Mohon tunggu...
Indah Tri Utami
Indah Tri Utami Mohon Tunggu... Mahasiswa - life is opportunity and study until you know everything | Mahasiswi Akuntansi Dosen Prof. Dr. Apollo M.Si.Ak. NIM 43220010124 INDAH TRI UTAMI Universitas Mercu Buana Jakarta

Nama : Indah Tri Utami - NIM : 43220010124 - Mata Kuliah : Teori Akuntansi - Dosen Pembimbing : Apollo, Prof, Dr, M.Si.Ak - UNIVERSITAS MERCU BUANA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kuis_K13_CU-116_Akuntansi sebagai Seni Memahami Akuntansi (Hermeneutika, Semiotika)

6 Juni 2022   23:07 Diperbarui: 7 Juni 2022   00:14 343
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang Penelitian;   

Akuntansi sebagai ilmu atau seni, Sains adalah kumpulan pengetahuan yang sistematis. Ini membangun hubungan sebab dan akibat dalam berbagai fenomena terkait. Hal ini juga didasarkan pada beberapa fundam beberapa prinsip dasar. akun Akuntansi memiliki prinsip-prinsipnya sendiri mis. 

sistem double entry, yang menjelaskan bahwa setiap transaksi memiliki dua aspek yaitu debit dan kredit. Ini juga menetapkan aturan penjurnalan. Jadi kita dapat mengatakan bahwa akuntansi adalah ilmu. Akuntansi dapat dianggap sebagai seni karena membutuhkan penilaian dan 

keterampilan yang kreatif. Untuk menjalankan fungsi akuntansi dengan baik, diperlukan disiplin dan pelatihan. Seni membutuhkan pengetahuan, minat, dan pengalaman yang sempurna untuk melakukan suatu karya secara efisien. Seni juga mengajarkan kita bagaimana melakukan sebuah 

karya dengan cara yang terbaik dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya. Akuntansi adalah seni karena juga membutuhkan pengetahuan, minat dan pengalaman untuk memelihara pembukuan secara sistematis. Semua orang tidak bisa menjadi akuntan yang baik. 

Dapat disimpulkan dari pembahasan di atas bahwa akuntansi adalah seni sekaligus ilmu. Salah satu fungsi akuntansi adalah mengkomunikasikan informasi ekonomi, yaitu realita ekonomi suatu organisasi. Komunikasi ini dapat berupa memberikan dan memperoleh informasi, memotivasi dan mempengaruhi si pemakai informasi akuntansi guna pembuatan keputusan atau perjanjian kerja sama, termasuk untuk menetapan harga

Identifikasi Masalah

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami akuntansi sebagai seni dengan metodelogi hermeneutika dan semiotik. Akuntansi dicirikan sebagai seni, sehingga yang dimaksud adalah bagaimana menerapkan pengetahuan akuntansi dalam praktik (seperti ungkapan "mengajar adalah seni"). 

Sebagai sebuah seni, akuntansi yaitu bidang pengetahuan tentang keterampilan, keahlian, dan mengandalkan pengetahuan dan praktik untuk menguasainya. Kebijakan akuntansi berupa pembukuan harus didasarkan pada pertimbangan yang sehat dan bila perlu secara akademis 

sehingga dapat diperjelas keabsahan argumen yang mendasarinya secara logistik dan akademis. Jika demikian, studi teori akuntansi akan menjadi normatif untuk membenarkan perlakuan akuntansi dalam standar. Validitas pembenaran berdasarkan argumentasi atau alasan yang logis.

Rumusan Masalah 

Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, saya merasa menarik untuk membahas apa itu akuntansi sebagai seni. Dalam kajian ini, merumuskan pertanyaan penelitian tentang bagaimana akuntansi sebagai seni yang dapat dikaji dengan metode penelitian hermeneutika dan semiotik.

Tinjauan Pustaka dan Penelitian terdahulu;   

AKUNTANSI (ILMU ATAU SENI) Akuntansi Akun adalah seni dan ilmu. sains. Sebuah seni karena karena dapat dipelajari dengan praktik dan bukan hanya dengan mendengarkannya seperti aturan ilmiah. Setiap akuntan tidak sama. Banyak yang baik dan yang lain membuat kesalahan, seperti setiap orang bukanlah seniman yang hebat. 

Seseorang yang memiliki lebih banyak pengalaman di bidang akuntansi, akan lebih mudah memahami setiap transaksi baru, perkembangan baru, dan perubahan baru dalam akuntansi daripada yang tidak berpengalaman. Ini adalah sains karena didasarkan pada banyak aturan, konsep, konvensi dan ion dan asumsi. Jika semuanya berjalan sesuai, neraca Anda cocok, saldo percobaan cocok dan keuntungan dapat dihitung dengan benar. 

Tetapi bahkan jika satu konsep akuntansi salah ditangani dan transaksi dimasukkan secara tidak benar, hal itu membawa kesalahan propagasi. Kita harus kembali ke setiap langkah untuk melacaknya, yang sangat melelahkan. Jadi itu ilmu. 

Dengan kata sederhana, sains membangun hubungan sebab dan akibat sedangkan seni adalah penerapan pengetahuan yang terdiri dari beberapa teori dan aturan yang diterima. 

DEFINISI Akuntansi Akun adalah seni pencatatan transaksi keuangan keuangan dalam satu set buku; mengklasifikasikan dalam kategori yang diinginkan dan meringkas informasi untuk presentasi dengan cara yang sesuai untuk orang yang bersangkutan untuk keuntungan mereka. 

Akuntansi Akun juga merupakan ilmu ilmu dalam arti terdiri dari aturan, prinsip prinsip, konsep, konvensi dan standar. Semua ini membentuk tubuh pengetahuan yang memiliki pengakuan di seluruh dunia. Istilah GAAP menunjukkan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Saat ini kami memiliki Standar Akuntansi Internasional

Model semiotik dari proses komunikasi akuntansi

Diketahui bahwa akuntansi, sebagai aktivitas yang tak terpisahkan dari setiap entitas patrimonial, adalah tindakan komunikasi karena alasan yang muncul dari kebutuhan untuk mengetahui dan mengelola sumber daya sendiri secara efisien, dan dengan 

demikian untuk mengirimkan sesuatu kepada seseorang. Fakta ini lebih mudah dibuktikan karena setiap elemen dari proses komunikasi klasik -- disajikan di atas -- dapat diidentifikasi dalam apa yang disebut komunikasi akuntansi. Oleh karena itu, kami percaya bahwa elemen struktural dari proses komunikasi, dalam kasus akuntansi, dapat direpresentasikan sebagai berikut:- sumber (pengirim atau penerima) 

(1): subjek yang akrab dengan fenomena yang ditandai, yaitu produsen informasi akuntansi; kami memikirkan di sini tentang orang-orang yang tugasnya adalah mengamati peristiwa dan transaksi yang mengarah pada pergerakan nilai, 

atau untuk mengingat (menghafal dengan menyusun dokumen yang membenarkan) dan untuk memproses data yang mengacu pada pergerakan nilai ini, untuk menyajikan dan mengomunikasikan informasi yang diperoleh dalam prosedur pemrosesan akuntansi;- konteks (referensi) 

(2), yaitu aspek/hal yang dibicarakan, yang dikomunikasikan tentang: pengaruh peristiwa dan transaksi terhadap posisi keuangan, terhadap kinerja keuangan atau pada perubahan intervensi mengenai posisi keuangan;- kode 

(3) atau perbendaharaan tanda-tanda yang sesuai dengan ide-ide tertentu: misalnya, akun yang cocok dengan bagan akun umum;- pesan

(4) terbentuk dari tanda-tanda, yaitu bagian referensi yang ditransformasikan dengan kode: informasi numerik mengenai keadaan (keberadaan) dan pergerakan unsur-unsur patrimonial yang berbeda yang disajikan dalam suatu kodif cara;- saluran 

(5), atau pendukung fisik dari informasi yang dikirimkan: pada dasarnya diwakili oleh laporan keuangan yang struktur dan isinya diatur;- tujuan (penerima atau penerima)

(6), yaitu subjek decoding: pengguna internal dan eksternal dari informasi akuntansi. Tetapi akuntansi tidak hanya membentuk dirinya sebagai proses komunikasi. 

Proses komunikasi akuntansi memang dapat dianggap sebagai proses semiotic. Mengapa demikian? Karena 'esensi' akuntansi tidak hanya berakhir dengan 'melewati' informasi akuntansi melalui enam tahapan/faktor tersebut di atas. Informasi akuntansi yang dikirimkan disertai dengan pemaknaan tertentu dan 

dapat menimbulkan pemaknaan baru ketika berinteraksi dengan pengguna. Fakta sederhana bahwa informasi akuntansi 'diharapkan' oleh seseorang, sebagai pengguna, dan bahwa informasi itu akan diproses dan diinterpretasikan dan tidak diambil begitu saja, menunjukkan semiologi akuntansi.

 Adalah sangat penting apa yang ditransmisikan melalui informasi akuntansi, tetapi cara informasi akuntansi 'dibaca', kadang-kadang, penting bagi suatu entitas. 

Bukan kebetulan maka ada karakteristik kualitatif informasi akuntansi yang harus dipenuhi agar bermanfaat, dan mereka tidak ditentukan secara acak, sebaliknya, mereka ditentukan sebagai norma (Kerangka umum untuk penjabaran dan penyajian laporan keuangan). akuntansi adalah proses semiotik, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, maka tentu harus ada model asemiotik dari proses komunikasi akuntansi. Berikut ini, gambarnya

Dokpri
Dokpri

Interpretasi Hermeneutik Seni

Menurut pendekatan hermeneutik, sebuah karya seni mencapai keberadaan yang nyata atau sah hanya dalam pengalaman pribadi individu, yaitu ketika, sebagai hasil dari pertemuan dengan sebuah karya seni, penonton memulai permainan khusus: permainan pemahaman. yang dilihat, didengar, atau dirasakan. Justru permainan antara penonton dan karya inilah yang diidentifikasi 

dalam hermeneutika sebagai interpretasi. Tidak ada satupun karyanya yang menyatakan secara langsung bagaimana cara melakukan permainan ini; dia tidak memberikan panduan yang tepat tentang bagaimana menafsirkan karya seni, bagaimana menggambarkan, menganalisis, atau memahaminya, atau bagaimana mengalaminya. Meskipun demikian, sang filsuf menyatakan bahwa ia sedang 

mencoba untuk mengarahkan para penonton karya seni ke pengalaman seni lainnya yang lebih lengkap. Dalam 'Pengantar' dan 'Kata Pengantar Edisi Kedua' dalam Kebenaran dan Metode, Gadamer menjelaskan bahwa tujuannya bukan untuk membangun metode penelitian untuk humaniora pada model metode ilmiah. Upaya seperti itu memang, menurut pendapatnya, akan gagal. 

Penafsiran hermeneutik terlalu kompleks, halus, individual, dan karenanya juga dapat berubah, untuk ditentukan dan habis melalui seperangkat aturan tertentu. Namun, ini tidak berarti bahwa kita tidak dapat membicarakan hal-hal seperti metode hermeneutik atau interpretasi hermeneutik. Dalam karyanya, Gadamer merumuskan serangkaian petunjuk dan pedoman yang, secara bersama-sama, 

merupakan gambaran metode dan interpretasi tertentu. Oleh karena itu, interpretasi dalam pendekatan hermeneutik bukanlah prosedur tambahan yang mendukung atau mengembangkan kognisi, atau semacam latihan intelektual murni, tetapi lebih tepat-- karena itu adalah satu-satunya cara-- yang mungkin untuk menjadi manusia yang berkognisi. Dengan kata lain, ini adalah cara manusia 

mengalami dunia, alami, inheren, bahkan mungkin naluriah. Dengan demikian tidak mungkin, dalam interpretasi semacam ini, untuk membedakan antara pemahaman dan penerapan. Pemahaman, interpretasi, dan penerapan merupakan suatu proses hermeneutis yang seragam, yang tujuannya adalah pengalaman akan kebenaran. Dipahami demikian, interpretasi itu sendiri menjadi 

salah satu konsep terpenting dalam filsafat; terlebih lagi, itu mengambil karakter ontologis, karena, seperti pemahaman hermeneutik, itu sendiri adalah cara menjadi manusia. Oleh karena itu, interpretasi mendefinisikan baik manusia, sebagai orang yang menafsirkan, dan seluruh realitas hidupnya, yang hanya dapat diketahui melalui proses interpretasi.

setiap akuntansi dan deskripsi pengaruh potensial pemirsa pada pilihan interpretasi tertentu daripada yang lain, pemahaman tertentu dari karya yang diberikan daripada yang lain. Pertimbangan Sontag patut diingat, bagaimanapun, karena mereka menunjukkan masalah khusus yang berhubungan dengan seni dan menunjukkan dengan jelas arah di mana solusi harus dicari. 

Erotis seni, menurut Sontag, merupakan, pertama dan terutama, kompleksitas pendekatan ini, yang tidak hanya konseptual, linguistik, atau emosional, tetapi memperhitungkan dan menggambarkan sifat multifaset dari metode kognisi manusia, dan dengan demikian juga dari pengalaman seni manusia.

Desain dan Metode Penelitian [proses Analisis Data secara lengkap]

Apa itu Semiotika? Semiotika adalah tanda bahasa (Belkauoi, 2004). Mengapa akuntansi dapat dipelajari dengan semiotika? Karena Akuntansi adalah bahasa bisnis. Akuntansi adalah media komunikasi (Parker dan Ghutrie, 2009; Breton, 2009; Davison, 2011). Semiotika dibagi menjadi sintaksis, semantik, dan pragmatik. Sintaks dalam Akuntansi mengacu pada struktur akuntansi, misalnya konstruksi 

akuntansi pendapatan yang berasal dari pendapatan dikurangi biaya (Riduwan et al., 2009). Semantik dalam Akuntansi adalah arti dari Akuntansi itu sendiri, misalnya akuntansi adalah cerminan kinerja keuangan (Pujiningsih et al., 2017), 

Akuntansi adalah alat legitimasi manajemen (Crowther et al., 2006; Pujiningsih et al., 2014 ) dan akuntansi adalah ritual tahunan (Crowther et al., 2006). Sedangkan Akuntansi, secara pragmatis, 

merupakan dasar pengambilan keputusan (Clatworthy dan Jones, 2003; Ross, 1977). Selanjutnya, apa tujuan penelitian semiotika dalam akuntansi? Penelitian akuntansi semiotik adalah untuk mendapatkan pemahaman 

yang lebih baik tentang laporan keuangan (Breton, 2009). Para peneliti akuntansi menggunakan pendekatan semiotik dari beberapa ahli semiotika, antara lain Structuralist, de Saussure; poststrukturalis, Barthes; dan Postmodernis, 

Jean Baudrillard. Contoh penelitian yang menggunakan semiotika de Saussure antara lain Yussof dan Lehman (2009) tentang laporan pengungkapan sosial di dua negara dan Pujiningsih et al. (2017) tentang laporan 

keuangan dua universitas. Contoh penelitian dengan semiotika Barthes antara lain mitos laporan keuangan (Pujiningsih et al., 2018); Mitos gambar foto dalam laporan keuangan (Davison, 2007); fotografi akuntan (Ewing et al., 2001);

 dan film akuntan (Dimnik dan Felton, 2006). Sementara itu, contoh penelitian dengan Semiotika Baudrillard adalah laporan keuangan simulacrum dan hiperrealitas (Machintos et al., 2000). Bagaimana cara menganalisis data 

dengan menggunakan teori semiotika Baudrillard? Langkah-langkah yang dilakukan meliputi pertama-tama menentukan tanda dan menemukan makna denotatifnya. Kedua, menemukan makna simulacrum atau pencitraan. Terakhir adalah menemukan makna hiper-realitas. Tabel berikut menjelaskan tahapan-tahapan tanda berdasarkan teori semiotika Baudrillard.

Dokpri
Dokpri

Pendekatan penelitian hermeneutika
Van Hoecke (2011) mengklasifikasikan penelitian doktrinal sebagai pendekatan hermeneutis, yang memerlukan interpretasi teks untuk mengidentifikasi makna dalam teks (Boland 1989; Gaffikin 2008; Prasad 2002). Namun, pandangan yang lebih luas adalah bahwa hermeneutika juga dapat digunakan untuk menafsirkan semua aspek kegiatan sosial (Boland 1989). Dalam pandangan Van Hoecke (2011), 

pentingnya interpretasi teks dalam disiplin praktis tidak boleh diremehkan. Van Hoecke berpendapat bahwa tujuan hermeneutika dalam penelitian doktrinal bukanlah untuk menciptakan hasil yang benar atau salah 

(seperti halnya metode ilmiah), tetapi untuk menciptakan argumen yang meyakinkan mengenai hakikat doktrin yang ada. Itu juga pada dasarnya apa yang peneliti akuntansi lakukan dalam penelitian kebijakan akuntansi teoritis sebagaimana dimaksud di atas - bahkan jika mereka tidak selalu membahas pendekatan metodologis mereka.

Dalam konteks akuntansi, Boland (1989:592) menganggap hermeneutika sebagai pendekatan alternatif untuk membaca teks, dan dalam pandangannya '... masalah hermeneutik adalah untuk mendapatkan makna ...' dari teks '... dengan terlibat dalam dialog interpretatif ...'. Dia percaya bahwa teori dan struktur organisasi harus mengalami proses refleksi sistematis dan kritis. 

Keyakinannya bahwa akuntansi harus digunakan sebagai teks praktik manusia ditekankan dengan mengacu pada Rorty (1979), yang menyatakan bahwa: 'Pembacaan hermeneutik akuntansi sebagai teks adalah cara yang paling penuh harapan untuk mendekati pemahaman organisasi tentang akuntansi sebagai manusia. praktek'. Salah satu praktik tersebut dapat menafsirkan 

perkembangan pelaporan keuangan dan standar akuntansi terkait, dan bahkan standar itu sendiri. Karena standar dibangun secara sosial, dikatakan bahwa interpretasi teks adalah titik awal untuk mengevaluasi standar ini, dan penting bagi peneliti akuntansi untuk terlibat dalam proses penciptaan pengetahuan ini.

Selanjutnya, dari perspektif akuntansi, Gaffikin (2008:160) setuju bahwa hermeneutika berfokus pada bahasa, makna dan interpretasi, bahwa setiap pengetahuan baru didasarkan pada pengetahuan sejarah, ditangkap dalam dokumen, dan bahwa '... penyelidikan bebas nilai tidak mungkin dan kebenaran hanya ada sebagai interpretasi bersama'. Demikian pula sifat penelitian doktrinal, yang menitikberatkan pada dokumentasi sejarah untuk menciptakan pengetahuan (baru) yang sudah ada.

Untuk kedua Boland (1989) dan Gaffikin (2008), pindah ke interpretasi adalah istirahat dengan pandangan objektif metode ilmiah untuk pemahaman yang lebih dalam dan lebih bermanfaat akuntansi dan menetapkan hermeneutika sebagai bagian dari gerakan penelitian ilmu sosial yang lebih luas. Hermeneutika juga dilihat sebagai inti dari pendekatan penelitian doktrinal. 

Dalam kerangka hermeneutis, bagaimanapun, pendekatan yang berbeda dimungkinkan, seperti yang dibahas di bawah ini.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi hermeneutik. Metode kualitatif sebagaimana dikemukakan oleh Cresswell adalah suatu proses penelitian dan pemahaman berdasarkan metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia [18]. Sementara metode hermeneutik fenomenologi dalam sastra humaniora diakui sebagai metode 

interpretasi yang ketat, dapat membawa peneliti untuk memahami fenomena apa adanya, secara menyeluruh dan sistematis terutama dalam menjelaskan identitas tanpa mengabaikan aspek objektivitasnya. Fenomenologi berpijak pada persepsi bahwa teknologi (alat) telah tertanam dalam budaya, dan melalui alat itu manusia melakukan aktivitasnya. Dalam penelitian ini, alat 

yang dimaksud adalah Standar Akuntansi Keuangan Syariah (SAK) dengan segala ketentuannyaDengan menggunakan metode kualitatif fenomenologi hermeneutik, penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam praktiknya, pencatatan akuntansi pada awal transaksi murabahah bil wakalah mencerminkan secara langsung kepemilikan aset murabahah oleh bank. Padahal, 

sebelum aset menjadi milik bank (yang diwakili oleh nasabah), ada akad sebelumnya yaitu "wakalah". Terjadinya akad wakalah ini tidak termasuk dalam pembukuan. Oleh karena itu, jika hanya melihat catatan pembukuan suatu bank, tidak mungkin memperoleh gambaran yang jelas tentang suatu transaksi dengan akad murabahah bil wakalah. Sedangkan dalam 

perhitungan akuntansi dengan menggunakan akad musyarakah mutanaqisah, perlakuan akuntansi yang mengakui pembiayaan musyarakah, maka dalam penyajiannya tentu terdapat Laporan Posisi Keuangan (neraca) yang menunjukkan pembiayaan musyarakah secara keseluruhan.

Pada akhirnya hermeneutika juga memiliki cabang yang disebut sebagai hermeneutika kritis (Kinsella 2006; Roberge 2011). Argumennya 

adalah bahwa dalam interpretasi kualitatif dokumen di bawah pendekatan hermeneutik, ketidakpastian dan ambiguitas mungkin muncul. Hermeneutika kritis digunakan untuk memperdebatkan dan menyelesaikan ambiguitas semacam itu dalam penelitian kualitatif.

Sumber:

Borun, D., Bora, T., Semiotica vizualului -- Partea I: Semiotic, limbaj i comunicareintercultural, Suport de curs pentru studenii Universitii Naionale de Arte, Facultatea de Arteplastice, Bucureti, 2007,www.scribd.com

Cunningham, Lawrence A. (2003b), 'Semiotics, Hermeneutics and Cash: An Essay on the True and Fair View',. North Carolina Journal of International Law and  Fair View 

Gadamer H.G., Aesthetics and Hermeneutics, [online] http://thinkingtogether. org/rcream/archive/old/S2005/127/gadamer.pdf [accessed: 10.06.2016].

Riduwan, A.; I. Triyuwono, G. Irianto dan U. Ludigdo (2009), Semiotika Laba Akuntansi: Studi Kritikal-Posmodernis Derridean, Prosiding, Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XII, Palembang, 4-6 November

Ricoeur, P. (1982). Hermeneutics and the Human Sciences, Essays on Language, Action and Interpretation. Cambridge: Cambridge University Press.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun