Mohon tunggu...
Indira Abidin
Indira Abidin Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Ingin Menciptakan Pertumbuhan Usaha yang Spektakuler? Ini Kuncinya

27 Maret 2017   16:38 Diperbarui: 27 Maret 2017   16:54 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Di balik semua perusahaan yang kuat ada budaya yang kuat. Inilah tugas utama pemimpin. Leaders build the people so that the people can build the business in a sustainable manner. Dan untuk inilah budaya penting di bangun. Budaya adalah kumpulan nilai-nilai yang pada akhirnya membangun identitas perusahaan, bagaimana mereka dikenal dan bagaimana mereka dicintai setengah mati.

Di bawah ini adalah beberapa contoh bagaimana perusahaan-perusahaan sukses membangun budaya usaha dan berkatnya sukses pula membangun brand usaha mereka.

Southwest Airlines: Warrior Spirit; Servant’s Heart, Fun-luving Attitude:

Southwest menetapkan nilai-nilai mereka dengan cara yang powerful: “Warrior Spirit; Servant’s Heart; Fun-luving Attitude.”

Nilai-nilai ini bukanlah kalimat klise dan abstrak yang menempel hanya di dinding. Nilai-nilai ini tertanam dalam setiap perilaku warga yang bekerja di Southwest.

Di Southwest, rekrutmen dilakukan berdasarkan nilai-nilai. Hanya mereka yang sudah memiliki nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-harinya, yang akan lolos proses rekrutmen.

Chief Communications Officer Southwest Airline, Ginger Hardage mengatakan bahwa sebelum menerima seseorang bekerja di Southwest, ia akan bertanya, apakah yang dilakukan oleh calon warga tersebut menghadapi pelanggan yang super menyebalkan dan tidak rasional? Bukan apa yang seharusnya dikerjakan tapi apa yang sudah benar-benar dikerjakan.

Zappos, di mana semua warga memulai kerja dengan melayani call center selama empat minggu

Tony Hsieh, pendiri dan CEO Zappos, sampai berani membayar warga yang tak sesuai dengan budaya Zappos sebesar $2,000 untuk segera angkat kaki. Tony menjelaskan bahwa semua warga, siapapun mereka, akuntan, lawyer, software developer, semua harus melalui program pelatihan enam minggu di call center Zappos. Empat minggu untuk training dan dua minggu untuk melayani pelanggan melalui call center.

Setelah seminggu pertama berakhir, semua warga baru tersebut ditawari bayaran atas waktu yang sudah dilalui dalam program training tersebut dan bonus $2,000 untuk segera meninggalkan Zappos.

Tony tak ingin mereka yang bekerja di Zappos bekerja hanya untuk uang. Ia ingin semua yang bekerja benar-benar bekerja karena mencintai Zappos.

Zappos dikenal dengan budaya pelayanan pelanggan yang luar biasa. Mereka selalu memberikan yang terbaik dan lebih baik dari siapapun, lebih dari harapan dan ekspektasi pelanggan. Seorang pelanggan yang kakinya sakit langsung dikirimi bunga. Saat seorang pelanggan yang ingin membeli sepatu menemukan sepatu tersebut sedang habis, warga (karywan) Zappos membelikan sepatu tersebut dari toko terdekat dan mengantarnya secara pribadi. Semua ini tak mungkin terjadi kalau nilai-nilai pelayanan tidak benar-benar melekat dalam diri seluruh warganya.

Budaya pelayanan Zappos direkayasa sedemikian rupa untuk membentuk seluruh warganya untuk bisa menjadi sahabat bagi para pelanggan mereka, sahabat yang “bikin betah’ dan membuat pelanggan terus datang.

Dropbox: “Kamu cerdas, jadi fikirkan sendiri.”

Dropbox sangat menjunjung tinggi apresiasi terhadap apa yang bisa dilakukan oleh setiap warganya. Para pendiri Dropbox, Ferdowski dan Houston, selalu mengidentifikasi apa saja yang dapat dilakukan oleh setiap warga, dan memberikan kebebasan untuk melakukan apapun yang mereka ingin lakukan. Mereka percaya pada talent team mereka.

Sampai disain psychobox yang sering muncul di dropbox didisain oleh warga Dropbox sendiri, saat Ferdowski merasa bosan melihat error 404 Dropbox yang sering muncul. Ia ingat ada seorang warganya yang senang menggambar. Ferdowski pun lari membeli pensil warna dan Ying, warga yang pandai menggambar itu, mulai mendisain psychobox

Terinspirasi oleh Pay Pal Dropbox berhasil meningkatkan jumlah pengguna dari 100.000 menjadi 4 juta pengguna dalam 15 bulan, tanpa harus menggunakan iklan.

Saat semua warga diberdayakan untuk membangun perusahaan, memang terbukti bahwa perusahaan akan maju dari seluruh titik di manapun warga tersebut berada.

Jadi apa yang dapat anda lakukan dengan lebih baik lagi, mulai hari ini, untuk membangun nilai-nilai dan budaya usaha untuk mencapai pertumbuhan yang spektakuler?

Mengapa hal itu penting bagi anda dan perusahaan anda?

Mengapa hal itu penting bagi team anda?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun