Mohon tunggu...
intan tri septianingsih
intan tri septianingsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

saya adalah seorang yang bisa dibilang ekstrovert, saya mahasiwa kesehatan dan saya suka mencoba hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Komukasi Efektif dalam Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit dan Profesionalisme Kode Etik Perawat

2 November 2024   20:20 Diperbarui: 6 November 2024   20:32 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Komunikasi merupakan aspek fundamental dalam setiap interaksi manusia, terutama di lingkungan rumah sakit. Dalam pelayanan kesehatan, komunikasi yang efektif antara tenaga medis, pasien, dan keluarga pasien sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Selain membantu mencegah kesalahpahaman, komunikasi yang baik juga dapat meningkatkan kepercayaan pasien terhadap tenaga medis serta mempercepat proses penyembuhan. Dalam  Artikel ini akan membahas pentingnya membangun komunikasi efektif dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas komunikasi tersebut.

Pentingnya Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Kesehatan 

1. Meningkatkan Kepercayaan Pasien

 Pasien yang merasa didengarkan dan dipahami oleh tenaga medis cenderung lebih percaya pada penanganan yang mereka terima. Pasien akan merasa lebih nyaman dan yakin dengan pengobatan yang mereka terima jika kondisi kesehatannya dijelaskan dengan jelas dan mudah dipahami oleh dokter atau perawat. Namun, kecemasan dan ketidakpercayaan dapat disebabkan oleh komunikasi yang buruk.

2. Mencegah Kesalahpahaman dan Kesalahan Medis

 Komunikasi yang efektif sangat penting untuk memastikan bahwa tenaga medis dan pasien memahami instruksi pengobatan dan perawatan dengan benar. Kesalahan dalam interpretasi informasi atau instruksi dapat fatal, baik dalam pemberian obat maupun prosedur medis. Dengan komunikasi yang efektif, risiko kesalahan medis dapat diminimalkan.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan 

 Pasien yang menerima penjelasan menyeluruh tentang kondisinya dan pengobatannya cenderung lebih patuh terhadap instruksi perawatan, yang dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi komplikasi. Selain itu, keterlibatan pasien dalam proses pengambilan keputusan tentang perawatan mereka melalui komunikasi yang efektif akan meningkatkan keinginan mereka untuk sembuh.

Komponen-komponen Komunikasi Efektif

 Untuk mencapai komunikasi yang efektif dalam pelayanan kesehatan, beberapa hal penting harus diperhatikan

 1. Kejelasan Pesan
   Tenaga medis harus menyampaikan informasi kepada pasien dengan bahasa yang mudah mereka pahami karena istilah medis yang terlalu rumit dapat membingungkan pasien. Oleh karena itu, tenaga medis harus menyesuaikan penyampaiannya agar pasien dapat memahaminya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun