Mohon tunggu...
indah Nurulhikmah
indah Nurulhikmah Mohon Tunggu... Konsultan - Mahasiswa

...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbedaan Karakter Anak pada Proses Pembelajaran PAI serta Solusi yang Bisa Diterapkan

14 Oktober 2023   08:21 Diperbarui: 14 Oktober 2023   19:45 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Guru pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam pembentukan karakter para siswa dan mendidik siswa untuk menjadi manusia yang ihsani, yang berbuat baik dengan perilaku yang baik. Pendidikan agama merupakan salah satu materi yang bertujuan meningkatkan akhlak mulia serta nilai-nilai spiritual dalam diri anak. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan agama mempunyai peranan yang penting dalam melaksanakan pendidikan karakter disekolah. Oleh karena itu Pendidikan agama menjadi salah satu mata pelajaran wajib baik dari sekolah tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi. 

 Sebagai pendidik tentunya harus mampu mengelola kelas dengan baik agar materi dapat disampaikan secara merata kepada siswa/i dengan baik, apalagi dalam karakteristik siswa guru dituntut untuk memahami dan mengatasi permasalahan pada setiap anak yang dimana setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda dan diharapkan karakter yang dimiliki bukan hanya kecerdasan saja baik dari segi ketrampilan, ahlak dan moralitas pada setiap siswa. 

Setiap siswa pasti memiliki karakter yang berbeda baik dari gaya belajar, pola fikir, kecerdasan dan minat bakat Perbedaan ini bersifat alami dan suatu hal yang wajar. Meskipun mereka memiliki umur yang sepadan sekalipun tetap saja pasti mempunyai karakter yang berbeda-beda. awal yang dimiliki. Menurut Hamzah. B. Uno: Karakteristik siswa adalah aspek-aspek atau kualitas perseorangan siswa yang terdiri dari minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar kemampuan berfikir, dan kemampuan awal yang dimiliki.

Seorang siswa juga merupakan obyek utama dalam proses belajar mengajar karena itu tidak semua siswa sama ada yang aktif, ada yang pemalu, ada yang kreatif dll. Oleh karena itu, Pendidik perlu menjadi kan setiap karakter siswa sebagai acuan agar dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran karena strategi apa saja yang dipilih dan dirancang jika tidak tau karakteristik siswa maka proses pembelajaran tidak akan berkembang. 

Karakter seseorang siswa biasanya sering dipengaruhi oleh orang yang berada di lingkungan sekitarnya maupun orang-orang yang dekat dengannya, sehingga seringkali kita melihat anak kecil menirukan tingkahlaku dari orang terdekatnya seperti orang tua nya pengasuhnya atau teman bermain nya , tidak jarang juga anak bisa meniru apa yang dilihatnya secara langsung ataupun yang ditontonya di televisi ataupun handphone. 

Perbedaan karakter dalam proses pembelajaran ini pasti selalu di rasakan oleh setiap guru, oleh karena itu guru harus mampu memahami bagaimana sih cara mengatasi permasalahan perbedaan karakter ini? , apa saja yang perlu dilakukan dalam menghadapi perbedaan karakter siwa? Metode dan strategi apa saja yang di perlukan dalam masalah ini? . 

Mungkin masalah seperti sering dirasakan pada setiap pendidik oleh karena itu , Beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan perbedaan karakter pada siswa : 

1. Pendekatan kepada siswa

Pertama melalui pendekatan pada siswa kita kenali dulu secara pasti karakter pada siswa tersebuttersebut, lalu cobalah mulai mengakrabkan diri kepada mereka dengan komunikasi yang baik dan dari situlah kita akan mengetahui karakteristik pada setiap siswa setelah itu kita dapat menyelesaikan masalah nya pada siswa/i yang masih kurang paham dalam proses pembelajaran.

2. Menggunakan Metode belajar yang tepat

Setelah kita mengetahui seperti apa karakter-karakter pada siswa, selanjutnya menentukan metode apa yang tepat untuk agar siswa dapat memahami materi dengan baik. Dengan begitu proses pembelajaran akan berjalan secara efektif, oleh karena itu pendidik harus bisa menentukan dan memahami metode-metode pembelajaran materi nya pun harus sesuai dengan kemampuan siswa agar siswa dapat memahami nya dengan mudah dan bisa diterapkan. Contohnya, siswa masih kurang dalam membaca al-quran pendidik bisa menggunakan metode praktek pendidik bisa mengajarkan cara baca

3. Memberikan motivasi

Setiap anak itu memiliki karakter yang berbeda-beda ada yang mampu langsung berbicara apa yang ia ingin kan dan ada yang tidak dan perlu ditanya dulu mungkin bisa saja dia malu untuk berbicara maka itu perlu kepekaan pendidik itu sangat penting . Jika ada yang seperti itu tugas pendidik memotivasi mereka agar mereka dapat aktif dalam kelas, bisa juga dengan memuji potensi yang ia miliki dan selalu menawarkan bantuan kepada aiswa yang masih malu untuk berbicarai . Dengan begitu mereka dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri mereka dan mulai berbaur dengan teman kelas serta aktif dalam proses pembelajaran. 

   4. Materi yang sama beda tindakan

Perbedaan karakter pada anak salah satunya adalah gaya belajar pada setiap siswa ada yang langsung bisa paham dijelaskan ada yang perlu di ulang kembali dan ada yang paham jika dengan praktek. Salah satu solusinya bisa kita berikan tes kepada setiap siswa dengan begitu kita tau hasil tes mereka apakah mereka paham dengan materi yang diberikan atau tidak, lalu perkelompokan mereka sesuai kemampuan nya. Dengan cara ini akan lebih membantu pendidik tau siswa mana saja yang cepat memahami dan tidak dan pendidik dapat memberikan materi yang sama tapi tindakan yang berbeda-beda ada yang hanya dijelaskan saja dan ada yang tidak. 

5. Memperhatikan kemampuan setiap siswa

Perlu nya kepekaan pendidik kepada setiap siswa-siswi nya pendidik harus memperhatikan siswa mana saja yang kurang aktif dalam pembelajaran jika perlu pendidik menawarkan bantuan atau pertanyaan apakah ia paham apa tidak karena siswa yang kurang aktif terkadang terdapat dua pilihan dia paham dan bisa saja tidak paham. Oleh karena itu pendidik harus memperhatikan siswa-siswi nya saat di kelas atau proses pembelajaran agar semua siswa dapat memahami materi secara merata. 

Menurut penulis, Penting bagi semua pendidik untuk mengetahui setiap karakteristik pada setiap anak jika pendidik tidak bisa memahami dan mengatasi permasalahan perbedaan karakter maka proses pembelajaran pun tidak akan berkembang dan tidak berjalan dengan efektif. Karena siswa adalah faktor penting dalam pendidikan jika pendidik nya saja tidak tau cara mengatasi nya maka tujuan proses pembelajaran itupun tidak tercapai. 

Pendidik bukan hanya memberikan materi saja tapi pendidik juga harus bisa mengembangkan keterampilan pada setiap siswa nya dari minat dan bakatnya, kecerdasan nya dan yang paling utama materi yang disampaikan itu dapat di kembangkan dan pahamin oleh setiap siswa . Walaupun setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda tapi dengan itu kita tau bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan bisa mereka kembangkan lebih baik lagi. 

Maka dari itu, jika pendidik sudah bisa memahami dan mengatasi permasalahan perbedaan karakter pada siswa proses pembelajaran pun akan berjalan dengan efektif dan tujuan dari pembelajaran pun akan tercapi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun