Apa yang di maksud dengan pengelolaan?
Pengelolaan  menurut Prajudi atmosuryo (1982) merupakan suatu aktivitas atau kegiatan sejumlah orang di perusahaan sebagai pemanfaatan serta pengolahan sumber daya yang akan dipergunakan dalam kegiaatan, untuk mencapai keberhasilan atau tujuan tertentu.Â
Manfaat manajemen pengelolaan dalam perusahaan
Manfaat manajemen pengelolaan dalam perusahaan merupakan bagian penting dalam perusahaan untuk mencapai tujuan atau keberhasilan perusahaan, ada 5 poin penting dalam manfaat pengelolaan manajemen dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut
1. Perencanaan (Planning)
Fungsi manajemen pengelolaan perusahaan yang wajib dijalankan dengan baik yaitu, yang pertama adalah fungsi planning atau perencanaan. Perencanaan adalah  suatu rangkaian proses dalam penetapan tujuan organisasi dan penentuan berbagai strategi yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuan.Â
Menurut para ahli ada 4 tahapan yang harus dicapai  dalam proses perencanaan:
- Menetapkan serangkaian tujuan perusahaan
- Merumuskan masalah atau keadaan saat ini
- Mengidentifikasi kemudahan dan hambatan dalam perusahaan
- Mengembangkan rencana untuk pencapaian tujuan atau keberhasilan perusahaan
Tahapan yang terakhir  sebuah proses perencanaan adalah proses perencanaan dibutuhkan  penilaian alternatif dan pengambilan data keputusan yang bertujuan  untuk menentukan pilihan terbaik di antara berbagai keputusan alternatif yang ada. Bagi perusahaan, salah satu  manfaat dari adanya fungsi manajemen adalah pengelolaan perusahaan tentang perencanaan yang di lakukan ini dapat memberikan manfaat diantaranya yakni sebagai berikut:
- Dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tujuan perusahaan
- Dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan
- Dapat menghindari resiko yang mungkin terjadi di masa pemberlaksanaan atau yang di hadapi kedepan
- Mudah dalam melakukan pengawasan dalam proses di perusahaan
2. Pengorganisasian (Organizing)
Yang kedua adalah fungsi manajemen pengelolaan perusahaan yang wajib di lakukan  dengan baik  adalah fungsi organizing atau pengorganisasian dalam program kerja perusahaan. Pengorganisasian adalah  rangkaian aktivitas pembagian berbagai tugas yang akan dikerjakan, serta proses pengembangan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
Agar suatu perusahaan dapat berjalan dengan amat baik, fungsi pengorganisasian yaitu meliputi sebagai berikut:
- Perumusan tujuan secara jelas sesuai yang ada dalam perusahaan.
- Pembagian tugas pekerjaan sesuai dengan keterampilan anggota perusahaan
- Mendelegasikan wewenangÂ
- Melakukan unsur koordinasi sesama anggota perusahaan
Bersumber dari ruangguru.co.id, tujuan dari fungsi organizing adalah sebagai fungsi manajemen pengelolaan perusahaan yang wajib dilakukan  dengan baik adalah agar  perusahaan dapat mengatur berbagai sumber daya Sumber Daya Manusia(SDM) atau sumber daya yang  lainnya dalam perusahaan.
Tujuannya ialah agar sumber daya yang ada dalam perusahaan dapat berfungsi dengan optimal dan bisa melaksanakan peran dan fungsinya masing-masing dengan amat baik. Dengan kata lain, pengorganisasian adalah  suatu proses dan progres untuk membentuk berbagai  kelompok khususnya bagi  karyawan agar dapat mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan basicnya masing-masing.
3. Staffing (staf)
 Staffing ialah  fungsi yang hampir sama dengan organizing,  fungsi ini bertujuan untuk menempatkan sumber daya yang ada perusahaan di tempat yang paling tepat sesuai dengan bidang dan  keahliannya masing masing karyawan.
Namun, dalam fungsi staffing juga tidak hanya masalah tenaga kerja saja, melainkan seluruh sumber daya dalam perusahaan yang ada meliputi, peralatan, inventaris,dan sumber daya lainnya.
Fungsi staffing sangat penting dilakukan karena terkadang ada satu atau dua divisi lain yang ada dalam perusahaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga fungsi manajemen pengelolaan pada perusahaan ini sangat perlu dilakukan . Fungsi staffing mencakup beberapa poin berikut ini:
- Perencanaan Sumber Daya Manusia(SDM) yang sudah tersedia
- Perekrutan tenaga kerja baru apabila terdapat kekosongan pada divisi  atau bidang tertentu
- Proses seleksi calon tenaga kerja baru yang mendaftar di perusahaan
- Pengenalan terkait perusahaan serta melakukan orientasi pada calon tenaga kerja baru
- Pelaksanaan dan pengawas kerja
4. Fungsi coordinating (Koordinasi atau pengarahan)
Fungsi ini  juga  wajib dijalankan dengan baik yaitu adalah fungsi pengarahan atau koordinasi. Fungsi ini ialah fungsi yang bertjuan  mengendaikan dan juga mengarahkan  agar dapat meningkatkan keefektifan dan juga efisiensi program  kerja agar lebih maksimal.
berumber  dari ruangguru.co.id, terdapat berbagai  aktivitas yang wajib dilakukan sebagai tujuan untuk  suatu perusahaan memiliki fungsi manajemen pengelolaan perusahaan yang sangat baik, sebagai berikut
Â
- Menerapkan dan juga  mengimplementasikan kepemimpinan, bimbingan dan juga  memotivasi terhadap pekerja agar bisa bekerja secara nyaman, optimal, baik dan maksimal.
- Memberi tugas dan juga penjelasannya secara rutin atau bertahap  terkait dengan proker atau masalah pekerjaan yang dilaksanakan.
- Menjelaskan terkait seluruh kebijakan yang berlaku dalam perusahaan yang sudah ditetapkan dalam perusahaan
Fungsi ini dapat dipegang dan dikendalikan  oleh seseorang pemimpin atau manajer yang kompeten terhadap perusahaan. Karena apabila ditengah perjalanan, sebuah perusahaan terdapat masalah yang amat serius, maka pemimpin tersebut diharapkan mengambil tindakan dan juga memberikan solusi terbaik untuk perusahaan.Â
5. Fungsi Controlling(pengawasan)
Fungsi manajemen pengelolaan perusahaan yang terakhir adalah yang wajib dan dijalankan dengan baik  adalah fungsi pengawasan. Tujuan dari fungsi ini merupakan untuk menilai dan sebagai sarana input data pekerjaan yang telah dilakukan oleh semua Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalam perusahaan.
Fungsi pengawasan sangat penting dilaksanakan, sebab fungsi ini merupakan sebagai sarana untuk menentukan kualitas layanan atau produk yang dihasilkan dan di proses  perusahaan denga ketentuan berjalan dengan baik atau tidaknya produk yang di hasilkan oleh perusahaan tersebut.
Nah, berikut seputar informasi tentang pengelolaan persediaan perusahan agar mencapai keberhasilan dan tujuan perusahaan, dengan efektif dan juga efesien, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
Salam TPHT
4 sehat 5 sempurna JAYA!!!!
barakallahu fiikum, wassalammu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H