Assalamualaikum wr wb
Nah, bertemu lagi disini
Sebelum ke materi, ada yang tau ngak sih progresivisme itu ???
Nah, jadi progresivisme itu adalah kata progres yang berarti kemajuan. Dan secara harfiah progresivisme dapat diartikan sebagai aliran yang menginginkan kemajuan-kemajuan secara cepat.
Kata progresivisme itu juga merupakan aliran filsafat yang lahir di Amerika serikat sekitar abad ke 20. John S. Brubacher, mengatakan bahwa filsafat progresivisme bermuara pada aliran pragmatisme yang menitik beratkan pada segi "manfaat bagi hidup praktis".
Filsafat progresivisme menuntut kepada penganut untuk selalu progress (maju) bertindak secara konstruktif, inovatif, dan reformatif,aktif dan dinamis. Sebab sudah menjadi naluri manusia, yang selalu menginginkan perubahan-perubahan.
Nah, setelah kita memahami filsafat pendidikan progresivisme, selanjutnya saya akan membahas tentang para tokoh yang ada di dalam filsafat pendidikan progresivisme tersebut.
1. William James (1842-1910)
Dia adalah seorang psycologis dan juga dia adalah seorang filosof Amerika yang terkenal. Dia menegaskan bahwa fungsi otak dan pikiran itu dipelajari sebagai bagian dari mata pelajaran pokok dari ilmu pengetahuan alam.
2. John dewey (1859-1952)
Ia adalah seorang profesor di universitas Chicago dan Columbia (Amerika), teori dewey tentang sekolah adalah " progresivisme" yang lebih menekankan pada anak didik dan minatnya dari pada mata pelajaran nya sendiri.
3. Hans vaihinger (1852-1933)
Menurutnya persesuaian dengan obyeknya tidak mungkin dibuktikan, satu-satunya ukuran bagi berpikir ialah gunanya (dalam bahasa Yunani pragma) untuk mempengaruhi kejadian-kejadian didunia.
Cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat:)
Wassalamu'alaikum wr wb
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H