Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health, Books, Travel, Cultures | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student (Elex Media Komputindo, 2021) | Best in Specific Interest Nominee 2021 | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Hal-hal yang Tidak Harus Kamu Lakukan Saat Traveling

2 September 2019   08:37 Diperbarui: 2 September 2019   10:09 636
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Eh menurut lo gimana? Pas cuti ini kan gue ceritanya mau ke negara A. Tapi temen-temen gue yang lain bilang, kalo ke A aja sayang. Sekalian aja mampir ke negara B soalnya tetanggaan", tanya seorang teman saya saat kami makan siang bersama.

"Yaudah, kalo tertarik ke negara B ya mampir aja", jawab saya sekenanya.

"Tapi kalo gue ke negara B, cuti gue gak cukup kalo bela-belain transport lebih murah. Bisa aja sih, tapi gue harus pakai direct flight dan tiketnya lumayan mahal supaya nantinya gue keburu ke negara B. Apalagi di negara A banyak juga yang mau gue kunjungin."

Oke, cukup sampai di sini saja percakapannya, karena kalau saya tulis semua percakapan ini sampai selesai, bisa-bisa tulisan saya kali ini jadi naskah sinetron yang gak kelar-kelar macam di televisi.

Apa yang mau saya share dari cuplikan pembicaraan saya dan teman saya tadi adalah, supaya kita jangan terlalu banyak keinginan saat mau traveling. Terutama jika sebenarnya kita sudah tahu keterbatasan kita, misalnya dana atau waktu.

Saat ini memang kelihatannya traveling sudah menjadi salah satu kebutuhan sekunder. Mau ke luar kota atau ke luar negeri, at least dalam waktu setahun maunya kita pergi ke suatu tempat untuk berlibur dan me-recharge diri dari rutinitas.

Bagi mereka yang memang pekerjaannya traveling sih tidak perlu dibahas ya. Biasanya mereka memiliki lebih banyak waktu untuk exploring destinasi yang dikunjungi dan mereka sudah sangat jelas mengetahui apa yang ingin mereka cari.

Tapi bagi mereka yang kebetulan punya rutinitas pekerjaan, tentunya waktu yang dimiliki untuk traveling terbatas. Dan bisa jadi juga dananya pun terbatas. Oleh sebab itu saat traveling, penting sekali supaya kita benar-benar memilih apa yang ingin kita lihat, kita kunjungi, kita coba, kita beli, kita rasakan dan lainnya.

Well, sejujurnya ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dan kebetulan saya terapkan juga ke diri sendiri supaya saya tahu diri. Ada tujuh hal yang tidak harus kita lakukan saat traveling. Apa saja itu?

1. Tidak semua pendapat orang harus didengar tentang negara/daerah mana yang harus kamu kunjungi.
Ini seperti contoh obrolan dengan teman saya tadi. Saat ingin memutuskan destinasi mana yang mau kita kunjungi, baik itu dalam maupun luar negeri, sebaiknya diusahakan untuk tidak terlalu menuruti kata orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun