Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Care Center 165 atau mention di media sosial official kami baik di Instagram, Facebook atau Twitter. Bisa juga langsung menghubungi PANDAWA melalui nomor 0811 8 165 165

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Rujukan Online Memberikan Kepastian Layanan Bagi Bakhari

24 Oktober 2018   09:42 Diperbarui: 24 Oktober 2018   09:50 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Padang (24/10/2018) - Oktober tahun ini menjadi bulan kedua uji coba pelaksanaan rujukkan online di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Banyak hal positif yang dijumpai di lapangan, terutama bagi pasien dan klinik sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), sejak rujukan online dimulai pada pertengahan September lalu.

Seperti yang diutarakan Penanggung Jawab Klinik Nusa Indah, Bandar Buat, Padang, dokter Ratna Sari kepada Jamkesnews beberapa waktu lalu. Menurut Ratna, dengan rujukan online ada kepastian layanan untuk setiap pasien. Kepastian layanan tersebut bisa dilihat sejak data pasien diinput di aplikasi.

Pihak FKTP dapat merekomendasikan rumah sakit yang mempunyai layanan berdasarkan layanan spesialis bahkan sub-spesialis kepada pasien yang hendak dirujuk. "Melalui rujukan online semuanya jelas. Jelas rumah sakitnya, jelas jamnya, dan kapan waktu kunjungan bagi pasien," sebut Ratna.

Ketika data pasien telah dikirim dari FKTP, maka pihak rumah sakit pun sudah membaca rujukan yang FKTP kirim. "Jadi rujukan online ini benar-benar pasti. Pasien senang, kami pun tenang," bebernya.

Dulu, cerita Ratna, ketika masih menggunakan sistem manual untuk rujukan ada saja masalah. Misal ketika rujukan telah dibuat, tapi rujukan tersebut hilang atau ada saja hal yang membuat sistem tidak berjalan seperti yang diharapkan. Tapi melalui sistem rujukan online, kepastian layanan benar-benar terasa. Misal, di RS Cicik, dulu jam layanan hanya ada pagi namun sekarang pasien sudah bisa memilih sore hingga malam hari.

Agar pasien di Klinik Nusa Indah paham tentang rujukan online, pihak klinik takkan lelah untuk selalu menginformasikan. Hal tersebut dilakukan karena banyaknya hal positif yang didapat dari rujukan online tersebut.

"Kami selalu menginformasikan ke setiap pasien yang datang, khususnya ke pasien yang memang harus dirujuk. Kami juga informasikan ke klub-klub seperti Prolanis, sehingga pasien kami tahu akan rujukan online ini," bebernya.

Dampak positif lainnya, sambung Ratna, ketika ada "miss" dengan pihak rumah sakit terkait diagnosa atau lainnya, mereka langsung bisa mengkomunikasikannya. Kondisi ini tentu berbeda dibanding dengan sistem manual dulu.

Ratna juga mengklaim bahwa petugas di kliniknya sudah mampu menjalankan sistem rujukan online dengan baik. Begitu juga dengan kelengkapan sarana dan prasana. Nyaris tak ada kendala berarti bagi pihak Klinik Nusa Indah, kecuali saat adanya gangguan jaringan dari operator seluler.

"Alhamdulillah, memasuki bulan kedua masa uji coba sistem rujukan online, tidak ada kendala bagi kami dalam menjalankan program ini," ulasnya.

Dari sisi peserta, kemudahan sistem rujukan online pun diakui oleh sejumlah pasien.  Seperti diutarakan Bakhri, salah seorang pegawai koperasi PT.  Semen Padang. Menurutnya, dengan rujukan online tak perlu banyak foto kopian untuk setiap berkas yang akan dibawa ke rumah  sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun