Mohon tunggu...
Imam Setiawan
Imam Setiawan Mohon Tunggu... Guru - Praktisi dan Konsultan Anak berkebutuhan Khusus

Imam Setiawan adalah seorang pria visioner yang memiliki banyak mimpi besar dan tekad yang tak tergoyahkan. Semangat pantang menyerah yang ia miliki menjadi bahan bakar utama dalam setiap langkah hidupnya. Saat ini, Imam sedang menjalani fase penting dalam hidupnya, berusaha menjadi pribadi yang lebih kuat dengan mengalahkan batasan-batasan dirinya sendiri. Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan magister dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2023, Imam membawa semangat belajarnya ke tingkat yang lebih tinggi. Di balik pencapaiannya, Imam menghadapi tantangan unik, yaitu hidup dengan disleksia dan ADHD. Namun, daripada melihatnya sebagai hambatan, Imam justru melihatnya sebagai warna yang memperkaya perjalanan hidupnya. Sebagai pendiri Rumah Pipit dan Komunitas Guru Seneng Sinau, Imam tidak hanya berbagi pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga menyebarkan inspirasi kepada para guru dan orang tua di seluruh penjuru Indonesia. Melalui proyek ambisius bertajuk “The Passion Project Disleksia Keliling Nusantara,” Imam berkomitmen untuk menjelajahi daerah-daerah pedalaman Indonesia, bertemu dengan anak-anak, guru, dan orang tua. Dalam perjalanan ini, ia berbagi ilmu dan pengalaman, dengan harapan memberikan kontribusi nyata dalam pendidikan serta memperkuat komunitas di daerah-daerah terpencil. Perjalanan ini tidak hanya menjadi sarana untuk berbagi, tetapi juga sebagai bentuk dedikasi Imam untuk membuka pintu bagi anak-anak yang ia yakini sebagai "pembuka kunci surga," mengilhami generasi muda untuk bermimpi dan berani menghadapi tantangan, tak peduli seberat apa pun itu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tantangan Disleksia dalam Program Literasi Numerasi Pemerintah

4 November 2024   18:19 Diperbarui: 4 November 2024   20:12 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tantangan Disleksia dalam Program Literasi Numerasi Pemerintah

Ketika kita berbicara tentang literasi dan numerasi, kebanyakan dari kita langsung berpikir tentang kemampuan membaca dan berhitung kemampuan dasar yang tampak sederhana. Namun, bagi sebagian anak dengan disleksia, huruf dan angka adalah tantangan yang begitu rumit dan menakutkan. Di balik mereka yang berjuang dengan disleksia, literasi dan numerasi bukan hanya soal memahami kata atau angka, tetapi tentang mencari cara untuk 'membaca' dunia dengan cara yang unik.

Pemerintah telah meluncurkan berbagai program literasi dan numerasi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia. Program ini menargetkan keterampilan dasar membaca, menulis, dan berhitung yang sangat penting bagi keberhasilan akademik dan kesejahteraan anak-anak di masa depan. Namun, seringkali, anak-anak dengan disleksia atau kesulitan belajar spesifik lainnya belum sepenuhnya mendapat perhatian yang mereka butuhkan dalam program ini.

Disleksia adalah kondisi neurobiologis yang memengaruhi keterampilan bahasa, khususnya dalam membaca, mengeja, dan menulis. Disleksia bukanlah indikasi dari kurangnya kecerdasan atau ketekunan, tetapi lebih merupakan perbedaan dalam cara otak memproses informasi bahasa. 

Penelitian yang dilakukan oleh Shaywitz (2003), seorang ahli disleksia dari Yale University, menunjukkan bahwa anak-anak dengan disleksia mengalami kesulitan pada area otak yang berhubungan dengan pengenalan fonem dan visualisasi kata. Ini membuat aktivitas seperti membaca terlihat lebih rumit, seolah huruf-huruf di depan mata mereka "menari" atau "berputar-putar."

Dalam konteks literasi numerasi, tantangan semakin meningkat. Program literasi berfokus pada kemampuan membaca dan menulis, sedangkan numerasi menitikberatkan pada kemampuan memahami angka dan konsep matematika dasar. Tetapi bagi anak-anak dengan disleksia, masalah dalam pengenalan pola huruf dan angka berarti bahwa upaya literasi dan numerasi ini perlu didekati dengan cara yang berbeda.

Anak dengan disleksia tidak hanya mengalami kesulitan dalam membaca tetapi juga dalam memahami angka. Penelitian yang dilakukan oleh Butterworth et al. (2011) menunjukkan bahwa anak-anak dengan disleksia memiliki kesulitan dalam memahami angka, seolah angka-angka tersebut adalah 'bahasa asing.' 

Anak-anak ini sering kesulitan dalam mengenali simbol angka, menghitung, atau memahami operasi matematika dasar. Mereka mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk mengolah informasi numerik, karena otak mereka memproses angka dengan cara yang berbeda.

Program literasi dan numerasi pemerintah, sayangnya, sering kali belum sepenuhnya menyesuaikan metode pengajarannya untuk anak-anak dengan disleksia. Pada titik ini, dukungan dari pemerintah dan para pendidik sangat dibutuhkan agar mereka tidak hanya berfokus pada hasil angka atau kata yang dihafalkan, tetapi lebih kepada pendekatan yang mendukung perkembangan cara berpikir dan memahami unik setiap anak.

Dalam rangka memaksimalkan potensi program literasi dan numerasi bagi anak-anak dengan disleksia, pelatihan bagi para guru adalah langkah yang sangat penting. Shaywitz (2003) menggarisbawahi pentingnya metode pengajaran multisensori, yang melibatkan penggunaan penglihatan, pendengaran, dan gerakan tangan dalam proses pembelajaran. Pendekatan multisensori terbukti dapat membantu anak-anak dengan disleksia dalam memahami pola kata dan angka.

Guru perlu dilatih untuk menerapkan pendekatan ini, bukan hanya menuntut siswa menghafal, tetapi dengan mendukung pemahaman mereka melalui metode yang lebih bermakna. Program literasi dan numerasi seharusnya tidak hanya berorientasi pada angka atau skor, tetapi lebih kepada bagaimana mengembangkan rasa percaya diri dan kemampuan siswa dalam memahami dunia di sekitar mereka.

Tidak hanya di sekolah, keluarga dan masyarakat juga memainkan peran penting. Pemahaman yang mendalam tentang disleksia dapat membantu orang tua dan masyarakat menyadari bahwa kesulitan anak mereka bukan karena kurang berusaha atau malas, tetapi karena adanya perbedaan dalam cara mereka memproses informasi. Edukasi yang baik tentang disleksia di kalangan masyarakat dapat membantu mematahkan stigma yang sering kali membuat anak-anak ini merasa terisolasi dan rendah diri.

Dalam literatur yang diterbitkan oleh Orton Dyslexia Society (2018), dukungan keluarga dan masyarakat sangat mempengaruhi keberhasilan anak-anak dengan disleksia. Memberikan mereka ruang untuk berkembang sesuai dengan cara belajar yang berbeda akan sangat berdampak positif terhadap peningkatan literasi dan numerasi mereka.

Program literasi dan numerasi pemerintah tentunya merupakan langkah yang baik, tetapi harus ditingkatkan dengan pemahaman dan pendekatan yang inklusif bagi anak-anak dengan disleksia. Di sinilah pendidikan inklusif, pelatihan guru, serta dukungan keluarga dan masyarakat menjadi elemen penting.

Anak-anak dengan disleksia mengajarkan kita bahwa memahami dunia bukan hanya soal angka atau huruf yang rapi di atas kertas. Mereka memiliki cara unik untuk memahami dan mengeksplorasi dunia yang tidak selalu bisa diukur dengan angka atau skor. Menggugah empati dan kesadaran kita akan kebutuhan khusus mereka bukan hanya akan meningkatkan literasi dan numerasi, tetapi juga akan membangun masyarakat yang lebih inklusif dan memahami potensi di balik setiap perbedaan.

Dengan dukungan yang tepat, kita bisa membuat huruf dan angka yang 'menari' menjadi lebih mudah dipahami, membantu setiap anak memahami dan mencintai literasi, apa pun tantangan yang mereka hadapi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun