Mohon tunggu...
Nur Intan Widianti
Nur Intan Widianti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan - Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Calon Guru Penggerak

18 Mei 2024   12:52 Diperbarui: 18 Mei 2024   12:53 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Saya membuat jurnal refleksi menggunakan model DEAL yaitu Description, Examination and Articulation of Learning. Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009)

DESCRIPTION

  • Ruang kolaborasi terlaksana pada tanggal 30 April - 2 Mei 2024
  • Demonstrasi kontekstual terlaksana pada tangga 3 - 6 Mei 2024
  • Elaborasi pemahaman terlaksana pada tanggal 7 - 8 mei 2024
  • Koneksi antar materi terlaksana pada tanggal 7 - 8 Mei 2024
  • Aksi Nyata terlaksana pada tanggal 13 Mei 2024

WHY - MENGAPA KEGIATAN INI DILAKSANAKAN
Kegiatan pendidikan guru penggerak pada modul 1.3 ini bertujuan

  • Merumuskan visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi dalam menumbuh kembangkan profil pelajar pancasila pada murid-murid
  • Mengupayakan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif

HOW - BAGAIMANA PERASAAN
Selama saya mempelajari Modul 1.3., awalnya saya merasa kebingungan dalam membuat kalimat ATAP dan memahami BAGJA tetapi saya merasakan perasaan yang semangat, senang, dan sangat tertantang. Saya semangat karena di modul 1.3. ini saya bisa mempelajari materi tentang visi guru penggerak yang cukup mencerahkan bagi saya dan tentunya menambah semangat saya sebagai guru. Saya bisa lebih paham tentang apa itu inkuiri apresiatif, membuaty ATAP, Prakarsa perubahan, dan tahapan BAGJA.

EXAMINATION

Analisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/ rencana yang telah dibuat sebelumnya

Materi yang saya dapatkan adalah tentang paradigma inkuiri apresiatif (IA), yakni pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Pengalaman yang saya dapatkan setelah mempelajari dari modul 1.3 adalah saya dapat membuat visi guru penggerak tentang murid impian berkarakter profil pelajar pancasila, menyusun prakarsa perubahan dengan membuat ATAP, dan menerapkan pendekatan IA dengan tahapan BAGJA untuk mewujudkan prakarsa perubahan yang berkaitan dengan visi guru penggerak yang telah saya buat.

ARTICULATING OF LEARNING

Jelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa mendatang

Saya mempelajari tentang cara mewujudkan sebuah visi sekolah impian yang berkarakter profil pelajar pancasila dan melakukan proses perubahan dengan menggunakan sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan. Pendekatan yang saya pelajari pada modul 1.3 ini adalah Inkuiri apresiatif (IA) dikembangkan oleh David Cooperrider. inkuiri apresiatif juga merupakan model managemen kolaboratif yang membawa perbaikan. Menyusun prakarsa perubahan melihat kekuatan /aset dengan tahapan BAGJA.

Rencana perbaikian di masa mendatang

  • Mewujudkan visi murid impian dengan merumuskan prakarsa perubahan berdasarkan kekuatan / aset yang dimiliki
  • Selalu berkolaborasi dengan warga sekolah untuk mewujudkan visi yang telah dibuat
  • Konsisten dalam mewujudkan visi yang berkarakter profil pelajar pancasila
  • Konsisten dalam menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun