"Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya."
(Ki Hajar Dewantara)
Demonstrasi Kontekstual modul 2.1 ini, saya memfokuskan diri pada bagaimana saya sebagai calon guru penggerak dapat mendemonstrasikan pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan mengaplikasikannya dalam mengatasi tantangan pembelajaran sehari-hari di kelas.
Pada SesiPertanyaan Pemantik
Pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah, "Bagaimana saya dapat mendemonstrasikan apa yang telah saya pahami?" Pertanyaan ini mendorong calon guru penggerak untuk merenung tentang cara menunjukkan pemahaman mereka terhadap pembelajaran berdiferensiasi.Â
Saya bisa mencapainya dengan:
Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup strategi pembelajaran berdiferensiasi.
Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dalam kelas dan mencatat hasil serta pengalaman saya.
Berbagi pengalaman pembelajaran berdiferensiasi dengan sesama guru atau komunitas pendidik.
Pertanyaan kedua adalah, "Bagaimana pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu saya memecahkan permasalahan pembelajaran sehari-hari di kelas?"Â
Pertanyaan ini mengarahkan calon guru penggerak untuk memikirkan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi solusi untuk tantangan pembelajaran sehari-hari. Mereka bisa mencapainya dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa yang beragam dan mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
TugasÂ