Pengertian kerja sama
Bentuk kerjasama yang terdiri dari beberapa sumber daya manusia dari beberapa perbedaan latar belakang, namun memiliki kedudukan yang sama dan aktif dalam suautu organisasi atau perusahaan untuk menjalankan suatu komitmen secara besama agar bisa mencapai tujuan yang sama pula. Tujuan bersama itulah yang menjadi dasar bagi perusahaan atau instansi untuk membentuk teamwork yang solid. Pencapaian tujuan bersama tersebut tentu membutuhkan kemampuan atau skill masing-masing anggota yang berbeda.
 Dalam satu teamwork masing-masing anggota memiliki kemampuan yang berbeda, Dari kekurangan masing-maing anggota tersebut menjadikan sebuah team yang kuat dengan berbagai karakter dan kemampuan yang berbeda. Sekalipun masing-masing anggota memiliki kemampuan yang berbeda namun mereka memiliki tujuan yang sama untuk perusahaan.
Tujuan bersama yang dicapai
Tujuan bersama bisa dicapai bila objek dan target sudah ditetapkan oleh teamwork yang terbentuk. Jika objek dan target belum diketahui maka pencapaian tujuan bersama tersebut tentu sangat sulit didapatkan. Dalam pencapaian tujuan bersama tidak semua hal bisa berjalan dengan mulus, hal ini karena masing-masing anggota memiliki pemikiran yang berbeda namun perbedaan tersebut akan dilebur menjadi satu sebagai pencapaian tujuan bersama. Â Sebagai bentuk dari pencapaian tujuan bersama maka ada beberapa langkah dan ide bersama harus direalisasikan secara bersamaan. Suatu teamwork yang baik yang memiliki skill yang baik akan membuat langkah-langkah nyata yang efektif dan efisien untuk pencapaian tujuan bersama.
Sebuah kerja sama yang baik memiliki kerja seperti berikut:
1. Adanya pemahaman yang sama
2. Adanya keselarasan bersama
3. Adanya komitmen dalam bekerja yang disetujui bersama
4. Menyatukan langkah agar tujuan bersama dapat dicapai
Berikut beberapa hambatan dalam kerja sama:
1. kesalah pahaman pendapat
2. Ketidak cocokan komitmen
3. Kurangnya kesadaran team untuk membentuk team yang solid
4. Adanya campur tangan pihak
5. Pimpinan team yang tidak selaras
6. Keputusan yang memberatkan
7. Pembagian tugas anggota yang tidak adil
8. Anggota team yang egois
Cara mengatasi hambatan dalam kerja sama
1. Pemetaan permasalahan
Proses mengindentifikasi masalah yang timbul dan ditulis pada selembar kertas point demi point permasalahan yang timbul. Pemetakan masalah ini memudahkan langkah selanjutnya untuk pemecahan masalah baik masalah yang besar maupun masalah yang ringan.
2. Penggolongan masalah
Ada baiknya untuk menggolongkan masalah berdasarkan tingkat penyelesaiannya agar bisa segera diatasi dengan mudah dan cepat. Penggolongan masalah ini bisa sesuaikan dengan besar kecilnya masalah yang dihadapi.
3. Analisa permasalahan
Analisa permasalah ini bertujuan untuk memudahkan tema dalam penyelesaian masing-masing masalah dengan efektif dan efisien. Setelah penggolongan masalah dibuat maka langkah selanjutnya adalah menanalisa permasalahan yang dihadapai secara bersama-sama.
4. Implikasi dalam manajeral
Cara untuk meningkatkan efektifitas Teamwork agar bisa menjadi Teamwork yang baik antara divisi maupun bagian dalam perusahaan untuk kemajuan perusahaan.
Jenis - jenis kerja sama:
1. Adanya tawar menawar atau bargain
2. Koalisi
3. Cooptation
4. Joint Venture
5. Kerja sama bilateral
7. Gotong royong
8. Kerja sama multilateral
Manfaat dari kerja sama
Dalam melakukan suatu kegiatan tentu akan diikuti dengan adanya timbal balik yang diberikan. Timbal balik tersebut bisa bersifat negatif ataupun positif. Dalam melakukan suatu kegiatan secara bersama-sama tentu juga memiliki timbal balik ataupun juga manfaat bagi orang atau kelompok melakukan kegiatan ini. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut.
1. Dapat memicu munculnya semangat kesatuan dan persatuan dalam diri seseorang
2. Mempererat ikatan bagi orang ataupun kelompok yang melakukan kegiatan ini
3. Dengan melakukan hal bersama-sama suatu kegiatan dapat menjadi lebih ringan
4. Menyelesaikan suatu kegiatan dengan bersama-sama akan membuat pekerjaan menjadi cepat selesai
Tahapan pembentukan kerja sama
Pasti ada sebab kenapa kerja sama dibentuk dan untuk apa. Kerja sama memiliki tahapan tahapan yang telah direncanakan bersama maka dari itu kerja sama dibuat dengan adanya alasan, tujuan, dan pembentukan yang jelas. Berikut adalah tahap tahap pembentukan kerja sama:
- Forming
- Informing
- Storming
- Norming
- Transforming
- Adjouring
Kesimpulan
Teamwork terbentuk dari beberapa orang yang memiliki kepribadian berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Kekuatan teamwork bisa dipupuk secara berkelanjutan agar proses pencapaian tujuan bisa cepat terlaksana. Semua anggota atau team memiliki tanggung wajab dan hak yang sama dalam team tersebut. Â
Semoga bermanfaat
Salam,
Ilham Fabian Effendi
Malang, 08-11-2020
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H