Mohon tunggu...
Imam Setiawan
Imam Setiawan Mohon Tunggu... Guru - Praktisi dan Konsultan Anak berkebutuhan Khusus

Imam Setiawan adalah seorang pria visioner yang memiliki banyak mimpi besar dan tekad yang tak tergoyahkan. Semangat pantang menyerah yang ia miliki menjadi bahan bakar utama dalam setiap langkah hidupnya. Saat ini, Imam sedang menjalani fase penting dalam hidupnya, berusaha menjadi pribadi yang lebih kuat dengan mengalahkan batasan-batasan dirinya sendiri. Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan magister dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2023, Imam membawa semangat belajarnya ke tingkat yang lebih tinggi. Di balik pencapaiannya, Imam menghadapi tantangan unik, yaitu hidup dengan disleksia dan ADHD. Namun, daripada melihatnya sebagai hambatan, Imam justru melihatnya sebagai warna yang memperkaya perjalanan hidupnya. Sebagai pendiri Rumah Pipit dan Komunitas Guru Seneng Sinau, Imam tidak hanya berbagi pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga menyebarkan inspirasi kepada para guru dan orang tua di seluruh penjuru Indonesia. Melalui proyek ambisius bertajuk “The Passion Project Disleksia Keliling Nusantara,” Imam berkomitmen untuk menjelajahi daerah-daerah pedalaman Indonesia, bertemu dengan anak-anak, guru, dan orang tua. Dalam perjalanan ini, ia berbagi ilmu dan pengalaman, dengan harapan memberikan kontribusi nyata dalam pendidikan serta memperkuat komunitas di daerah-daerah terpencil. Perjalanan ini tidak hanya menjadi sarana untuk berbagi, tetapi juga sebagai bentuk dedikasi Imam untuk membuka pintu bagi anak-anak yang ia yakini sebagai "pembuka kunci surga," mengilhami generasi muda untuk bermimpi dan berani menghadapi tantangan, tak peduli seberat apa pun itu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Disleksia dan Time Management: Sebuah Perjalanan Melawan Waktu

20 Oktober 2024   19:28 Diperbarui: 20 Oktober 2024   19:52 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Disleksia dan Time Management: Sebuah Perjalanan Melawan Waktu

 

Waktu adalah sesuatu yang tak bisa diulang, dan bagi orang dengan disleksia, manajemen waktu bisa menjadi tantangan yang tampaknya sulit ditaklukkan. Dari pengalaman saya sendiri, sebagai seorang yang tumbuh dengan disleksia dan ADHD, waktu adalah musuh yang sering terasa begitu cepat berlalu, sementara saya masih bergulat dengan tugas-tugas yang belum selesai. Dalam perjalanan saya sebagai pelajar, pekerja, dan juga penggerak program "Disleksia Keliling Nusantara," kemampuan untuk mengelola waktu menjadi salah satu hal yang paling krusial dan sekaligus paling sulit dikuasai.

Di bangku sekolah, waktu selalu terasa seperti penjara. Guru memberikan tugas, memberikan batas waktu yang seakan-akan sederhana untuk teman-teman saya, tetapi bagi saya, jam dinding seolah berdetak lebih cepat saat saya kesulitan membaca atau menulis dengan lancar. Saya kerap tertinggal dari teman-teman dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, merasa tertekan ketika ujian berlangsung karena huruf-huruf di halaman tampak seperti menari-nari, membuat saya bingung dan frustrasi. Setiap detik yang berlalu hanya mempertegas ketidakmampuan saya untuk "mengikuti arus."

Namun, saya selalu ingat nasihat ayah yang tidak pernah lelah membantu saya belajar di rumah. Beliau mengatakan, "Waktu memang tidak menunggumu, tapi kamu bisa belajar untuk mengendalikannya." Kata-kata itu terpatri dalam hati saya. Dengan dukungan orang tua dan terapi yang saya jalani, saya mulai menemukan cara untuk memecah tugas besar menjadi langkah-langkah kecil dan menetapkan prioritas. Salah satu strategi yang saya temukan bermanfaat adalah menggunakan pengingat visual, seperti daftar tugas dengan warna-warna berbeda, yang membuat saya lebih mudah memahami apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Saat saya beralih ke dunia kerja, tantangan manajemen waktu tidak berkurang, malah semakin kompleks. Deadline pekerjaan sering kali membuat saya merasa terjebak dalam pusaran yang tak ada ujungnya. Ada begitu banyak dokumen yang harus dibaca, dipahami, dan direspons hal-hal yang bagi orang lain tampak sederhana, tetapi bagi saya seperti berjalan di atas pasir hisap. Rasanya, semakin keras saya berusaha, semakin saya tenggelam dalam tumpukan pekerjaan.

Namun, dari pengalaman saya belajar mengelola waktu di sekolah, saya tahu bahwa solusi yang saya temukan sebelumnya masih relevan. Saya mulai memetakan pekerjaan saya menggunakan aplikasi manajemen tugas yang terstruktur, membagi pekerjaan menjadi bagian-bagian yang lebih mudah diakses, dan yang terpenting, tidak ragu untuk meminta bantuan ketika saya merasa kewalahan. Ternyata, komunikasi terbuka dengan rekan kerja menjadi salah satu kunci penting dalam mengatasi tekanan waktu. Saya belajar untuk jujur tentang kesulitan saya dan tidak lagi merasa malu ketika butuh lebih banyak waktu untuk memahami sesuatu.

Pada suatu kesempatan, saya menjalankan program "Disleksia Keliling Nusantara," sebuah program yang sangat dekat di hati saya karena memberikan kesempatan untuk membantu anak-anak dengan disleksia di berbagai pelosok Indonesia. Waktu itu saya memiliki jadwal untuk terbang ke Kalimantan guna memberikan pelatihan kepada para guru dan orang tua. Namun, sayangnya, masalah manajemen waktu saya muncul lagi. Saya lupa memeriksa jadwal penerbangan dengan benar dan kehilangan banyak waktu hanya untuk bersiap-siap. Akibatnya, saya ketinggalan pesawat.

Perasaan saat itu campur aduk frustrasi, malu, dan kecewa pada diri sendiri. Tapi, momen itu memberi saya pelajaran penting. Saya sadar bahwa, meskipun sudah mencoba mengatur waktu sebaik mungkin, saya masih bisa terjebak oleh sifat dasar disleksia saya yang sering membuat saya kehilangan fokus atau terlambat. Namun, saya tidak membiarkan hal itu menghentikan saya. Solusi yang saya ambil adalah tetap tenang dan mencari penerbangan berikutnya. Saya juga belajar untuk mengantisipasi situasi seperti ini dengan membuat jadwal lebih terstruktur, meninggalkan lebih banyak 'ruang' dalam perencanaan waktu saya.

Ketika akhirnya saya sampai di Kalimantan, kejadian ini menjadi bahan cerita saya kepada para guru dan orang tua dalam sesi pelatihan. Saya menjelaskan bahwa anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti disleksia membutuhkan strategi manajemen waktu yang berbeda. Mereka perlu diajarkan bagaimana membagi tugas mereka menjadi bagian-bagian kecil, membuat daftar prioritas, dan menggunakan bantuan visual atau alat bantu pengingat untuk menghindari ketertinggalan. Yang paling penting, mereka perlu didukung untuk tetap tenang ketika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana karena terkadang, kita memang akan mengalami kesalahan, dan itu tidak apa-apa.

Dari pengalaman pribadi saya, saya mulai mengembangkan solusi yang juga saya bagikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus, guru, dan orang tua:

  • Visualisasi Waktu: Menggunakan kalender atau jadwal visual dengan warna-warna berbeda membantu anak-anak melihat tugas-tugas mereka dengan lebih jelas. Ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa yang memiliki masalah serupa.
  • Pecah Tugas Menjadi Langkah Kecil: Anak-anak dengan disleksia sering kali kewalahan dengan tugas besar. Mengajari mereka memecah tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dapat membantu mereka lebih mudah mengelola waktu.
  • Gunakan Teknologi: Aplikasi pengingat, alarm, dan timer adalah alat bantu yang sangat efektif untuk mengingatkan anak-anak (dan orang dewasa) tentang apa yang harus dilakukan dan kapan.
  • Tetapkan Prioritas: Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus diajarkan kepada anak-anak dengan disleksia. Tugas mana yang harus diselesaikan lebih dulu, dan mana yang bisa ditunda? Guru dan orang tua perlu membantu anak-anak dalam proses ini.
  • Berikan Ruang untuk Kesalahan: Baik anak-anak maupun orang dewasa dengan disleksia perlu diberi ruang untuk membuat kesalahan. Bukan hukuman yang dibutuhkan ketika mereka gagal mengelola waktu, melainkan dukungan dan solusi yang konkret.

Mengelola waktu bagi orang dengan disleksia bukanlah tugas yang mudah. Dari pengalaman saya di masa sekolah, dunia kerja, hingga menjalankan program "Disleksia Keliling Nusantara," saya menyadari bahwa manajemen waktu adalah keterampilan yang terus berkembang. Setiap kali kita membuat kesalahan, itu adalah peluang untuk belajar. Dan bagi anak-anak dengan disleksia, guru dan orang tua adalah pendamping penting dalam proses mereka mengembangkan keterampilan ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun