Mohon tunggu...
Isson Khairul
Isson Khairul Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalist | Video Journalist | Content Creator | Content Research | Corporate Communication | Media Monitoring

Kanal #Reportase #Feature #Opini saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul dan https://www.kompasiana.com/issonkhairul4358 Kanal #Fiksi #Puisi #Cerpen saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul-fiction Profil Profesional saya: https://id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1 Social Media saya: https://www.facebook.com/issonkhairul, https://twitter.com/issonisson, Instagram isson_khairul Silakan kontak saya di: dailyquest.data@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Merangkul Pesaing: Strategi Komunikasi Bisnis GoJek Membangun Sinergi

19 Agustus 2015   09:33 Diperbarui: 19 Agustus 2015   10:43 4371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin (17/8/2015) di InterContinental Jakarta MidPlaza Hotel, Leontinus Alpha Edison, COO Tokopedia, mengatakan, pihaknya sedang melakukan uji coba pengiriman barang dengan layanan GoJek. Minggu (16/8/2015) di sejumlah wilayah Jakarta terpasang beberapa spanduk yang menolak kehadiran GoJek maupun GrabBike. Di antaranya, di kawasan Rawajati dan kawasan Siaga Raya, Jakarta Selatan. Ada peluang, ada tantangan. Inilah dinamika bisnis. Foto: kompas.com dan kaskus.id  

Oleh: isson khairul (id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1/ - dailyquest.data@gmail.com)

Basis bisnis GoJek, sesungguhnya bukan transportasi, tapi teknologi informasi. Intinya: komunikasi. Dan, Nadiem Makarim nampaknya memahami betul hakekat komunikasi. Ia tahu, bagaimana menempatkan diri: merangkul pesaing untuk bersinergi.  

Nadiem Makarim adalah founder dan CEO GoJek. Ia mengadakan rekruitmen massal di Hall A Stadion Basket, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, sejak Selasa (11/8/2015) hingga Jumat (14/8/2015). Setiap hari pendaftar diperkirakan 4.000 orang. Pada saat yang sama, pada Rabu (12/8/2015), pesaingnya, GrabBike, juga melakukan aktivitas serupa di kawasan yang sama, di Plaza Barat, Gelora Bung Karno. Meski kuota pelamar hanya 2.500-3.000 orang, pendaftar mencapai 5.000 orang. Manajemen GoJek nampaknya tidak khawatir melakukan rekruitmen massal bersamaan di kawasan yang sama dengan pesaingnya, GrabBike. Apa yang bisa kita cermati dari langkah GoJek ini?

Meredam Tumbuhnya Konflik

Dengan sikap yang demikian, kita tahu, bahwa manajemen puncak GoJek, sejak awal, tidak ingin menghembuskan napas persaingan, tidak ingin menumbuhkan adanya lawan. Malah, dalam sambutannya di Gelora Bung Karno, Nadiem Makarim dengan sengaja dan terang-terangan mengajak driver dari pesaingnya, GrabBike, untuk bergabung bersama GoJek. Selain itu, ia mengaku senang, jika ada kompetitor serupa, yang juga berasal dari lokal, yang hendak memasuki lini bisnis yang sama.

Sikap Nadiem Makarim tersebut, menunjukkan kepada kita, bahwa ia tengah membangun kebersamaan, menumbuhkan rasa persaudaraan antar sesama driver, baik yang bernaung di bawah bendera GoJek maupun di GrabBike. Rasa persaudaraan itulah yang sempat diusik oleh sejumlah pengojek pangkalan, dengan, misalnya, memusuhi mereka yang bergabung dengan GoJek maupun GrabBike. Padahal, pada dasarnya, manajemen GoJek maupun GrabBike, adalah fasilitator, yang memfasilitasi pertemuan calon penumpang dengan driver, melalui perangkat teknologi informasi.

Driver bukanlah karyawan GoJek maupun GrabBike, dalam artian harfiah tentang konsep karyawan yang kita pahami selama ini. Model hubungan driver dengan kedua brand tersebut, juga bukan hubungan atasan-bawahan. Dengan kata lain, para driver di GoJek, bukanlah anak buah Nadiem Makarim, meski Nadiem Makarim adalah founder dan CEO GoJek. Jadi, driver GrabBike bisa bergabung dengan GoJek, demikian pula sebaliknya. Bahkan, bukan tidak mungkin, ada driver yang bernaung di keduanya sekaligus.

Dengan sikap yang tidak menumbuhkan lawan, bahkan dengan tangan terbuka menyambut pesaing, Nadiem Makarim sesungguhnya telah meredam timbulnya sikut-sikutan di jalanan antar sesama driver. Ini merupakan strategi yang positif, agar para driver konsentrasi pada pelayanan kepada penumpang. Mereka tidak perlu buang energi untuk bertengkar atau bersengketa, apalagi sampai mem-block area dan kawasan tertentu, sebagaimana perilaku yang kerap ditunjukkan para pengojek pangkalan.

Dalam beberapa bulan terakhir, terjadi penolakan layanan penyedia jasa angkutan umum sepeda motor GoJek di berbagai lokasi di Jakarta. Manajemen GoJek membekali driver mereka dengan pengetahuan tentang zona atau wilayah yang rawan konflik dengan ojek pangkalan. Manajemen memerintahkan para pengemudinya untuk lebih berhati-hati dalam mengambil penumpang di wilayah-wilayah tersebut. Foto: tribunnews.com

Momentum Agustus, Momentum Kebangsaan

Di Gelora Bung Karno, pada sambutan pembukaan, Nadiem Makarim dengan cerdik mengadopsi spirit kemerdekaan, juga semangat kebangsaan. Maklum, suasana 17-an sudah mulai terasa, dengan hadirnya sejumlah penjual bendera di berbagai sudut kota. Nadiem Makarim mengaku, adanya rekruitmen massal ini adalah sebagai bentuk persuasif GoJek untuk mengajak semua kalangan mendukung karya anak bangsa, dengan ikut bergabung bersama GoJek. Kita tahu, GoJek adalah ciptaan anak bangsa, sedangkan GrabBike merupakan anak perusahaan dari GrabTaxi, perusahaan teknologi asal Malaysia.

Dengan piawai, Nadiem Makarim menggugah rasa kebangsaan atau katakanlah nasionalisme, dari para calon driver dan publik yang lebih luas. Ada karya anak bangsa dan ada teknologi sebagai fasilitas untuk mendapatkan penghasilan. Momentum 17-an tersebut, dikelola GoJek dengan baik. Momentum lain adalah GoJek datang untuk memayungi, memformalkan para pengojek pangkalan, yang sebelumnya berada di track informal. Bahkan, sebagian kalangan sempat menilai pengojek pangkalan sebagai sesuatu yang liar.

Menjadi pekerja formal, dengan uniform GoJek maupun GrabBike, terdaftar secara resmi, memiliki identitas, juga dilindungi asuransi, adalah sejumlah impian para pekerja informal, yang selama ini diabaikan oleh para pemangku kepentingan di negeri ini. Mereka yang memiliki sepeda motor, yang sebelumnya merasa hilang martabat kalau jadi pengojek, merasa tetap terhormat untuk bergabung dengan GoJek maupun GrabBike. Karena itulah, ribuan warga menyerbu, bahkan rela antre berjam-jam, agar dapat kesempatan bergabung.

Mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan pekerja kantoran, turut pula antre untuk bergabung. Ini momentum lain yang dikelola oleh GoJek maupun GrabBike, yaitu momentum untuk memenuhi kebutuhan sejumlah warga, yang ingin mendapatkan penghasilan, tapi tidak terikat penuh waktu seperti pekerja kantoran. Sejumlah momentum di atas, menjadi komponen yang dalam tempo singkat telah menggelembungkan jumlah mereka yang bergabung dengan GoJek maupun GrabBike.

Di antara ribuan calon pengemudi yang mendaftar pada perekrutan massal GoJek di Gelora Bung Karno, ada Maya Puspita (27). Ia berasal dari Depok, Jawa Barat. Sehari-hari, Maya bekerja sebagai sales makanan dan kurir paruh waktu. Uang hasil ngojek akan ia tabung untuk modal usaha. Maya bercita-cita kelak menekuni bisnis kuliner. Dia ingin membuka usaha warung tenda kecil-kecilan. Foto: antaranews.com

Alternatif Menjadi Kunci

Teknologi Informasi dengan cepat diterima oleh masyarakat, bila dipandang mampu memberikan alternatif. Dalam hal ini, alternatif untuk mendapatkan penghasilan dan alternatif untuk mendapatkan jasa transportasi. Kehadiran teknologi, pada dasarnya, memang untuk memberi alternatif, dari cara lama ke cara baru. Teknologi bisa dipelajari, bisa diadopsi, bisa dikuasai, bahkan bisa ditiru. Tapi, kreativitas yang mengiringi teknologi tersebut, dalam hal ini teknologi informasi, yang menjadi pembeda antara yang satu dengan yang lain.

Barangkali, pemahaman akan konteks kreativitas inilah yang membuat Nadiem Makarim juga dengan kreatif menyambut para pesaing. Dari langkahnya, yang dengan terbuka merangkul pesaing untuk bersinergi, kita tahu, tentu ada strategi yang tak kalah kreatif, di balik sikap tersebut. Ini mengingatkan kita pada kata-kata Hari Tjahjono, Ketua Asosiasi Indonesia Global IT, bahwa Teknologi Informasi (TI) adalah industri paling demokratis, semua orang bisa memasuki bisnis ini, tanpa perlu proteksi, dan tak perlu dukungan berlebihan dari pemerintah.

Itu diungkapkan Hari Tjahjono di Hannover Fairground, saat mendampingi 12 perusahaan teknologi informasi asal Indonesia, yang ikut menggelar produk mereka untuk bersaing dengan raksasa teknologi dan ribuan perusahaan dunia, di gelaran CeBit 2015, di Hannover, Jerman, pada 16-20 Maret 2015, lalu. Sampai di sini, kita paham, kenapa Nadiem Makarim di Gelora Bung Karno, secara terbuka mengajak semua kalangan untuk mendukung karya anak bangsa. Ia bahkan menegaskan dalam kata pembukaannya, kami adalah dari Indonesia dan untuk Indonesia.

Di hadapan ribuan mereka yang hendak bergabung dengan GoJek, pada hari-hari peringatan 70 Tahun Proklamasi, dan di kawasan yang bernama Gelora Bung Karno, petikan kata pembukaan Nadiem Makarim tersebut, tentulah menggetarkan. Kita menyadari bahwa negeri ini dibangun para pendahulu dengan berdarah-darah, menghadapi lawan yang jelas identitas mereka, yaitu penjajah. Kini, di industri yang paling demokratis ini, kita bertarung di level kreativitas, di saat bumi nyaris sudah tak mengenal batas.

Jakarta, 19 Agustus 2015  

----------------------------

Kreativitas sesungguhnya tanpa batas. Abad internet ini menunjukkan kepada kita bahwa ketidakterbatasan tersebut bukan hanya dalam konteks pikiran-perasaan tapi telah mewujud dalam kenyataan.

http://www.kompasiana.com/issonkhairul/dengan-oksigen-kita-bernapas-dengan-oxygen-kita-kembangkan-kreativitas_559702f75393731b048b4567

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meresmikan portal data terbuka alias Open Data DKI Jakarta. Ini salah satu sarana untuk mendorong warga untuk menjadi bagian dari program pemerintah.

http://www.kompasiana.com/issonkhairul/jakarta-open-data-peluang-untuk-usaha-serta-inspirasi-di-tengah-era-transparansi_559314d2729373a1048b4568

---------------------------

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun