*Masyarakat agar berhati-hati supaya tidak tertipu iklan bodong ....
Bekerja di Danone Indonesia? Ah, itu, sih, cuma ngurusin Aqua. Mungkin inilah gambaran umum terhdap Danone Indonesia bagi sebagian orang karena memang produk yang dikenal luas (branded product) adalah air minum dalam kemasan dengan merek ternama Aqua.
Padahal, Danone merupakan perusahaan yang memproduksi minuman dan makana terbesar di dunia dengan karyawan 100.000 dengan misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang di 160 negara. Sedangkan Danone Indonesia menjalankan tiga unit bisnis dengan kategori: Air Minum dalam Kemasan (Aqua dan Vit) dan Minuman Non Karbonasi (Mizone), Nutrisi untuk Awal Kehidupan (Early Life Nutrition) dan Nutrisi Medis yang diproduksi Danone-Aqua dan Sarihusada.
Manajemen Bakat
Bukan hanya itu. Bekerja di Danone Indonesia pun mempunyai kesempatan untuk bekerja di semua kantor Danone di seluruh dunia melalui program yang dikenal sebagai Jaguar Program, yaitu kesempatan bagi karyawan Danone Indonesia yang berada di tingkat  manajer  untuk terlibat dalam proyek antar negara. Danone ada di Eropa (Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Rusia), Amerika (Amerika Serikat, Meksiko, Argentina) dan Asia (Singapura, China, Indonesia). Indonesia sendiri menempati peringkat ke-6 dalam pemasaran produk-produk Danone yaitu Aqua dan produk Sarihusada. Sedangkan Amerika Serikat ada di peringkat pertama pemasaran produk Danone.
Program lain yang dijalankan Danone Indonesia adalah International Assignment. Melalui program ini Danone Indonesia secara regular mengirimkan karyawan kami ke Perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional. Â "Dengan international assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas," Arif.
Seperti yang dialami oleh Dedy Suwartono. Dia bekerja beberapa tahun di kantor Singapura di bagian finance. Sekarang Dedy di kantor Danone Indonesia sebagai Head of Commercial Finance. Dwinta Astarini pun pernah dikirim ke Cina untuk mempajari pemasaran. Sekarang Dwinta sebagai Senior Brand Manager Nutricy. Ada pula Corine Tap, warga negara Belanda yang menjabat Presiden Direktur PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), serta Gustavo Hildenbrand, warga negara Brazil yang jadi General Manager Nutricia Sarihusada.
Program Parental Policy sejalan dengan misi Danone Indonesia dalam mendukung  1.000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) sebagai masa keemasan anak agar kelak mereka tumbuh optimal. Maka, "Parental Policy dijalankan untuk mendukung  upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik dan sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan." Kata Evan.
Cuti Malahirkan
Suatu ketika seorang karyawan perempuan kembali kerja setelah cuti enam bulan, tapi dengan kabar gembira. Â Karyawan itu sedikit khawatir sambil mengatakan, "Pak, saya sudah terlambat dua bulan," kata Evan menirukan karyawan yang datang menghadap setelah cuti melahirkan. "Ya, Alhamdulillah," kata Evan menjawab karyawan tsb. Jawaban Evan membuat karyawan tadi merasa nyaman.
Dengan cuti melahirkan enam bulan dan gaji tetap dibayar penuh, Danone Indonesia tidak merasa rugi. Justru Danone Indonesia membantu program pemerintah dalam pemenuhan hak perempuan dan anak. Pekerjaan yang ditinggalkan karyawan perempuan yang cuti melahirkan enam bulan dibagi ke karyawan lain. Selain itu ada juga karyawan kontrak untuk mengisi posisi karyawan yang cuti melahirkan. "Itu artinya tidak ada masalah," kata Evan.
Bentuk dukungan lain kepada perempuan dilakukan Danone Indonesia untuk karyawan perempuan adalah upaya membangun budaya keberagaman inklusif (Inclusive Diversity), yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah representasi perempuan di tingkat  direktur hingga presiden direktur untuk memimpin bisnis Danone Indonesia.
Sebagai seorang perempuan yang berhasil dalam karirnya, Corine mengatakan: "Keberagaman merupakan bagian dari budaya perusahaan karena kami percaya bahwa latar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat."
Pengalaman Jovita Anggraeni ini juga menunjukkan kesempatan yang terbuka luas bagi karyawan tanpa pandang bulu. "Saya pernah menjalankan program dengan nilai Rp 100 miliar," kara Jovita yang gemar sepakbola ini, yang membawanya ikut pertandingan sepakbola antar karyawan Danone seluruh dunia di Spanyol. Yang dihadapinya sebagian besa karayawan laki-laki di pabrik, tapi karena komitmen Danone Indonesia yang tidak membeda-bedakan jenis kelamin pekerja Jovita pun lancar dan membawa dia pada posisi Supply Chain Network Optimization.
Sedangkan bagi Gustavo Hildenbrand, General Manager Nutricia Sarihusada, bimbingan dan dukungan yang diberikan Danone Indonesia kepada karyawan mendorong karyawan bertanggung jawab dalam membentuk karir mereka sendiri sebagai penopang kenerja bisnis perusahaan. Karyawan yang bergabung di Danone Indonesia, menurut Gustavo, memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat. "Saya berharap, dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga terhadap masyarakat luas," ujar Gustavo yang menyebut Aqua sebagai 'iconic brand'.
Kesehatan Karyawan
Dalam bahasa lain, Evan mengatakan setiap karyawan memiliki keunikan yang jadi modal untuk dikembangkan sampai ke tingkat manajer. Danone Indonesia menjalankan Endeavor Program yaitu program pengembangan karyawan untuk sampai pada posisi manajer. Itulah sebabnya 15.000 karyawan mengatakan bahwa Danone Indonesia tempat nyaman untuk bekerja. Karyawan selalu didengar dan ditantang untuk bisa menempati posisi tertentu seusau kapabilitas dan kapasitas karyawan tsb.
Beberapa karyawan yang pindah ke perusahaan lain akhirnya balik lagi ke Danone Indonesia. "Kalau ada karyawan yang mau berhenti karena ada tawaran yang lebih baik menurut mereka, ya kam tidak bisa menaham mereka," kata Evan. Namun, pengalaman Evan menunjukkan tidak lama, hanya hitungan bulan, karyawan tadi balik lagi ke Danone Indonesia. "Ada yang tidak mereka dapatkan di perusahaan lain," ujar Evan.
Untuk mendapatkan kandidat karyawan yang sesuai dengan kualifikasi, Danone Indonesia menjalankan program Management Trainee. Program ini, menurut Dewi Suryani, MT & Emploer Branding Manager Danone Indonesia, merupakan percepatan jalur karir  bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan. Melalui program ini kandidat akan mengisi lowongan pekerjaan di Danone Indonesia.
Danone Indonesia berkomitmen sebagai perusahaan yang membawa kesehatan melalui makanan. Dengan misi ini Danone Indonesia ingin memberikan dampak positif kepada sebanyak mungkin orang pada semua usia, lingkungan sosial dan budaya yang berbeda. "Yang jelas karyawan kami juga termasuk dalam misi tsb.," kata Arif. Hal ini dilakukan agar karyawan terus bisa memberikan kontribusi dengan membawa misi perusahaan ke lingkungan sekitar mereka.
Maka, melalui ekspose kepada blogger Arif berharap informasi yang disebarluaskan bisa  meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya yang mencari lowongan kerja, bahwa calon kandidat yang diterima akan menjalani talent management di Danone Indonesia.
Awas, Penipuan Lowongan Kerja
Danone Indonesia mengingatkan masyarakat luas agar lebih berhati-hati supaya tidak tertipu karena banyak penipuan yang menawarkan Lowongan pekerjaan di Jakarta yaitu di Danone Indonesia. "Kalau sudah minta uang dan menawarkan besaran gaji itu sudah pasti penipuan," kata Dewi, Soalnya, Danone Indonesia tidak pernah meminta uang dan menawarkan jumlah gaji untuk urusan rekrutmen karyawan baru.
Paling tidak sudah ada 10 kasus penipuan yang mengatasnamakan Danone Indonesia. Mereka sudah menyerahkan sejumlah uang kepada pihak yang mengaku dari Danone Indonesia. "Ada yang dengan orang tuanya datang ke mari dari Palembang," kata Dewi dengan nada haru. Untuk itulah Dewi berharap agar masyarakat tidak mudah terkecoh iklan lowongan kerja yang mengatasnamakan Danone Indonesia.
Alamat e-mail bisa menjadi salah satu kunci untuk menguji akurasi yaitu semua alamat e-mail Danone Indonesia diakhiri dengan @danone.com. "Kalau ragu-ragu," ujar Dewi lagi, silakan kontak Departemen Corporate Communication Danone Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H