Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Novel Anak Misteri Ular di Kolam Renang: Menggali Ide Cerita di Dalam Kepala Kita

27 November 2023   19:48 Diperbarui: 27 November 2023   19:53 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Selebihnya untuk jalan cerita, alur, konflik, dan konklusi atau kesimpulan, adalah murni dari olah pikir dan imajinasi saya sebagai penulis.

Bagaimana, ada clue dari poin-poin yang saya tulis di atas? Clue-nya adalah walaupun novel ini adalah murni fiksi, namun bukan berdasarkan khayalan bebas. Ada contoh-contoh dalam kehidupan nyata yang dituangkan dalam cerita sehingga membuat cerita ini membumi.

Berbeda jika kita ingin membuat novel genre fantasi. Untuk genre fantasi kita boleh berkhayal apapun, misalnya menciptakan nama kota sendiri, membuat kota yang bisa melayang, atau imajinasi lain yang lebih liar.

Clue yang lain, tentunya poin-poin di atas adalah sesuatu yang sangat dekat atau dipahami oleh penulis. Dengan menulis hal-hal yang dekat dan dipahami, maka menulis apapun akan lebih mudah. Tentunya, ini bukan berarti kita tidak boleh menulis sesuatu yang belum kita pahami. Kalau kita terpaksa harus menulis sesuatu yang tidak kita pahami, kita harus membaca referensi supaya kita paham terlebih dahulu.

Bagaimana, Sobat? Gampang bukan, mencari ide itu? Karena ide itu sebenarnya ada di dekat kita, bahkan ada di dalam kepala kita. Tinggal pintar-pintar kita menggali ide tersebut.

Terima kasih ya, sudah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat.**

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun