Imanuel Guntur Anggara
1231900009
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
(Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Email: imanuelgunturanggara@gmail.com
    Abstrak.
Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok NR15 yang di bimbing oleh Dosen Pembimbing bapak Dr. Arga Christian Sitohang, SE., MM , mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat , yaitu terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kerupuk Bawang yang terdapat di RT06 RW 01 Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo Surabaya. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk implementasi dari salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiwa Universitas 17 Agustus Surabaya dibawah bimbingan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM). Berdasarkan Analisa kendala yang di hadapi oleh mitra, maka kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk membantu UMKM Kerupuk Bawang  Untuk menyusun strategi pemasaran produk yaitu dengan membuat  kemasan (packaging) yang lebih menarik  dan melakukan sosialisasi pemasaran kepada mitra KKN.Â
Kegiatan KKN ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi langsusng untuk memperoleh informasi faktor internal dan eksternal pada keunggulan kompetitif usaha tersebut. Kegiatan produksi dilakukan tergolong sederhana dari segi packaging maupun pemasarannya.Â
Produk dikemas menggunakan kemasan plastic dan  menggunakan logo penjualan yang sederhana dan kurang menarik. Selama kegiatan KKN berlangsung, kami sebagai mahasiswa KKN kelompok NR5 memberikan penyuluhan dan pendampingan usaha tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mitra dalam mengembangkan usahanya.
Kata Kunci: Inovasi, Packaging, Pemasaran , Kerupuk.
PENDAHULUAN
Lingkungan Kecamata Sukolilo memiliki banyak produk UMKM mulai dari olahan makanan berat, Air mineral, olahan makanan basah, Kerupuk, dan lain sebagainya. UMKM di lingkungan Kelurahan Menur Pumpungan RT 06/RW 01 kecamatan Sukolilo Ini, yang menjadi mitra KKN kami yaitu UMKM home industry kerupuk bawang. Hal ini karena dalam operasionalnya UMKM tersebut memiliki kendala dalam hal branding yakni pada kemasan(Packaging) dan dalam hal pemasaran produk . Dalam program kerja peningkatan kualitas produk UMKM ini, yang dilakukan  melalui inovasi packaging dan sosialisasi panduan pemasaran , maka mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non-reguler Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, membantu dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh UMKM terutama pada bagian kemasan produk dan pemasarannya.
METODE PELAKSANAAN
Kegiatan KKN oleh mahasiswa dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 30 April Sampai 12 Juni 2022, setiap hari sabtu dan minggu. Pelaksanaan Kegiatan ini, secara garis besar memiliki 3 tahapan, yaitu yang pertama adalah  tahap persiapan yang meliputi kordinasi perizinan Ketua dan wakil ketua RT setempat, koordinasi dengan Mitra KKN dan Penyusunan rencana kegiatan yang akan dilakukan. Yang kedua, yaitu Tahap pelaksanaan yang meliputi pembelian kemasan, desain logo produk, pengemasan produk, penyuluhan pemasaran Produk dan pemasaran produk. Dan Tahapan yang terakhir adalah evaluasi kegiatan pemasaran dan Penyusunan Laporan Akhir kegiatan KKN.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil yang telah dicapai dari program kerja kami diantaranya adalah adanya perubahan yang lebih baik dari segi produk yaitu kemasan dan logo produk yang lebih menarik. Logo di desain sedemikian rupa sehingga lebih menarik dan tentunya mengandung informasi mengenai produk sehingga produk dapat dikenal oleh masyarakat.
Gambar 1. Kemasan Produk Kerupuk sebelum dan sesuadah di laksanakannya kegiatan KKN
Â
  Â
Hasil lain yang telah dicapai dari program ini adalah kemampuan mitra dalam segi pemasaran meningkat karena adanya penyuluhan pemasaran produk. Hal ini dapat di ketahui berdasarkan hasil utama yang ingin dicapai dari kegiatan ini, yaitu pendapatan produk yang meningkat. Berdasarkan pembukuan dari Mitra KKN, pendapatan setelah program kegiatan ini dilakukan.
SIMPULAN
Dari uraian Kegiatan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang bertema "Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Di masa Endemik", yang dilakukan oleh mahasiswa kelompok NR5 selama 12 hari , setiap hari sabtu dan minggu mulai tanggal 30 April hingga 12 Juni 2022 dapat diambil Kesimpulan sebagai berikut:
Kegiatan pembaharuan packaging yang lebih baik mampu memberikan dampak positif yang mana produk dapat lebih menarik minat pelanggan dan dikenal di masyarakat sehingga dapat meningkatkan penjualan. Selain itu program kegiatan dapat meningkatkan minat berwirausaha di masyarakat desa sekitar sehingga dapat memicu usaha-usaha home industry baru yang inovatif dan dapat membantu perekonomian masyarakat. Hasil dari Implementasi panduan pemasaran atau marketing dapat bermanfaat bagi mitra UMKM dalam jangka Panjang.
UCAPAN TERIMA KASIH
Penulis mengucapkan terima kasih kepada LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Dosen Pembimbing Lapangan Bapak  Dr. Arga Christian Sitohang, SE., MM , Mitra KKN Kerupuk Bawang "Semangat Jaya", Ketua RT 06 dan Ketua RW 01 Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, serta segala pihak terkait yang telah memberi dukungan terhadap program ini sehingga dapat berjalan dengan baik.
DAFTAR PUSTAKA
*Syukrianti Mukhtar, M. N. Â 2015 . Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal sosial Humaniora.
*Siska C. N., Kintoko, Puji H. P. Â 2020 . Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6-11.
*Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 26-34.
*Fandy Tjiptono, Ph.D. Â 2015. Straregi Pemasaran . Yogyakarta: Andi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H