Proses Alur Klaim BPJS Ketenagakerjaan.
Pada kesempatan ini aku akan berbagi pengalamanku mengenai pencairan dana klaim BPJS Ketenagakerjaan  dari perusahaan tempat ku bekerja, alasan pencairan BPJS tersebut di sebabkan oleh pengunduran diri.
Di lain kesempatan proses pencairan dana di lakukan pada datang langsung ke kantor cabang di kota anda berada, namun dengan kondisi pandemik sekarang layanan di alihkan ke jalur online.
Semua kantor layanan BPJS Ketenagakerjaan tidak membuka layanan untuk umum, jika anda datang ke kantor BPJS mungkin anda akan di layani oleh petugas keamanan. Petugas akan mengarahkan anda kepada papan pengumuman yang berisikan tentang tata cara dan  persyaratan yang harus di lengkapi untuk pengurusan klaim secara online.
Cara seperti ini sangat bagus untuk di terapkan di setiap instansi pemerintah, seperti bayar pajak online dan kepengurusan dokumen.
Di samping mendukung program pemerintah untuk selalu menjaga protokol kesehatan, layanan ini juga bagus untuk kita lakukan di rumah saja tanpa harus mengantri dan berkumpul di keramaian.
Tata cara proses klaim BPJS Ketenagakerjaan.
Kita akan di berikan sebuah layanan situs web : https://layananasik.bpjsketenagakerjaan.go.id , link tersebut berisikan data lengkap segala informasi yang di butuhkan untuk pencairan dana klaim BPJS Ketenagakerjaan.Â
Dokumen yang harus kita lengkapi adalah "KTP, Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Surat Kartu Keluarga, Kartu NPWP, Surat Pengantar dari Perusahaan kita bekerja, Buku Tabungan yang terlampir No. Rekening dan Formulir Pengajuan Klaiman (dokumen ini harus kita download terlebih dahulu dan isi semua datanya dengan lengkap)". Semua dokumen yang di sebutkan diatas di foto terlebih dahulu agar mempermudah kita untuk pengisian data diri dan proses peng-uploadan semua dokumen ke dalam system online.
Untuk pengisian semua data dan dokumen di atas sangat mudah dan cepat, maka sebaiknya di persiapkan semuanya terlebih dahulu agar memudahkan kalian untuk proses selanjutnya. Setelah proses penginputan selesai, kita harus mengecek laporan notifikasi di kotak masuk email kita, disana akan tertulis semua informasi yang sudah kita kerjakan di halaman situs di atas.
Pada bagian isi badan email akan diterangkan kembali kapan jadwal untuk konfirmasi secara online. Tanggal dan hari lengkap di beritahukan di dalam isi email, pada bagian bawah juga di jelaskan kembali dokumen apa saja yang harus di persiapkan. Jarak waktu pengajuan klaiman dengan proses wawancara online satu minggu, jadi kita punya waktu untuk mempersiapkan segalanya dengan baik.
Waktu proses wawancara terkadang lebih maju dari jadwal yang di tentukan, seperti kemarin saya di jadwalkan pada tanggal 23 Juni 2021 tepatnya hari Rabu, namun realisasinya terjadi pada tanggal 22 Juni 2021.
Petugas BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp, setelah petugas menanyakan perihal kesiapan kita untuk di wawancara. Petugas akan menghubungi kita melalui via Video Call pada waktu hari yang sama, proses wawancara di lakukan dengan cepat.
Petugas akan menanyakan perihal data yang sudah kita isi sesuai pertanyaan di link BPJS Ketenagakerjaan, setelah itu petugas akan meminta kita untuk memperlihatkan seluruh dokumen asli yang sudah kita isi pada saat pengajuan klaim di halaman website mereka.
Hal ini merupakan formalitas untuk penyesuaian data yang ada di system mereka, dengan dokumen yang kita miliki guna untuk memastikan keaslian dokumen yang kita miliki.
Proses wawancara hanya berlangsung paling lama 15 menit, setelah selesai petugas akan memberitahukan kepada kita tentang perihal pencairan dana. Pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan akan di transfer ke rekening paling lama 7 hari jam kerja, namun realisasi yang saya dapatkan hanya 2 hari setelah wawancara uang pencairan dana BPJS sudah masuk ke rekening sesuai nominal yang ada di kartu peserta.
Kesan setelah melakukan semua proses klaiman.
Ada satu hal yang menarik dalam proses pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan ini, kita bisa melacak sudah sampai mana berkas dan dokumen kita di proses oleh para petugas. Semuanya bisa dilihat dari situs website : https://lapakasikbpjsketenagakerjaan.go.id hanya memasukkan nomor kepesertaan kita lalu tekan enter maka langsung keluar hasilnya. Sudah sampai mana berkas kita di proses oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan, hal ini seperti pelacakan yang sering kita lakukan setiap melakukan transaksi belanja online.
Dengan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan seperti ini, saya merasa puas dan senang melakukan semuanya dengan mudah dan cepat.
Tidak perlu datang ke kantor cabangnya, hanya duduk di rumah buka laptop dan masuk ke halaman website yang dimaksud dan semuanya sudah beres di lakukan. Tinggal menunggu proses wawancara yang bisa kita lihat jadwalnya di email, dan persiapkan semua data dokumen yang di perlukan.
Kita harus mengapresiasi setiap gebrakan baru pemerintah dalam memperbaiki pelayanan untuk masyarakat, semua penubahan yang di lakukan secara online sangat membantu dalam ke efektifand an efisiensi waktu yang cepat.
Ini perlu terus di maintainance dengan baik, agar semua kantor layanan masyarakat bisa lebih cepat dan efisien. Sistem yang ramah dan mudah untuk di pahami, bisa di kembangkan dan di terapkan pada setiap kantor layanan masyarakat.
Satu hal yang perlu di perhatikan adalah jangan salah mengisi data pribadi seperti nomor handphone dan nomor rekening. Karena jika salah, petugas akan susah untuk menghubungi anda. Setelah pengisian data harus dilakukan cek ulang agar tidak terjadi kesalahan, kita semua tahu sifat terburu-buru akan menghancurkan semua yang telah kita kerjakan dengan baik.
Selamat mencoba dan semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat untuk para pembaca kompasiana.
Terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H