Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Catat Apa Kata Dosen, Bukan Pinjam Catatan Teman

19 Oktober 2023   08:09 Diperbarui: 19 Oktober 2023   08:11 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mencatat saat kuliah|dok. Getty Images, dimuat bbc.com

Membaca tulisan I Ketut Suweca terkait pentingnya mencatat sewaktu mengikuti kegiatan kuliah (Kompasiana, 14/10/2023), menginspirasi saya untuk menuliskan pengalaman sendiri.

Saya kuliah S-1 pada awal dekade 1980-an, saat satu-satunya cara mencatat penjelasan dosen di depan kelas adalah menulis dengan tangan sendiri.

Maksudnya belum ada ponsel yang membuat penggunanya bisa mencatat dengan mengetik. 

Juga belum ada posel yang bisa memotret tulisan dosen di papan tulis dan merekam suara dosen saat memberikan kuliah.

Kemudian di akhir dekade 1990-an saya mengikuti program S-2. Ponsel sudah ada ketika itu, tapi masih berukuran besar dan masih sedikit orang yang mempunyai.

Bagaimana cara mahasiswa yang malas mencatat sendiri atau yang malah mangkir saat kuliah? Ia bisa meminjam catatan temannya yang rajin mencatat, lalu pergi ke kios foto kopi.

Karena saya tergolong rajin mencatat, maka ada beberapa teman yang juga rajin meminjam catatan saya.

Tak masalah bagi saya jika foto kopi catatan kuliah saya beredar di beberapa orang teman, asal mereka bisa membacanya dengan baik.

Soalnya, agar apa yang diucapkan dosen bisa tercatat dengan lengkap, tulisan saya lebih mirip tulisan resep dokter alias bergaya cakar ayam.

Lagi pula, saya banyak menyingkat kata seenak saya sendiri, juga memakai simbol-simbol, semata-mata agar bisa mencatat secara cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun