Service/Pelayanan didefinisikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan tingkat kepuasanya hanya dapat dirasakan oleh yang melayani dan yang dilayani.Â
Keterampilan Pelayanan (Sevice Skill)
Ciri-ciri:
- Sebagai problem solver
- Harus bersikap supportive
- Dapat menunjukan perhatian, upaya melayani- caring.
- Fokus pada pelanggan atau tamuÂ
Tingkatan Service
- Excellent service; standart pelayanan yang harus diberikan
- Experiential Service, pelayanan yang memberikan pengalaman baru dalam mengonsumsi atau memakai produk dan jasaÂ
- Transformational Service, jasa pelayanan mengubah seseorang dengan berkreasi dan men-transform sesuatu atau yang bernilai.
Salah satu unsur penting dalam service.
COURTESY ( adab sopan santun), adalah suatu perlakuan yang baik kepada seseorang (tamu/relasi/customer) guna menyenangkan mereka agar mereka puas dengan pelayanan yang diberikan.Â
Tujuan : Pelanggan/customer sukarela memilih produk/jasa kita dengan sukarela dan menjadi repeater.Â
COURTESY (Implementasi Pelayanan )
- Attentive (penuh perhatian)Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Konsentrasi penuh pada seseorang yang sedang dilayani dan menunjukan sikap bertindak cepat dalam melakukan pekerjaan.
- Helpful (penuh pertolongan)Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Menawarkan bantuan (sukarela) dalam bentuk kemudahan informasi, bantuan fisik dan sebagainya yang bermanfaat.
- Considerate (tenggang rasa)Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Menunjukan sikap empati terhadap kepuasan orang lain.
- Polite (sopan)                                                                                                  Bersikap/bertingkah laku dengan baik dan menyenangkan. Mengunakan kata-kata baik, seperti selamat pagi, terima kasih, saya mohon maaf, maafkan saya, dan lain sebagainya.
- Respectful (peduli)                                                                                                    Menggunakan penggilan hormat kepada seseorang secara betul dan sesuai dnegan kedudukan. Seperti; Mr, Mrs, Ms, Ny, Sdr, atau Sir, Madam, Miss, Mentri, Gubernur, dan lain sebagainya.Â
Perilaku Utama Meningkatkan PelayananÂ
Dibagi menjadi 2 yaituÂ
- Pelyanan secara langsung (face to face)
- Pelayanan secara telponÂ
1. Pelayanan secara langsung (Â face to face)
- Penampilan diri yang baik (pakaian, wajah, wilayah kerja)
- Perkataan dan tindakan yang sesuai dan tepat (bersikap peka dan luwes)
- Menggunakan penggilan hormat (Mr, Mrs, Ms, Ny, Sdr, atau Sir, Madam, Miss)
- Jujur dalam ucapan dan tindakanÂ
- Kekuatan nada ucapan dan nada suara (sesuai situasi kondisi, kata yang digunakan mudah dipahami)
- Bahasa tubuh yang sesuai (posisi badan, gerakan tangan/kepala tidak berlebihan)
- Senyuman yang berkesan
- Kontak mata dan mendengar aktif.
2. Pelayanan secara telepon
- Segera menjawab panggilan (dering telpon tidak lebih dari 3 Â kali).
- Pergunakan kata-kata yang sesuai (berbicara dengan perlahan, jelas, kata-kata mudah dimengerti, nada suara sesuai situasi dan kondisi).
- Mendengar dengan aktif (dengarkan dengan benar, minta penjelasan jika kurang jelas, ulangi informasi yang menunjukan kita paham, tunjukan perhatian pada permasalahan yang dibicarakan).Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H