Mohon tunggu...
Imam Sudrajat
Imam Sudrajat Mohon Tunggu... Konsultan - easy going

Making good life sense...

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Paradoks Telkomsel, Harga Selangit Namun Layanan di Dasar Palung Mariana!

24 November 2020   23:02 Diperbarui: 25 November 2020   13:52 1366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seberapa lama kah kita bisa lepas dari Internet di masa sekarang?, Seberapa besar ketergantungan kita kepada internet di masa sekarang? Kemajuan teknologi telah membawa kita pada era digital, namun demikian bagaimana dengan sarana dan prasarana digital dalam hal ini internet di Indonesia?

Selanjutnya, kapankah masyarakat Indonesia bisa menikmati layanan internet cepat dengan biaya yang murah? Sampai kapan masyarakat Indonesia harus bersungut - sungut mendapatkan layanan internet dengan harga selangit, namun kualitas layanan jauh di dasar Palung Mariana?

Menurut studi yang dilakukan CupoNation, meski pengguna internet di Indonesia semakin meningkat, Sementara itu untuk kecepatan akses internet Indonesia di Asia Tenggara berada di peringkat 9 dengan kecepatan internet 16,34 Mbps. 

Indonesia satu tingkat berada di atas Myanmar yang memiliki kecepatan 11,74 Mbps dan berada di bawah Kamboja dengan kecepatan 16,60 Mbps. Sedangkan di dunia Indonesia berada diurutan ke 112 dari 121 Negera.

Di era digital dan teknologi seperti sekarang ini, kebutuhan data internet menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang dan sangat dibutuhkan untuk masyarakat, saking pentingnya internet, sampai ada yang menyebutkan empat hal terpenting di dunia ini yaitu : Harta, Tahta, Wanita dan terakhir Kuota.

Ya Kuota menjadi penting di era sekarang ini, namun ditengah harga kuota yang lumayan tinggi, sangat disayangkan hal ini tidak berbanding lurus dengan layanan yang diberikan provider penyedia jasa internet, termasuk Telkomsel yang konon katanya merupakan andalan dengan branding di berbagai media tapi nyatanya tidak memberikan kualitas layanan yang baik bagi penggunanya.

Dengan tagline "Jaringan Terbaik Untuk Indonesia Maju, Melayani Hingga Pelosok Negeri, Menyatukan Yang Berjauhan" namun kenyataanya jauh dari kata-kata tersebut dan hanya isapan jempol belaka.

Pada kenyataanya di DKI Jakarta dan Jawa Barat saja, layanan internet dari Telkomsel beberapa hari ini sangat buruk yang berdampak pada menurunnya semangat juang para gamers, terhambatnya komunikasi antar insan dan pejuang Long Distance Relationship (LDR), terbatasnya akses informasi dan sistem belajar online yang sedang digalakkan.

Sebagai pengguna Telkomsel tentunya hal ini sangat merugikan, karena kejadian ini tidak dialami sehari, dua hari tetapi sudah lebih dari tiga hari bahkan mingguan bagi saya yang berada di Indramayu Jawa Barat.

Saya mengakses untuk berbagai keperluan misalnya : terkait pemantauan dan pengiriman email, mengakses berbagai informasi dan dalam memanfaatkan segala fitur aplikasi di gadget.

Terkait keluhan pun sebenarnya pihak Telkomsel telah menyediakan customer care di nomor 188 maupun premium call di 08071811181, selain itu banyak juga yang menulis keluhannya di Instagram resmi serta akun Twitter resmi Telkomsel, yang pada beberapa hari ini sempat menjadi trending topic

Beberapa kicauan warganet di linimasa Twitter pun bermunculan akibat kejadian ini,  seperti oleh akun : @gusaagus min udh berapa hari ini jaringan 4G ga stabil, terlebih dipakai buat main game sering ngelag dan jadi boros baterai akibat jaringan yang gak stabil. Solusi agar jaringan stabil min.

Kemudian akun @jellypreach, setiap hari kayak gini tuh gimana ceritanya min, pagi ke malem, malem ke pagi, LTE LTE harapan kosong.

@FAbung Telkomsel sungguh mengecewakan kendala saya hampir 2 bulan, tidak ada penyelesaian. Cs sengaja membiarkan waktu 20 menit tidak ada kejelasan.. SAMPAAAAH!!!!!!!

@veniisaa min, tolong jaringan 4gnya lelet banget ini gimana?

@flowerwaste halo apakah sinyal untuk di JKT sedang gangguan? Sinyal simpati saya mo service terus dari siang.

@lazymoodyclumsy @Telkomsel sinyalnya jelek banget, kuota mahal dibuat browsing aja lelet banget. Gimana coba-_- sebulan lebih nih ga ada perubahan gini terusss

@pilusmanik Oiii @Telkomsel jaringan nya lemo amat di cilegon.

@yusupsobirin Listrik mati, jaringan @Telkomsel ilang.

@yosrnAW @Telkomsel Mohon pencerahannya, kenapa di Daerah Ulujami Pesanggrahan Jakarta Selatan, signal nya gak ada?

@ichazura halooo @Telkomsel knp drtd pagi sinyalnya burik bngt aku kira hp aku yg kentang, eh trnyta di hp adekku jg burik bngt sinyal dn 4g kelen! apalagi abis ujan, makin JUELEK!!! tolong lahh, perbaiki segeraaaaa!!!
jgn dibalas kesetiaan konsumen dgn KUALITAS YG JELEK!!!

@kripiklays01 @Telkomsel internet nya lambat, udh saya coba airplane mode, ttep aja lemot, habis speedtest upload nya cuma 0.29 mbps sama download cuma 0,44 mbps

@_sosiru Halloo @Telkomsel koq signal disini suka blank? Lagi gangguan ya di Manado?

Kita sebagai pelanggan Telkomsel tidak membutuhkan apapun kecuali jaringan bagus, banyak juga yang kecewa terkait harga selangit namun layanan jauh di dasar laut.

Sebagai Market Leader operator selular sekaligus anak perusahaan BUMN yaitu PT Telekomunikasi Indonesia, semestinya Telkomsel memberikan layanan prima kepada pelanggan, karena jika tidak, hal ini akan berpengaruh kepada tingkat kepuasan pelanggan, sehingga dapat beralih ke provider lain.

Banyak pula para warganet yang mentwit dengan nada sarkas baik pengguna Kartu Halo, maupun Simpati, dari mulai menganggap Telkomsel tidak kompeten sampai mengeluarkan kata - kata kasar :

@alkohmol @Telkomsel elu bnr bner minta disantet bneran ye?

@rAdith_vanjosh Paket mahal.. jaringan ga stabil. Maunya apa sih @Telkomsel

@simanomano Tai l telkomsel jgn kebanyakan iklan mending l benerin tuch jaringan l jgn sampah l jual ke konsumen dgn harga selangit kampret

@kingunoxx_ gausa jual internet kl ga kompeten KONTOL @Telkomsel @FirstMediaCares

Sementara itu pengguna kartu halo yang notabene jaringan prioritas pun ikut mentwit keluhannya :

@hariansah_7 Bangsat !!! anjeeeng !!!! babi !!!!
Privider Monopoly mentang2 jaringan luas harga selangit Kualitas kayak Babi !!!
asuuu tagihan kartu halo amper 500 jaringan msih aja kek gini,,,
Parah anjing lu @Telkomsel https://t.co/qj5NcOoq7T

Sementara pihak Telkomsel pun merespon berbagai keluhan pelanggan terkait layanan, berikut jawaban dari Telkomsel untuk pertanyaan warganet :

@TweetsDimas Sejak corona (dan puncaknya) beberapa hari ini, jaringan @Telkomsel lemotnya benar2 bikin putus asa. Padahal di sini Ibukota Kab. Bantaeng loh, tapi jaringannya kayak di hutan. Kalau dlm 3 hari jaringan tidak normal, saya rela pindah operator, kalau perlu ganti nomor sekalian.

@Telkomsel Baik, Kak Dimas. Mohon menunggu proses maksimalnya ya, Kak. Semoga dapat selesai secepatnya. Makasih :) -Hoki
Hai, Kak Dimas. Maaf ya jadi ga nyaman. Terkait akses internet lambat, mimin infokan saat ini sedang dalam peningkatan sistem layanan kami, diupayakan secepatnya dapat normal kembali ya Kak. Terima kasih telah menggunakan produk Telkomsel :) -Akai
@TweetsDimas OK ditunggu perbaikannya yah Min...

Banyak juga warganet pun menimpali balik Jawaban dari Telkomsel tersebut yang merasa jawabannya itu-itu saja dan basi tanpa ada solusi, seperti pada twit berikut ini :

@ShadowJJK1 Balasennya sama terus kalo ada yg kompalin masalah signal sama internet lama. Basi. Besok2 cari kata2 yg lain aja.

@IndiWardani @Telkomsel akses internet lambat sebagai peningkatan kualitas. Ahh basi bangett... mendung dikit aja sinyal ilang. Kek eek

Terkait hal ini saya berharap pihak berwenang dapat menindaklanjuti serta menyelesaikan keluhan pengguna Telkomsel di seluruh penjuru pelosok negeri.

Saya pribadi pun beberapa kali menghubungi pihak Telkomsel baik melalui premium call maupun 188, bahkan japri melalui WhatsApp.. namun jawabannya tidak memberikan solusi apapun. Saya disuruh menunggu 3x24 jam.. namun setelah menunggu. Kualitas layanan sama saja. Apakah begini kinerja perusahaan yang notabene anak perusahaan BUMN telekomunikasi? 

Semua provider pun semestinya bisa meningkatkan kualitas layanannya karena dengan begitu loyalitas pelanggan akan tercipta. Jadi sebaiknya pihak Telkomsel dan provider lainnya pun berusaha supaya jaringan kuat hingga ke pelosok negeri. Monitoring dan peningkatan layanan pun terus dilakukan secara berkala.  Sesuai dengan tagline yang dibuat Telkomsel, tidak hanya menjadi semboyan dan lip service belaka.

Sehingga tidak mengecewakan pengguna dan bisa menjadi provider andalan masyarakat Indonesia.. karena kecepatan jaringan internet juga merupakan salah satu indikator kemajuan suatu bangsa.

Dikutip dari Media Indonesia (6/6/2020), dan berdasarkan catatan Steam, PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) menduduki posisi teratas dalam kecepatan download rata-rata. Kecepatan download Moratelindo tercatat mencapai 40,1 Mbps
Q1 berikut penyedia layanan dan kecepatan akses internet oleh Internet Sevice Provider di Indonesia.

Di bawah PT Mora Telematika Indonesia diisi MyRepublic ID dengan kecepatan rata-rata 35,9 Mbps, Biznet Networks (28,4 Mbps), PT Cyberindo Aditama (23,7 Mbps), FirstMedia (16 Mbps), PT Cemerlang Multimedia (13,8 Mbps), PT MNC Kabel Mediacom (12,2 Mbps), MNC Playmedia (11,9 Mbps), PT Telkom Indonesia (7,1 Mbps), dan Telkomsel dengan 6,7 Mbps.

Dari data diatas Telkomsel menempati posisi 9 pada kecepatan download dan jaringan internet.. So, Mari Sobat memilih provider mana yang dibutuhkan sobat untuk mengakses berbagai fasilitas internet di Indonesia.

Tentunya bukan provider yang hanya lip service, biaya tinggi namun layanan buruk!
Sampai kapan paradoks ini terjadi?,  Wallahu 'alam.. semoga para pemangku kepentingan segera membenahi hal ini. Sehingga tidak ada lagi keluhan dari masyarakat terkait harga yang selangit namun layanan yang diberikan seperti di dasar laut dan sangat merugikan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun