Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Demonstrasi Kontekstual Modul 2.1 RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

28 Oktober 2023   13:17 Diperbarui: 28 Oktober 2023   14:25 9585
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya."

(Ki Hajar Dewantara)

Pada Sesi Demonstrasi Kontekstual modul 2.1 ini, saya memfokuskan diri pada bagaimana saya sebagai calon guru penggerak dapat mendemonstrasikan pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan mengaplikasikannya dalam mengatasi tantangan pembelajaran sehari-hari di kelas.

Pertanyaan Pemantik

Pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah, "Bagaimana saya dapat mendemonstrasikan apa yang telah saya pahami?" Pertanyaan ini mendorong calon guru penggerak untuk merenung tentang cara menunjukkan pemahaman mereka terhadap pembelajaran berdiferensiasi. 

Saya bisa mencapainya dengan:

Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup strategi pembelajaran berdiferensiasi.
Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dalam kelas dan mencatat hasil serta pengalaman saya.
Berbagi pengalaman pembelajaran berdiferensiasi dengan sesama guru atau komunitas pendidik.


Pertanyaan kedua adalah, "Bagaimana pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu saya memecahkan permasalahan pembelajaran sehari-hari di kelas?" 

Pertanyaan ini mengarahkan calon guru penggerak untuk memikirkan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi solusi untuk tantangan pembelajaran sehari-hari. Mereka bisa mencapainya dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa yang beragam dan mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tugas 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun