Mohon tunggu...
Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Mohon Tunggu... Blogger - Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pria Ini Tes HIV Karena Mau Menikah

11 Desember 2018   09:12 Diperbarui: 11 Desember 2018   10:33 737
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Sumber: health24.com)

Tanya Jawab AIDS No 1/Desember 2018

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar semua pembaca bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Tanya-Jawab AIDS ini dimuat di: "AIDS Watch Indonesia" (http://www.aidsindonesia.com) dan kompasiana.com/infokespro. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan ke Syaiful W. Harahap, melalui: (1) Telepon (021) 8566755, (2) e-mail: aidsindonesia@gmail.com, (3) SMS 08129092017, dan (4) WhatsApp:  0811974977. Redaksi.

*****

Tanya:  September tahun lalu saya melakukan sesuatu yang menurut saya ada risiko. Saya pergi ke panti pijat dan dionani sambil penis saya dicium-cium dan dijilat (tapi tidak dioral) oleh terapis. Tiga hari yang lalu saya tes VCT di Puskesmas. Hasilnya negatif.

1. Apakah tes VCT itu sudah bisa dianggap valid karena itu sudah terjadi 1 tahun yang lalu?

2. Apakah tes VCT di Puskesmas bisa dipercaya karena dalam 1 jam sudah keluar hasilnya?

3. Apakah saya sudah bisa dikatakan saya tidak terkena HIV?

Saya sangat khawatir sekali berhubung bulan ini saya akan menikah. Takut menularkannya kepada istri. Saya takut karena saat menjilat penis saya air ludahnya nempel di zakar. Karena saya sering menggaruk zakar takut ada perlukaan di zakar saya. Penis saya juga dijepit di payudaranya.

4. Apakah keringat yang menempel di penis juga bisa tularkan HIV?

Mr "X" via SMS (5/12-2018)

Jawab: Bukan "tes VCT" tapi "tes HIV". VCT (voluntary counselling and testing) adalah sistem tes HIV secara sukarela yang didahului dengan konseling dan diakhiri pula dengan konseling setelah ada hasil tes HIV.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun