Mohon tunggu...
Imam maulana Putra
Imam maulana Putra Mohon Tunggu... Buruh - Buruh

Sepakbola

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Resepsionis Bukan Ular Kobra tapi Banyak Bisanya

19 Desember 2023   18:00 Diperbarui: 19 Desember 2023   18:04 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kisah seorang resepsionis yang bekerja di salah satu perusahaan terbesar di asia tenggara, setiap hari selama tujuh jam kerja berada di perusahaan mulai hari senin sampai hari jumat begitupun di hari sabtu bekerja selama lima jam kerja datang ke perusahaan untuk mencari nafkah dan dengan cara menjalankan tugasnya  .

dengan gaji sesuai UMR seorang resepsionis harus bekerja maksimal memberikan pelayanan yang terbaik kepada para tamu yang datang ke perusahaan, walaupun gaji UMR seorang resepsionis tetap tetap bahagia menjalankan pekerjaannya karena menurutnya "berapapun gaji yang kita terima ketika kita bekerja dengan ikhlas, pekerjaan itu akan membuat kita bahagia" 

dilingkungan kerja yang di alami seorang resepsionis pasti ada yang namanya tekanan pekerjaan harus bisa menghadapi orang-orang yang datang dan berkunjung ke perusahaan. terkadang ada saja tamu atau karyawan yang datang ke kantor dengan keadaan yang bermacam-macam sehingga tugas kita sebagai resepsionis arus bisa mengendalikan situasi. tanpa ada dukungan dan kerjasama dari rekan kerja tidak ada yang bisa kami lakukan . 

disamping itu atasan sangat bersikap demokratis memberikan kesempatan kepada siapapun secara objektif untuk mengeluarkan kemampuan dan inovasi agar bisa berprestasi yang pada akhirnya memberikan keyakinan kepada atasan untuk memberikan promosikan. seorang resepsionis bekerja sangat terorganisir dan mempunyai panduan kerja berupa SOP yang sudah di atur sedemikian rapihnya. banyak skil yang harus di tingkatkan oleh seorang resepsionis agar bisa memberikan pelayanan yang informatif, efektif, dan efisien. 

     Adanya perubahan zaman memberikan dampak sendiri untuk resepsionis. Dalam eradigital yang terus berkembang, peran seorang resepsionis mengalami transformasi signifikan. Kemajuan teknologi membawa perubahan dalam cara resepsionis menjalankan tugas sehari-hari mereka .

Resepsionis adalah titik kontak pertama dalam sebuah perusahaan dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan layanan tamu atau karyawan yang sangat baik. Kemampuan organisasi dan multitugas mereka membantu anggota staf tetap pada jalurnya dan menjaga aktifitas berjalan dengan lancar.

    Beberapa keterampilan yang umum dimiliki oleh seorang resepsionis :

1. Komunikasi

resepsionis selalu berinteraksi dengan orang-orang baik melalui telepon, email ataupun tatap muka. Pada hari biasa, individu menjadi penghubung antara pelanggan, anggota staf dan berbagai departement. Resepsionis mencatat pesan dan sering kali menjadi perantara dalam pokok pembicaraan. Apapun yang hilang dalam menyampaikan pesan akan berdampak buruk pada resepsionis dan menimbulkan kebingungan bagi orang lain dikantor. Komunukasi yang efektif dan jelas, baik tertulis ataupun verbal merupakan keterampilan penting yang harus dimilikiseorang resepsionis.

2.Organisasi

Resepsionis yang ideal sangat terorganisir. Keterampilan ini sangat dihargai oleh rekan kerja dan siapapun yang harus berurusan dengan kantor. Seorang resepsionis yang baik dapat mengetahui nomor telepon, dokumen dan informasi lainnya dalam waktu singkat dan berupaya menciptakan ruang kerja yang bebas dari kekacauan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun