Seorang pakar sosiologi mengatakan bahwa ada hal yang tidak mendapatkan penghargaan layak dari sebagian orang: waktu! Padahal, waktu itu tidak terbeli. Waktu tidak bisa diputar ke belakang. Waktu terus berjalan dengan caranya yang tidak mengenal kompromi. Di era digital ini, dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang, semua serba harus cepat. Konsekuensinya masyarakat membutuhkan kepraktisan dan kemudahan untuk mendukung dinamika ini.
Di lain pihak, keadaan tertentu menghambat orang melakukan sesuatu secepat yang dibutuhkan atau diharapkan. Kendala itu wujudnya bisa bermacam-macam, dari soal kemacetan lalu lintas, bencana alam, keadaan di luar diri yang tidak bisa kita kontrol, sampai pada keterbatasan fisik karena alasan tertentu. Ini menjadi sumber stres yang tidak bisa dihindari oleh sebagian besar orang.
Kerumitan transaksi perbankan kini mendapatkan solusinya di era digital ini. Hadirnya teknologi-teknologi terbaru telah mengubah gaya hidup dan perilaku masyarakat. Hal ini sebenarnya menjadi jawaban yang sempurna bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ruang, waktu dan tempat mengingat apa yang dahulu dilakukan secara manual sekarang sudah dapat diselesaikan secara online dan ter-digitalisasi.
Maka, mobile banking merupakan jawaban tepat bagi mereka yang mobilitasnya tinggi dan menginginkan gaya hidup serba praktis. Diprediksikan bahwa pada tahun 2019, sebagian besar pengguna ponsel memakai perangkat mereka untuk urusan mobile banking. Ini mengindikasikan bahwa hampir seluruh perbankan di dunia telah menerapkan teknologi mobile banking secara progresif.
PermataMobile X ini dimaksudkan untuk mewujudkan #IndonesiaTanpaStres, gerakan (movement) yang diusung dalam peluncuran PermataMobile X ini. Dengan PermataMobile X, nasabah bisa melakukan transaksi perbankan tanpa stres dan tanpa buang waktu karena semua mudah dan cepat di PermataMobile X. Penulis jadi bersemangat karena kebetulan memang sudah lama menjadi nasabah PermataBank.
Peluncuran PermataMobile X ini dihadiri oleh Prijono Sugiarto -- Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Sebastian R. Arcuri -- Komisaris Utama PermataBank, Suparno Djasmin -- Wakil Komisaris Utama PermataBank sekaligus Director In Charge Astra Financial, Ridha DM Wirakusumah -- Direktur Utama PermataBank, Abdy D. Salimin -- Direktur Technology & Operation PermataBank, Direksi dan Manajemen Senior PermataBank dan Astra Financial, juga para tamu undangan lainnya.
Ridha DM Wirakusumah -- Direktur Utama PermataBank mengatakan, "PermataMobile X adalah platform andalan untuk semua layanan digital banking kami. PermataMobile X bukan hanya sekedar persembahan teknologi digital tetapi merupakan solusi utama dalam melayani nasabah.Â
Kami selalu mendengar dan belajar dari nasabah bagaimana pengalaman ber-banking-nya sehingga PermataMobile X telah didesain secara khusus untuk menyempurnakan dan memberikan customer experience yang optimal. Â Kami akan senantiasa berinvestasi di platform ini secara berkelanjutan dengan menempatkan teknologi yang tepat dan sesuai untuk mewujudkan aspirasi kami yaitu menjadi Bank yang simple, fast dan reliable."
Selain meluncurkan PermataMobile X, PermataBank juga mempersembahkan Application Program Interface (API) Banking yang mempermudah nasabah SME dan Wholesale Banking dalam melakukan transaksi perbankannya. API Banking ini merupakan salah satu yang pertama di industri perbankan Indonesia dan menjadi tren baru dalam perekonomian digital di Indonesia.Â
Dengan API Banking, PermataBank dapat dengan mudah mengekspos dan menawarkan aset dan layanan sehingga nasabah dan mitra kerja kami dapat mengintegrasikan layanan tersebut ke platform mereka dengan cepat, mudah dan efisien. Lebih dari 1.100 mitra bisnis PermataBank sudah mulai beralih menggunakan API Banking PermataBank yang mencakup pembukaan akun untuk giro, tabungan, deposito berjangka, transfer dana, pembayaran, permintaan saldo, permintaan transaksi, order management untuk penilaian properti, layanan notaris, pengumpulan premi asuransi, pembayaran gaji, dan lain-lain.
Fitur PermataMobile X untuk #IndonesiaTanpaStres
PermataMobile X menyajikan lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi dan merupakan aplikasi mobile banking yang paling lengkap saat ini. Berikut adalah lima belas fitur utama di antara fitur utama PermataMobile X yang asik:
1. Face ID - login pakai Face ID dengan iPhone X.
2. Touch ID dan Fingerprint - login pakai Touch ID untuk iPhone dan Fingerprint untuk handphone Android.
3. Peeking - intip saldo tanpa login dengan cepat dan aman.
4. Semua Akun Dalam Satu Layar (Single Customer View) -- terpadu secara luas dan lengkap
dalam satu app PermataMobile X.
5. Melihat Detail Semua Akun Dengan Mudah - Giro, Tabungan, Deposito, Reksadana, Obligasi, Kartu
Kredit, KTA, KPR.
6. Mutasi Transaksi Hingga 12 Bulan Untuk Semua Jenis Akun -- langsung ditampilkan di
PermataMobile X.
7. Transfer Ke Nomor Handphone - transfer cepat, mudah dan aman cukup dengan nomor handphone.
8. Share Receipt Semua Transaksi Lewat WhatsApp, SMS, E-Mail - membuat sharing dengan
cepat, mudah dan aman.
9. Buka Akun Tabungan dan Giro Online - buka Tabungan dan Giro langsung lewat PermataMobile X
on-line tanpa menunggu lama.
10. Buka Deposito Online - Buka Deposito langsung on-line tanpa ke cabang.
11. Jual, Beli Reksa Dana dan Obligasi Online - Transaksi Reksa Dana dan Obligasi on-line dan tidak
ribet.
12. Simpan Transaksi Favorit - sehingga bisa melakukan transfer dalam 5 detik.
13. Mobile Cash - tarik tunai tanpa kartu di PermataBank ATM.
14. Transfer, Pay Bill dan Top Up -- layanan tersedia 24 jam.
15. Transfer Terjadwal Dan Berkala -- sehingga Transfer bisa dilakukan sesuai tanggal yang diinginkan.
Layanan perbankan digital PermataBank menjadi yang terdepan dengan layanan digital yang komprehensif. Â Aplikasi mobile-nya merupakan yang terbaik di kelasnya untuk desain, UI/UX dan kelengkapan fiturnya. PermataBank menjadi yang pertama dalam meluncurkan Finger ID dan Facial ID, mobile cash yang memberikan kemudahan tarik tunai di ATM tanpa kartu, single customer view dimana nasabah dapat melihat seluruh portofolio nya dalam satu layar, transaksi reksa dana dan obligasi, pembukaan rekening, aplikasi pinjaman dan kartu kredit dan transfer ke nomor ponsel. Â PermataBank juga menjadi pionir dalam memberikan layanan API yang dapat mengintegrasikan berbagai mitra bisnis dan memperluas jangkauan bisnis.
PermataTel saat ini telah menggunakan layanan Voice ID dengan menggunakan otentikasi biometric dan memberikan nasabah pengalaman yang lebih baik. Agenda digitalisasi layanan perbankan dikembangkan bagi seluruh lapisan nasabah dan diterapkan di semua channel. Â PermataBank membangun ekosistem dan infrastruktur digital secara berkesinambungan untuk mewujudkan brand promise PermataBank -- simple, fast and reliable.
Cek Praktisnya Unduh Aplikasi PermataMobileX, Buka Akun dan Aktivasi Kartu di Video IniSebagai nasabah PermataBank, saya semakin bersemangat mengoptimalkan pengalaman menggunakan Permatamobile X.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H