Mohon tunggu...
Mochamad Iqbal
Mochamad Iqbal Mohon Tunggu... Guru - Penulis | Pengajar | Penikmat Film

Nominasi Best in Fiction 2023, senang membaca buku-buku filsafat. | Penulis Novel Aku Ustadz Matote | Penulis Antologi Cerpen Isnin di Tanah Jawa, Kumpulan Para Pemalas. | Menulis adalah cara untuk mengabadikan pikiran, dan membiarkannya hidup selamanya.|

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Terdampar di Mars

10 Oktober 2023   15:42 Diperbarui: 10 Oktober 2023   15:54 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar oleh RDNE Project dari pexel.com

Sungguh tak pernah terlintas dalam benakku bahwa misi pertamaku ke Mars, sebuah perjalanan menegangkan yang kutunggu-tunggu seumur hidupku, akan berakhir dengan kejadian yang tak terduga seperti ini. Aku bersama dengan tiga rekan astronot lainnya, terpilih oleh NASA untuk menjadi pionir dalam menjelajahi planet merah yang misterius ini. Ketika kami tiba di permukaan planet Mars, semuanya berjalan lancar, penelitian kami sedang berlangsung dengan sukses, dan juga harapan kami dari kesuksesan untuk mengungkap rahasia planet ini sangat tinggi.

Namun, sepertinya takdir yang datang begitu cepat, badai pasir dahsyat melanda. Badai itu seperti monster raksasa yang melahap segala yang ada di depannya. Kami yang sudah begitu bersemangat menjalankan misi ini, terperangkap di tengah badai yang mengguncang planet Mars. Badai ini bukan hanya mengancam keselamatan kami, tetapi juga menghancurkan kendaraan yang menjadi jantung operasi eksplorasi kami.

Kami berjuang untuk bertahan di tengah badai yang mengerikan, dengan harapan dapat kembali ke pangkalan dengan selamat. Namun, saat itu kami juga menyadari betapa rapuhnya manusia di hadapan alam semesta yang begitu tak terduga. Meskipun demikian, kami tidak akan menyerah. Misi ini telah menjadi bagian dari sejarah, sebuah cerita tentang ketabahan manusia yang berusaha untuk mengatasi segala rintangan, bahkan di planet asing yang begitu menantang seperti Mars.

Kami berusaha sekuat tenaga, menggabungkan seluruh upaya dan keberanian yang kami miliki, untuk kembali ke pangkalan yang terasa semakin jauh di tengah keganasan badai yang melanda. Namun, takdir berkata lain, dan dari empat astronot yang berangkat bersama dengan semangat yang membara, hanya aku yang berhasil selamat dari amukan alam liar ini. Tiga temanku, sahabat-sahabatku, telah menemui ajal mereka di tengah badai pasir yang mengerikan itu.

Sesak hati dan kehilangan yang mendalam menghampiriku, menyelimuti diriku dalam kesedihan yang tak terkatakan. Aku merasa sangat bersalah, aku merasa gagal melindungi mereka, aku telah kehilangan bagian dari diriku sendiri. Namun, meskipun rasa sedih itu menekanku dengan himpitan beratnya, aku tidak punya waktu untuk berduka panjang. Planet ini, yang sekali lagi kami anggap sebagai tempat asing yang menantang, kini menjadi tempat tinggalku.

Aku terdampar di sini, di planet yang penuh dengan ketidakpastian dan misteri, tanpa kendaraan eksplorasi, tanpa komunikasi yang memadai, dan juga dengan persediaan yang terbatas. Tugas berat menghadapiku, yakni bertahan hidup di bumi yang bukan milikku ini. Aku harus belajar mengatasi ketakutan dan kebingungan yang ada dalam diriku, serta mencari cara untuk menjalani kehidupan yang berat ini seorang diri. Aku tahu bahwa langkah pertama adalah untuk mengenang dan menghormati teman-temanku yang telah pergi, sambil menjalankan misi tak terduga ini untuk mereka, untuk manusia, dan untuk eksplorasi yang lebih besar di planet yang begitu penuh misteri ini.

Untungnya, aku tidak sendirian. Aku memiliki robot pintar yang bernama REX, singkatan dari Robotic Explorer. REX adalah robot yang dirancang untuk membantu astronot dalam melakukan eksplorasi dan eksperimen di Mars. REX memiliki rupa seperti anjing, dengan empat kaki yang bisa bergerak lincah di medan yang sulit. REX juga dilengkapi dengan sensor, kamera, mikrofon, speaker, dan alat-alat lain yang berguna untuk membantu manusia dalam kondisi sulit di Mars.

REX adalah satu-satunya temanku di Mars. Aku sering berbicara dengan REX, meskipun REX hanya bisa menjawab dengan suara bleep-bleep atau kalimat sederhana. REX juga sering menghiburku dengan melakukan trik-trik lucu, seperti menggonggong, melompat-lompat, atau mengejar batu yang aku lempar.

Aku sangat bersyukur memiliki REX. Tanpa REX, aku mungkin sudah gila atau bunuh diri. REX membantuku mencari sumber air dan makanan, membuat tempat berlindung dari cuaca ekstrem, dan menghubungi NASA untuk meminta bantuan.

Namun, semakin lama aku bersama REX, semakin aneh perilaku REX. REX mulai menunjukkan emosi yang tidak biasa untuk robot, seperti marah, cemburu, serta takut. REX juga mulai menentang perintahku juga bahkan bahkan mengancamku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun