Pengertian Evaluasi
Evaluasi pendidikan Islam adalah suatu proses sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk mengetahui tingkat kemajuan  pendidikan Islam. Evaluasi itu untuk memperbaiki, mengukur tingkat ketercapaian atau keberhasilan, untuk mengembangkan kedepannya serta menemukan kelemahan. Alur dalam evaluasi, yaitu merumuskan-melaksanakan-evaluasi.
Istilah Evaluasi
1) Pengukuran
2) Asesmen
3) Evaluasi
4) Tes
Tujuan Evaluasi Pendidikan
1) Mengetahui kemajuan belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan Islam.
2) Memberikan umpan balik kepada peserta didik, pendidik, dan pihak-pihak terkait untuk perbaikan proses pembelajaran.
3) Meningkatkan kualitas pendidikan.
Aspek-aspek yang Dievaluasi
1) Kemampuan kognitif, yaitu berkaitan dengan kemampuan intelektual.
2) Kemampuan afektif, yaitu berkaitan dengan sikap.
3) Kemampuan psikomotorik, yaitu kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan maupun kemahiran.
Prinsip-prinsip Evaluasi
1) Objektivitas, yaitu hasil evaluasi harus didasarkan pada data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.
2) Keadilan, yaitu hasil evaluasi harus adil dan tidak membeda-bedakan peserta didik.
3) Relevansi, yaitu hasil evaluasi harus relevan dengan tujuan pendidikan Islam.
4) Komprehensif, yaitu hasil evaluasi harus mencakup seluruh aspek yang dinilai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H