Mohon tunggu...
Petani Millenial
Petani Millenial Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Public Relations

In a world of worriers, be the warrior

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Lakukan Empat Cara Berikut Jika Ingin Promosi Gratis

2 Maret 2018   14:38 Diperbarui: 2 Maret 2018   14:40 1446
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Media sosial (Freepik.com)

Dalam suatu perusahaan, pemasaran merupakan hal yang mempunyai peranan penting untuk mempertahankan kelangsungan dan keberlanjutan perusahaan. Pemasaran dilakukan untuk menjaring pasar dan memperluas target produk ataupun jasa perusahaan.

Pemasaran atau marketing adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dan memberikan dampak signifikan terhadap keuangan bisnis yang Anda kelola. Fungsinya tidak hanya mendongkrak penjualan, namun sebagai brand awareness terhadap masyarakat agar eksistensi perusahaan diketahui masyarakat luas.  

Namun pada umumnya, beberapa perusahan startup ataupun yang baru dirintis, budget yang dianggarkan untuk kegiatan marketing tidaklah besar sehingga strategi promosi yang dirancang pun terbatas dana. Tetapi jangan khawatir karena masih ada strategi promosi gratis yang dapat Anda jalankan berikut caranya.

1. Manfaatkan pelanggan yang sudah ada

Ilustrasi: Pelanggan (Freepik.com)
Ilustrasi: Pelanggan (Freepik.com)
Apabila Anda memiliki konsumen yang sudah loyal pada bisnis Anda, buatlah mereka juga mempromosikan bisnis Anda. Minta testimoni atau review yang positif tentang produk bisnis Anda dan juga pengalaman mereka dalam memakai produk Anda. Kalau bisa, minta mereka masukkan dalam situs, blog atau media sosial yang milik perusahaan Anda.

Testimoni yang Anda dapat dari mereka menjadi pedoman bagi calon pembeli yang hendak membeli produk Anda.

2. Manfaatkan media sosial

Ilustrasi: Media sosial (Freepik.com)
Ilustrasi: Media sosial (Freepik.com)
Promosi sebuah produk atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak kehadiran media sosial. Hadirnya media sosial kini didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi dengan cepat, mudah dan murah serta tanpa modal.

Berikut beberapa media promosi handal yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda yaitu Facebook, Instagram, Line, Twitter, Instagram, Path, Kaskus, Google+, Blogdan Youtube.

3. Email marketing

Ilustrasi: email (Freepik.com)
Ilustrasi: email (Freepik.com)
Hanya bermodal jaringan internet, Anda bisa melakukan marketing campaign Anda dengan praktis. Menurut Ascend2, email marketing adalah salah satu taktik paling efektif untuk mencari pelanggan baru.

Caranya adalah dengan menggunakan akun email Anda, dan kirimkan pada alamat email pelanggan yang Anda kumpulkan. Pakai subjek email yang menarik sehingga dibuka oleh pelanggan maupun calon pelanggan.

4. Buat tulisan konten produk Anda di media sosial

Ilustrasi: Writer (Freepik.com)
Ilustrasi: Writer (Freepik.com)
Selain  secara gambar (visual), jika bisa menulis, sebaiknya Anda membuat konten secara tertulis sebagai strategi promosi. Buatlah blog dan menulislah disitu. Tulis konten yang menarik kemudian cantumkan semua produk Anda dengan foto yang menarik pula. Untuk meningkatkan traffic ke situs Anda. Gunakan seluruh kata kunci yang membuat blog dan website Anda teratas. Jika memiliki dana berlebih, Anda bisa menyewa content writer yang berpengalaman sehingga mempermudah pekerjaan Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun