Tulisan ini membahas betapa pentingnya respons cepat terhadap keluhan pelanggan. Ada 4 alasan pentingnya respons cepat perusahaan terhadap keluhan pelanggan. Apa saja? Berikut ulasannya.Â
Agus adalah seorang rekan kerja yang bekerja di bagian Costumer Service (CS). Beberapa hari yang lalu ia menerima telepon dari nomor yang nampak masih asing. Rupanya telepon tersebut berasal dari salah satu calon pelanggan.
Pelanggan itu hendak meminta tolong kepada tim CS kami untuk memperbaiki trafo milik mereka yang mengalami masalah.Â
Trafo tersebut bukanlah produk buatan kami melainkan buatan kompetitor kami. Pelanggan tersebut bercerita bahwa produsen pembuat trafo itu terlalu berbelit-belit sedangkan perbaikan kerusakannya sudah bisa ditunda-tunda lagi.Â
Dengan sigap Agus mengiyakan dan membuat janji untuk melakukan pengecekan kerusakan.Â
Agus paham benar, bahwa ini merupakan peluang bagus. Selain peluang berupa pemesanan jasa servis, ada potensi peluang yang lebih besar lagi: pelanggan tersebut akan berpaling dari kompetitor untuk selanjutnya memesan produk trafonya dari kami.Â
Ya, ada peluang untuk menambah pelanggan baru. Efek dominonya berpeluang meningkatnya potensi keuntungan perusahaan.
Menghubungi Agus merupakan langkah yang tepat. Perusahaan kami memang memiliki tim khusus di bagian Costumer Service yang melakukan pelayanan kepada pelanggan.Â
Mereka bisa dihubungi selama 24 jam, 7 hari seminggu. Mereka memiliki tim yang kapanpun siap untuk melayani pelanggan.
Cerita di atas bukanlah sekadar ilustrasi belaka. Cerita tersebut adalah realita. Saya kira cerita di atas sudah sedikit menggambarkan judul dari artikel ini.