Dalam suatu perusahaan, pemasaran merupakan hal yang mempunyai peranan penting untuk mempertahankan kelangsungan dan keberlanjutan perusahaan. Pemasaran dilakukan untuk menjaring pasar dan memperluas target produk ataupun jasa perusahaan.
Pemasaran atau marketing adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dan memberikan dampak signifikan terhadap keuangan bisnis yang Anda kelola. Fungsinya tidak hanya mendongkrak penjualan, namun sebagai brand awareness terhadap masyarakat agar eksistensi perusahaan diketahui masyarakat luas. Â
Namun pada umumnya, beberapa perusahan startup ataupun yang baru dirintis, budget yang dianggarkan untuk kegiatan marketing tidaklah besar sehingga strategi promosi yang dirancang pun terbatas dana. Tetapi jangan khawatir karena masih ada strategi promosi gratis yang dapat Anda jalankan berikut caranya.
1. Manfaatkan pelanggan yang sudah ada
Testimoni yang Anda dapat dari mereka menjadi pedoman bagi calon pembeli yang hendak membeli produk Anda.
2. Manfaatkan media sosial
Berikut beberapa media promosi handal yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda yaitu Facebook, Instagram, Line, Twitter, Instagram, Path, Kaskus, Google+, Blogdan Youtube.
3. Email marketing
Caranya adalah dengan menggunakan akun email Anda, dan kirimkan pada alamat email pelanggan yang Anda kumpulkan. Pakai subjek email yang menarik sehingga dibuka oleh pelanggan maupun calon pelanggan.
4. Buat tulisan konten produk Anda di media sosial
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H