Mohon tunggu...
Irene Febrianty
Irene Febrianty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi - Universitas Pancasila

Keperluan Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis dan Monetisasi Platform Komunikasi Digital (Instagram)

24 April 2024   10:56 Diperbarui: 24 April 2024   19:54 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Instagram adalah platform sosial media berbasis berbagi gambar atau video dalam bentuk digital visual dan memiliki berbagai fitur yang unik serta menarik.

Proses Penggunaan Platform (Instagram)

Pendaftaran Pengguna Baru 

  • Download aplikasi Instagram dari Playstore/Appstore
  • Setelah selesai download, buka aplikasi Instagram
  • Klik daftar untuk buat akun baru
  • Masukkan nomor telepon/alamat email
  • Buat nama pengguna dan kata sandi
  • Lengkapi profil dengan foto, biodata, dll
  • Verifikasi akun melalui email atau SMS yang dikirim oleh Instagram
  • Setelah berhasil daftar, pengguna dapat menjelajahi berbagai fitur Instagram yang tersedia

Penggunaan Fitur-Fitur Utama Instagram

Feed

Feed Instagram ini merupakan fitur yang ada pada profil pengguna. Dengan adanya feed, pengguna dapat meng-upload foto dan video diprofil mereka sendiri dan pengguna lain dapat bereaksi pada postingan kita melalui like dan komentar.

Cara penggunaan:

- Ketuk ikon "+" pada bagian bawah layar instagram

- Pilih foto atau video dan klik "Selanjutnya"

- Lalu pengguna dapat menambahkan keterangan, musik, lokasi, dan penanda orang

- Setelah itu pengguna dapat menekan kata "Bagikan" yang ada pada bawah layar

- Foto atau video yang pengguna bagikan akan muncul pada profil instagram mereka

- Selesai

IGS (Instagram Stories)

Instagram Stories merupakan fitur untuk meng-upload foto atau video yang kita suka dalam waktu yang lebih singkat. Foto atau video yang diposting dari fitur ini akan hilang dalam waktu 24 jam.

Cara Penggunaan:

- Klik ikon "Your Story" pada beranda Instagram

- Pilih foto atau video yang ingin dibagikan

- Klik "Selanjutnya"

- Pengguna dapat mengkreasikan foto atau video mereka dengan menambahkan teks, musik, GIF, serta berbagai fitur kreasi lain di IGS

- Lalu klik kembali ikon "Your Story" yang terletak di kiri bawah

- Selesai

Live

Fitur ini untuk melakukan siaran langsung video yang dapat diakses oleh followers secara real-time. Dengan fitur ini, pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain lewat komentar live dan kolaborasi live sehingga dapat  berkomunikasi dua arah.

Cara Penggunaan:

- Pilih ikon "Your Story"

- Geser pada bagian bawah fitur ke opsi "Live"

- Lalu klik tombol fitur live tersebut dan mulai

DM (Dirrect Message)

Fitur ini untuk berkomunikasi lebih pribadi dan intens dengan pengguna lain. Dari fitur ini, selain mengirim pesan, pengguna juga dapat mengirim foto, video, dan pesan suara.

Cara Penggunaan:

-Pilih ikon pesan di pojok kanan atas

- Cari username pengguna lain dan mulai kirim pesan

Explore

Explore adalah fitur untuk membantu pengguna menemukan konten-konten yang baru dan menarik di Instagram sesuai dengan minat atau hal yang disuka pengguna.

Cara Penggunaan:

- Pencet ikon kompas yang terletak dipojok kiri bawah

- Kemudian pengguna sudah langsung berada pada fitur explore

- Scroll postingan atau mencari postingan pada bagian paling atas "Cari" untuk menemukan konten yang diminati

Analisis Penggunaan Akses Antarmuka (user interface) dari Platform Instagram

Penggunaan akses antarmuka pada Instagram dibuat dan didesain dengan mempertimbangkan kemudahan dan estetika. UI Instagram dirancang secara efektif untuk meningkatkan kenikmatan dan kegunaan. Platform Instagram ini dikenal dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan dan dipahami, bahkan bagi pengguna baru. Antarmuka Instagram dirancang dengan visual yang menarik dan modern.

Berikut beberapa poin yang menunjukkan kemudahan akses (user interface) pada platform Instagram:

• Pendaftaran atau pembuatan akun Instagram dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Pendaftaran akun yang mudah itu dapat meningkatkan tingkat pengguna. Tentunya sebagai calon konsumen (pengguna), pasti tidak ingin dan tidak nyaman dengan aplikasi yang aksesnya sulit dimengerti.

• Instagram dapat diakses melalui aplikasi mobile android maupun iOS dan website.

Dengan hal ini tentunya dapat mempermudah pengguna untuk mengakses aplikasi dari device atau perangkat apapun yang mereka miliki.

• Instagram memiliki banyak bahasa

Aplikasi Instagram tersedia terjemahan bahasa untuk kemudahan akses para pengguna dari seluruh negara. Hal ini juga dapat menjadi nilai plus untuk platform Instagram karena dengan aplikasi mendukung banyak bahasa, tentunya tidak ada batasan untuk pengguna dari manapun.

• Fitur Aksesibilitas 

Fitur aksesibilitas yang ditawarkan oleh platform Instagram ini yaitu teks alternalif untuk gambar dan video, serta dukungan untuk pembaca layar.

Instagram secara umum dapat dikatakan sebagai platform yang ramah pengguna dari berbagai usia dan tingkat keahlian teknologi. Hal itu disebabkan karena beberapa alasan, yaitu:

  • Proses pembuatan akun dan penggunaan fiturnya sangat simple dan mudah.
  • Ikon dan tombol pada platform tersebut jelas dan mudah dikenali
  • Tersedia berbagai fitur yang menarik
  • Instagram memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif
  • Pengguna dapat dengan mudah terhubung dengan teman, keluarga, sahabat, dan influencer atau artis favorit

Dengan berbagai kemudahan akses dan fitur-fitur menarik yang ada di platform Instagram, tetap penting untuk diingat bahwa harus bijak dalam menggunakannya. Pengalaman pengguna di Instagram juga dapat bervariasi, tergantung dari perangkat dan versi yang digunakan oleh para pengguna.

Fitur Monetisasi

Identifikasi Fitur-Fitur Monetisasi yang Ditawarkan Platform Instagram

Platform Instagram menawarkan berbagai fitur monetisasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna terutama konten kreator untuk menghasilkan uang atau pendapatan dari hasil konten yang mereka buat di Instagram.

Berikut beberapa fitur-fitur utama monetisasi platform Instagram

Instagram Reels Ads

Fitur ini adalah fitur untuk iklan berbayar berbasis video. Fitur ini disediakan oleh Instagram untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada target audiens tertentu. Dengan fitur ini, kreator dapat memonetisasi Reels mereka dengan menampilkan iklan dikonten yang mereka buat. Ada syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna platform untuk menggunakan fitur ini, yaitu harus memiliki minimal 10.000 pengikut dan harus setelan "akun bisnis".

Instagram Shopping

Fitur ini sangat bagus untuk kreator yang ingin mempromosikan produk atau layanan yang relevan dengan audiens. Dengan fitur monetisasi ini, kreator dapat menerima komisi dari setiap penjualan yang dilakukan pada tautan produk mereka.

Merchandise

Dengan adanya fitur ini, kreator dapat menjual produk merchandise seperti kaos, topi, celana. Fitur ini bagus dan sangat mendukung untuk kreator yang ingin membangun merek produk mereka sendiri.

Afiliasi Marketing

Afiliasi Marketing adalah fitur monetisasi yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa. Dengan menggunakan fitur monetisasi ini, kreator yang mempromosikan dan berhasil mendapatkan pembeli yang membeli lewat tautan link mereka akan mendapatkan komisi

Kolaborasi Berbayar

Dengan adanya kolaborasi berbayar, kreator dapat bermitra dengan merek untuk melakukan kerjasama dengan membuat konten yang dipromosikan. Konten tersebut dapat berupa video, stories, dan siaran langsung pada akun mereka. Sistem komisi yang didapatkan oleh kreator yaitu dibayar langsung oleh merek yang mengajak kerjasama.

Bagaimana Fitur-fitur Monetisasi Dapat Dimanfaatkan Pengguna untuk Menghasilkan Pendapatan?

Semua fitur-fitur monetisasi pada platform ini dapat kita manfaatkan dengan baik untuk menghasilkan pendapatan. Namun, hal itu tentunya tidak sembarang kreator bisa memanfaatkannya dengan baik. Maka dari itu, kita perlu mengetahui tipsnya agar bisa menjadi kreator yang bisa memanfaatkan fitur monetisasi untuk menghasilkan pendapatan.

Berikut tips sukses untuk memanfaatkan fitur-fitur monetisasi Instagram:

• Membangun Personal Branding

Untuk membangun kepercayaan konsumen dalam marketing kita pada fitur monetisasi Instagram, tentunya kita harus bisa menemukan jati diri kita dan menciptakan ciri khas dari konten-konten yang kita buat.

• Konsisten Membuat Konten

Hal ini dilakukan agar kreator dapat menarik banyak pengguna untuk mengikuti akun  mereka. Dengan konsisten membuat video, algoritma Instagram akan menjadi sering menampilkan postingan kreator diberanda pengguna lain.

• Analisis Performa Akun

Analisis performa akun Instagram bertujuan untuk melihat apa yang berhasil dan tidak berhasil dari postingan yang dibuat. Dengan adanya data ini, kreator dapat menyempurnakan strategi monetisasi yang dilakukan.

 

Analisis Persyaratan yang Harus Dipenuhi Pengguna untuk Memanfaatkan Fitur Monetisasi

Instagram dengan berbagai fitur monetisasinya agar bisa dimnanfaatkan oleh pengguna, tentu ada persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Instagram dan harus dipenuhi oleh kreator.

Apa aja sih persyaratannya?

Persyaratan Fitur Monetisasi Instagram

• Pengguna harus memiliki usia minimal 18 tahun

• Pengguna harus memiliki akun Instagram dengan profil yang lengkap (biodata, foto profil, postingan) dan akun Instagram tidak boleh diprivate

• Pengguna harus mengikuti aturan dan pedoman dari komunitas dan ketentuan pengguna Instagram

• Jumlah pengikut harus memiliki minimal 10.000 pengikut.

• Pengguna harus secara konsisten memposting konten yang menarik dan berkualitas tinggi untuk menarik banyak audiens.

Studi Kasus

Saya menggunakan satu akun kreator yang sukses dan berhasil memanfaaatkan fitur monetisasi platform Instagram yaitu akun Instagramnya adalah @rinaldi_ni. Beliau adalah seorang influencer dan telah menjadi sosok inspiratif banyak orang terutama pada kalangan anak muda. Banyak prestasi yang beliau cetak baik dibidang akademik maupun non akademik. Sebagai influencer yang sukses, tentunya beliau memiliki strategi untuk dapat berhasil memanfaatkan platform Instagram dan mengoptimalkan fitur-fitur monetisasinya untuk mendukung tujuannya.

Berikut Strategi @rinaldi_ni dalam memanfaatkan Platform Instagram

• Konsisten Membuat Konten

Konsisten membuat konten memang hal yang penting agar bisa menjadi kreator yang sukses dan menghasilkan. Maka dari itu, penting sekali untuk diterapkan karena hal ini juga merupakan hal yang utama agar bisa menjadi kreator atau influencer yang sukses dalam memanfaatkan platform.

• Memperbaiki Skill Editing dan Cara Penyampaian

Dengan memperbaiki skill editing menjadi lebih bagus dan menarik itu akan membuat audiens tidak mudah bosan menonton video yang diposting. Selain itu, cara penyampaian yang baik dalam video konten itu juga penting untuk dipelajari agar video konten yang dibuat dapat membuat telinga penonton yang mendengarkan nyaman.

Akun instagram @rinaldi_ni dapat mengoptimalkan fitur-fitur platform untuk mendukung tujuannya dengan cara memanfaatkan dan menggunakan semua fitur-fitur platform dengan baik untuk membagikan konten-konten yang positif terutama konten edukasi yang dibuat. Hal itu membuat @rinaldi_ni sukses menjadi influencer yang terkenal seperti sekarang.

 

Tantangan yang dihadapi @rinaldi_ni dalam proses monetisasi dan Cara mengatasinya

• Persaingan yang ketat

Seorang influencer sukses pun bisa merasakan ketatnya persaingan dalam platform Instagram. Tentunya ada banyak brand, kreator, influencer yang bersaing dan berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian dari para penonton.

Cara mengatasinya: Membuat konten yang menarik dan berkualitas tinggi agar audiens tidak mudah bosan menonton konten yang @rinaldi_ni buat.

• Algoritma yang sering berubah

Algoritma akun instagram tentunya akan terus diperbarui dan dapat mempengaruhi jangkauan serta engagement post yang dimana hal ini membuat sulit memprediksi hasil strategi monetisasi platform.

Cara mengatasinya: Rajin memantau perubahan algoritma dan menyesuaikan strategi konten, serta menggunakan Instagram Insight untuk melihat performa postingan.

Analisis Dampak Sosial dari Monetisasi Platorm Instagram 

Dalam menggunakan suatu platform komunikasi digital, tentunya ada dampak sosial yang bisa dirasakan. Dampak sosial ini tentunya dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif.

• Dampak Positif

Dapat Meningkatkan Financial

Dengan memanfaatkan fitur monetisasi dari platform Instagram dengan baik, tentunya salah satu dampak yang bisa kita ambil adalah dapat meningkatkan financial atau pendapatan. Monetisasi platform Instagram yang baik menjanjikan kreator akan mendapat penghasilan dari fitur monetisasi tersebut.

• Dampak Negatif

Social Pressure

Untuk menjadi kreator atau influencer yang sukses dalam memanfaatkan platform digital tentunya ada banyak tekanan yang diterima dalam lingkungan sosial. Hal ini tentunya akan sangat berdampak buruk bagi mental kreator dan influencer karena harus mengikuti standar sosial.

Pengaruh pada Pengguna

Dapat membuat perilaku pengguna berubah karena dampak dari tekanan dan standar sosial yang ada pada platform tersebut. Pengguna juga akan lebih berhati-hati dan selektif dalam membuat konten agar tidak terlibat masalah yang dapat mengancam reputasi publik.

• Aspek Etis dari Monetisasi Platform Instagram

Aspek etis dalam monetisasi platform Instagram seperti iklan, endorsement, dan sebagainya yaitu terletak dari kreatifitas pembuatan konten. Sebagai kreator, terutama influencer harus bisa membuat konten kreatif dengan idenya sendiri tanpa mengikuti konten kreator lain. Hal ini dapat berpotensi menyebabkan masalah etis karena dapat menimbulkan persepsi plagiarisme. Selain itu, hal lain yang dapat menyebabkan masalah etis dari platform Instagram antara lain adalah konten kolaborasi dan bersponsor yang kurang transparansi dan tidak ditandai dengan jelas sehingga dapat membuat pengguna lain keliru dan menganggap konten itu asli.

• Upaya Instagram mengatasi masalah etis

Instagram melakukan upaya untuk mengatasi masalah etis yang ada pada fitur monetisasinya dengan cara:

- Membuat pedoman pada konten dan iklan

- Instagram mewajibkan influencer untuk menandakan konten yang disponsori dengan jelas

- Instagram bekerjasama dengan suatu organisasi mandiri yang bertujuan untuk memantau konten dan memastikan kepatuhan pengguna dalam pedoman etika.

Referensi

Gultom, A. P. A., & Irwansyah, I. (2021). Kekuatan Instagram dengan Electronic-Word-of- Mouth(Ewom) dan Influencer dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal InterAct, 10(2), 35-46.

Hasan, K., Husna, A., Muchlis, M., Fitri, D., & Zulfadli, Z. (2023). Transformasi Komunikasi Massa Era Digital Antara Peluang Dan Tantangan. JPP Jurnal Politik dan Pemerintahan, 8(1), 41-55.

Rahmalia, N. (2023). Dapatkan Penghasilan Tambahan dengan 7 Cara Monetisasi Instagram Ini. Glints.com.

https://glints.com/id/lowongan/monetisasi-instagram/

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun