Aknolt Kristian Pakpahan menyebutkan ada tiga implikasi bagi Indonesia terkait pandemi COVID-19 ini yakni sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi (Pakpahan, 2020). Indonesia yang didominasi oleh keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Salah satu usaha masyarakat yang terdapat di Kelurahan Cemengkalang ialah UMKM Susu Sapi Murni UD.
Baqoroh Joyo. Dalam upaya pemberdayaan di masa pandemi ini, pelaku UMKM harus menerapkan strategi jitu guna dapat bertahan di masa pandemi ini. Sebagai tindak nyata, Kelompok KKN 45 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Cemengkalang dan melaksanakan pelatihan juga pendampingan dalam penggunakan marketplace agar tetap dapat menjalankan usahanya.
Dalam memberikan pelatihan ini kami memberikan beberapa materi yaitu yang pertama Pengenalan pentingnya penggunaan marketplace untuk meningkatkan pemasaran dan pendapatan sebuah usaha. Dalam materi tersebut, diberikan pemaparan mengenai alternatif pemasaran produk melalui marketplace seperti GoFood dan Shopee Food.
Selain itu juga diberikan penjabaran mengenai jenis-jenis e-commerce sehingga mitra dapat melihat peluang pemasaran yang lebih luas. Dalam pemaparan materi, penjelasan mengenai marketplace GoFod. Dalam hal ini, diberikan pula contoh-contoh aplikasi e-commerce lain yang dapat dimanfaatkan seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.
Materi yang kedua adalah membantu melakukan Pendaftaran e-commerce susu sapi hasil poduksi UMKM melalui GoFood secara Online melalui aplikasi Go-Biz dan pendaftaran di Shopee Food. Adapun tahapan untuk melakukan pendaftaran e-commerce yaitu :
Registrasi
Registrasi merupakan proses awal dari pendaftaran dalam suatu program yang berfungsi untuk menghubungkan data pada program tersebut. Dalam registrasi GoFood dan Shopee Food ada beberpa informasi yang harus diunggah untuk menyelesaikan tahap registrasi, yaitu : Identitas Pemilik, Informasi Rekening Bank, Informasi Usaha, Informasi Outlet, Pilihan Layanan.
Verifikasi
Tahap ini merupakan tahap lanjutan dari tahap registrasi, dimana data yang sudah diunggah pada tahap selanjutnya akan dilihat bukti keaslian datanya.
Aktivasi
Setelah data dianggap telah benar dan memenuhi syarat yang ditentukan, maka pendaftaran telah diterima. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah tahap aktivasi. Tahap ini berarti mitra sudah bisa mengelola toko yang telah didaftarkan di e-commerce.
Materi yang keempat yaitu mengenai cara mengelola akun GoFood serta cara mengunggah gambar produk. Pada materi ini pelaku dilatih langkah-langkah membuat akun dan cara memulai berjualan dengan mengunggah foto produk serta kelengkapan berkas yang harus dicantumkan ketika membuat iklan penjualan. Dalam hal ini, mitra diberikan demo mengenai fitur-fitur mengenai fitur fitur pada aplikasi GoFood yang esensial dalam penggunaan penjualan.
Materi yang kelima yaitu kegiatan terakhir mengenai cara merespon pelanggan dan menangani pesanan. Kegiatan dimulai dengan memberikan materi tentang cara merespon pelanggan dengan baik.
Hal ini sangat penting supaya dapat memberikan kesan yang positif terhadap pelanggan yang membeli produk susu sapi. Kesan yang baik terhadap pelanggan akan memberikan gambaran positif terhadap produk yang dijual. Demikian pula ketiga kegiatan pelatihan dalam tahap pelaksanaan, bersifat teknis yaitu pemilik usaha hanya dilatih menggunakan aplikasi terkait materi yang diberikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H