai seorang pendengar yang baik. Saya mampu mendengarkan dengan penuh perhatian, sehingga dapat memahami perspektif dan ide-ide orang lain. Selain itu, saya memiliki fleksibilitas untuk berkolaborasi dengan individu dari berbagai latar belakang dan tingkat kemampuan. Saya selalu terbuka untuk belajar dari orang lain, dan saya bersedia untuk berkompromi demi mencapai tujuan bersama.
Apakah kemampuan kerja sama yang ingin Anda tingkatkan dalam diri Anda?
Meskipun saya memiliki kekuatan tersebut, saya juga menyadari bahwa ada area dalam kemampuan kerja sama yang perlu saya tingkatkan. Salah satunya adalah kemampuan untuk memimpin tim. Saya ingin menjadi seorang pemimpin yang dapat menginspirasi dan memotivasi anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, saya ingin dapat mengelola konflik dengan efektif dan membangun konsensus di dalam tim.
Apakah ide pembelajaran 5 KSE Â yang dapat Anda terapkan di kelas dan sekolah Anda?
Dalam mengaplikasikan ide-ide pembelajaran 5 Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) di kelas dan sekolah saya, saya memiliki rencana yang konkrit. Untuk mengajarkan keterampilan sosial, saya akan menggunakan permainan peran dan simulasi yang melibatkan siswa dalam situasi sosial yang beragam. Demikian pula, saya akan mengajarkan keterampilan emosional dengan membantu siswa mengenali dan mengelola emosi mereka serta membangun hubungan positif dengan orang lain.
Kemudian, untuk meningkatkan kesadaran diri siswa, saya akan membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan mereka serta mengembangkan tujuan pribadi. Untuk pembelajaran pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, saya akan mengajarkan siswa bagaimana membuat keputusan yang bijak dan mendorong pemikiran kritis. Terakhir, untuk mengatasi konflik, saya akan membantu siswa menyelesaikannya secara damai dan mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik.