LK 3.1 Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) dan RTL
Â
Â
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR Â Â Â
MATEMATIKA DENGAN Â MEDIA POWERPOINT DAN VIDEO
Â
Â
Â
Lokasi
:
SMPN 3 Ambulu
Lingkup Pendidikan
:
SMP
Penulis
:
Isnanik, S.Pd
Tanggal
:
 14 November 2023 / 15 November 2023
Tujuan
:
Meningkatkan motivasi peserta didik pada Mata Pelajaran Matematika
PENDAHULUAN
 Kegiatan aksi PPL Siklus 2 ini di laksanakan di SMPN 3 Ambulu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Matematika . Matematika merupakan Pelajaran yang sangat penting, namun sering di anggab sulit oleh peserta didik dan cenderung tidak di senangi. Bahkan mereka memandang Pelajaran matematika sebagai hal menakutkan. Akibatnya banyak peserta didik yang malas mempelajari matematika. Pokok bahasan bangun datar ini merupakan pokok bahasan yang akan di pelajari peserta didik di bangku kelas VII dengan menggunakan metode belajar DISCOVERY LEARNING. Pada tahun  ajaran baru ini sekolah kami menggunakan kurikulum Merdeka yang di awali di kelas VII.  Selaras dengan pembelajaran abad 21 yang terintegritasi antara kemampuan guru dengan pemanfaatan teknologi serta kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran dan pembentukan karakter anak bangsa yang terbentuk dalam profil pelajar Pancasila. Sehingga untuk dapat menciptakan itu semua perlu diadakan identifikasi asesmen diagnostic pada pertengahan November.
 Â
Situasi
Latar belakang masalah:
Guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif dalam membantu peserta didik memahami materi BANGUN DATAR
Guru cenderung menggunakan metode Convensional (Teacher Centred)
Beberapa siswa masih terlihat pasif pada saat  diberi tugas diskusi kelompok.
Peserta didik kelihatan kurang semangat membaca materi yang ada di buku siswa
Dalam penyajian Materi Guru tidak  menggunakan media pembelajaran yang menarik.
Peran dan tanggung jawab:
Setelah mengidentifikasi, saya memilih salah satu pembelajaran inovatif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Discovery learning berbantuan powerpoint dan video, model pembelajaran ini membuat peserta didik lebih aktif terlibat selama proses pembelajaran berlangsung, dan membuat peserta didik terbiasa untuk mengungkapkan pendapat mereka dalam diskusi kelompok maupun didepan guru dan teman- temannya. Saya juga bertanggung jawab untuk melaksanakan model yang sudah saya pilih dikelas yang saya ajar.(Yesi Gusmania, Tri Wulan Dari)
TantanganÂ
Tantangan yang saya hadapi dalam melaksanakan  praktik  ini:
Belum terbiasanya peserta didik berpikir kritis dan dalam diskusi sebagian mereka merasa malu, Â dalam berpendapat.
Kurangnya management waktu sehingga bell  penanda jam pelajaran usai tapi proses pembelajaran belum berahir.
Pemanfaatan media pembelajaran inovatif berbasis IT dalam pendukung proses pembelajaran
Siapa saja yang terlibat : guru dan peserta didik dan pihak yang terlibat secara tidak langsung adalah  kepala sekolah, wakasek kurikulum, dan teman sejawat.
Aksi
Langkah-langkah yang terlibat untuk menghadapi tantangan tersebut:
Akan membiasakan peserta didik untuk berpendapat dan tampil kedepan kelas menpresentasikan apa yang mereka dapat  dalam kelompok belajarnya.
Akan mendesain rencana pembelajaran yang menuliskan durasi waktu pada tiap langkah pembelajaran.
Strategi Yang Digunakan : Berdiskusi terkait permasalahan yang terjadi dengan teman-teman PPG, Guru Pamong dan Dosen Pembimbing dari proses perencanaan sampai tahap pelaporan dengan presentasi dan evaluasi.
Sumber daya dan Materi:
Modul Ajar
Media slide power point, video
LKPD
Instrumen Penilaian
Â
Refleksi Hasil dan dampak
Yang di peroleh :
Peserta didik lebih aktif dengan cara belajar diskusi kelompok.
Lebih mudah mendapatkan perhatian peserta   didik dalam penyampaian materi.
LKPD yang diberikan memunculkan  kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan  dan mengaitkan Pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
Â
Respon orang lain: Dari kepala sekolah dan rekan sangat positif dan mendukung.
Â
   Keberhasilan dari kegiatan ini:Â
Peserta didik menjadi lebih aktif dan memperoleh hasil pemecahan masalah yang baik dan lebih antusias dan termotivasi dari serangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan.Â
(E Â Â Murniarti - Univ. Kristen Indones, 2016 - ap.fip.um.ac.id)
Pembelajaran yang saya dapat dari keseluruhan proses adalah :
Susasana belajar mengajar di kelas menjadi lebih tenang.
Guru akan menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan mengembangkan model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Guru semakin memahami bahwa guru harus terus mengembangkan diri mencoba hal-
hal baru untuk kemajuan proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas Pendidikan (DY Bagou, A Suking - Jambura Journal of Educational ..., 2020 - ejournal-fip-ung.ac.id)
Daftar Pustaka
Abdullah, Bayu Mukti. (2013). "Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Media Adobe Flash SiswaKelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Wuryantoro Tahun Ajaran 2012/2013". Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Surabaya: Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
DY Bagou, A Suking - Jambura Journal of Educational ..., 2020 - ejournal-fip-ung.ac.id
A Sutikno - Prosiding "Profesionalisme Guru Abad XXI", Seminar ..., 2018 - eprints.uny.ac.id
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H