Mohon tunggu...
IKIN ASIKIN SPd
IKIN ASIKIN SPd Mohon Tunggu... Guru - Guru

Lahir di Kuningan, 12 Oktober 1982. Menyelesaikan pendidikan di SD Negeri Cilayung pada tahun 1995, SLTP Negeri 1 Ciwaru tahun 1998, SMU Negeri 1 Ciwaru tahun 2001, dan Universitas Muhammadiyah Cirebon Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Matematika lulus tahun 2012. Aktivitas sehari-hari sebagai tenaga pendidik di SD Negeri 3 Karangkancana dari tahun 2007 sampai dengan sekarang. Hobi saya menulis dan menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP Pembelajaran Berdiferensiasi Moda Luring

16 Februari 2023   18:59 Diperbarui: 16 Februari 2023   19:03 2414
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Pembelajaran Berdiferensiasi Moda Luring

Satuan Pendidikan :  SD Negeri 3 Karangkancana

Kelas / Semester :  VI (Enam) / 2

Tema 7 :  Kepemimpinan

Sub Tema 3 :  Ayo Memimpin

Pembelajaran :  1

Alokasi Waktu :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

Hari/Tanggal :  .......................................................

A. Tujuan Pembelajaran

  • Melalui kegiatan mengamati, murid mampu mengidentifikasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada bacaan tentang kepemimpinan dengan tepat.
  • Murid mampu merancang teks pidato persuasif tentang bermusyawarah dengan kriteria tertentu setelah membaca contoh teks pidato dengan tepat.
  • Murid mampu membacakan rancangan teks pidato di depan teman setelah membuat rancangannya sesuai dengan kriteria dengan percaya diri.

Analisis Kebutuhan Belajar Murid

1.  Kesiapan Belajar Murid

Pertanyaan pemandu:

1) Apa yang kamu ketahui tentang kepemimpinan?

2) Apa yang kamu ketahui tentang pidato?

  • Murid memiliki pemahaman awal yang baik tentang kepemimpinan dan pidato.
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..
  • Murid memiliki pemahaman awal yang cukup tentang kepemimpinan dan pidato.
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..
  • Murid memiliki pemahaman awal yang kurang tentang kepemimpinan dan pidato.
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..

2.    Minat Belajar Murid

Pertanyaan pemandu:

1) Bagaimana perasaan kamu untuk memahami materi kepemimpinan?

2) Apakah kamu tertarik untuk memahami materi pidato?

  • Murid memiliki minat yang baik untuk memahami kepemimpinan dan pidato.
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..
  • Murid memiliki minat yang cukup untuk memahami kepemimpinan dan pidato.
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..
  • Murid memiliki minat yang kurang untuk memahami kepemimpinan dan pidato.
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..

3.    Profil Belajar Murid

Pertanyaan pemandu:

1) Gaya belajar apakah yang kamu sukai?

  • Visual/Belajar dengan melihat (misalnya melalui materi yang berupa gambar, diagram, power point, catatan, peta konsep, graphic organizer, dll.).
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..
  • Auditori/Belajar dengan mendengar (misalnya mendengarkan penjelasan guru, membaca dengan keras, mendengarkan pendapat saat berdiskusi, mendengarkan musik, dll.).
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..
  • Kinestetik/Belajar sambil melakukan (sambil bergerak, melakukan kegiatan, bermain peran, dll.).
  • Nama Murid: ……………………………………………………………………..

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi

1. Diferensiasi Konten (Materi yang diajarkan kepada murid)

  • Menyiapkan berbagai sumber bacaan tentang kepemimpinan dan pidato.
  • Menyiapkan contoh pidato dalam bentuk audio atau audio visual.
  • Menyiapkan perangkat pendukung lainnya untuk memperagakan pidato.

2. Diferensiasi Proses (Murid memahami atau memaknai informasi atau materi yang dipelajari)

  • Membimbing semua murid bekerja membangun pemahaman dan keterampilan yang sama tetapi dilakukan dengan berbagai tingkat dukungan, tantangan, atau kompleksitas yang berbeda-beda.
  • Menyediakan pertanyaan pemandu atau tantangan untuk merangsang pemahaman murid.
  • Membimbing murid untuk berkolaborasi/kerja kelompok sesuai kesiapan dan minat belajarnya.
  • Mengembangkan kegiatan bervariasi, mengakomidir gaya belajar baik yang visual, audio visual, dan kinestetik.

3. Diferensiasi Proses (Tagihan/hasil yang dikerjakan murid setelah proses pembelajaran)

  • Memberikan murid pilihan bagaimana mengekspresikan hasil pembelajaran yang mereka inginkan. Dapat berupa tulisan/teks, presentasi, diskusi, unjuk kerja, dll., yang mencerminkan pemahaman murid dari tujuan pembelajaran yang diharapkan.
  • Memberikan tantangan kepada murid untuk memvariasikan hasil pembelajarannya.

 

B. Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

1) Pembukaan (10 menit)

  • Kegiatan pembelajaran dimulai dengan salam pembuka, ice breaking, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran murid.
  • Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang peserta didik. Murid yang diminta membaca do’a adalah murid yang hari ini datang paling awal.
  • Bersama-sama menyanyikan lagu Tanah Air atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme dan Cinta Tanah Air.

2) Appersepsi

  • Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman murid dengan materi sebelumnya.
  • Murid dengan bimbingan guru mengingat kembali materi prasyarat.
  • Guru mengajukan pertanyaan pendahuluan: Pemimpin yang dijadikan idola.
  • Murid mendapat informasi dari guru mengenai tujuan pembelajaran.

3) Motivasi

  • Murid diingatkan untuk belajar menjadi pemimpin untuk diri sendiri.

2. Kegiatan Inti (185 menit)

1) Diferensiasi konten

  • Guru   menunjukkan  teks/bacaan, memperlihatkan gambar, menayangkan   video tentang kepemimpinan dan pidato.
  • Murid mengamati penjelasan tentang tentang kepemimpinan dan pidato sesuai dengan minat dan gaya belajarnya.
  • Murid menyimak penguatan yang diberikan guru.

2) Diferensiasi Proses

Ayo Menulis

  • Murid membaca teks “Semut dan Belalang”.
  • Murid menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
  • Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
  • Bagaimana cara Semut bekerja?
  • Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?
  • Murid menuliskan jawaban pada diagram yang tersedia.

Ayo Mengamati

  • Murid mengisi diagram yang tersedia untuk menulis tentang kelebihan dan kekurangan dirinya, serta menuliskan hal yang akan ia lakukan setelah mengetahui kedua hal tersebut. Setiap kotak diisi dengan paling sedikit 4 poin.
  • Murid menyampaikan hasil tulisannya kepada seluruh murid di depan kelas, atau kepada seorang temannya.

Ayo Berdiskusi

  • Guru mengelompokan murid 3-4 orang berdasarkan kemampuan yang berbeda-beda.
  • Murid mengidentifikasi bahwa bekerja sama dan gotong-royong adalah salah satu pengamalan nilai persatuan dan kesatuan.
  • Murid mencatat beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolah pada tabel yang disediakan dan membandingkan hasilnya dengan teman-temannya.
  • Murid melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber) untuk bahan diskusi kelompok
  • Guru memantau keterlibatan murid dalam pengumpulan data/bahan selama proses diskusi untuk menemukan jawabannya.
  • Guru membantu diskusi dan membimbing pembuatan laporan sehingga karya setiap kelompok siap untuk dipresentasikan.
  • Setiap kelompok menyajikan/mempresentasikan hasil temuan kelompoknya dihadapan kelompok yang lain secara bergantian dan saling memberikan apresiasi.
  • Guru mendorong tiap kelompok memberikan penghargaan serta masukan kepada kelompok lain.
  • Setiap kelompok merangkum/membuat kesimpulan sesuai dengan masukan yang diperoleh dari kelompok lain.
  • Guru memberikan penguatan bahwa gotong royong dan semangat kekeluargaan merupakan pengamalan nilai-nilai keadilan sosial. Apakah kamu sudah melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari?

Ayo Membaca

  • Guru menugaskan murid untuk membaca dalam hati teks "Sejahtera Bersama Koperasi" serta memahami maknanya.
  • Murid membaca isi pidato Pak Badru sekali lagi, kemudian menuliskan pesan-pesan yang ia ketahui. murid menulisnya pada kotak yang tersedia.
  • Murid mengetahui bahwa isi teks tentang koperasi dan kepemimpinan Pak Badru. Koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi yang bisa menyejahterakan anggotanya.

3) Diferensiasi Produk

  • Guru menugaskan murid untuk berlatih merancang teks pidato dengan mengingat kembali teks pidato Pak Badru sesuai dengan kemampuannya.
  • Guru mengingatkan kepada murid tentang struktur teks pidato, dan menyampaikan topik pidato yaitu ‘Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama’.
  • Murid menyampaikan rancangan teks pidatonya kepada seorang teman, untuk dikomentari atau diberi saran perbaikan. 
  • Murid memperbaiki teks pidato dan dapat berlatih membacakan teks tersebut.
  • Murid membacakan teks pidatonya di depan kelas, dan teman-temannya menjadi pendengar.
  • Setiap murid memberikan tanggapan dan umpan balik isi pidato yang dibacakan temannya.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)

  • Guru bersama murid membuat rangkuman hasil belajar yang telah berlangsung.
  • Guru bersama-sama murid melakukan jawab tentang materi yang telah dipelajari.
  • Guru memberi kesempatan kepada murid untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (Refleksi)
  • Guru menugaskan murid untuk melaksanakan kegiatan bersama orangtua yaitu: Menemukan contoh kepemimpinan, gotong royong dan musyawarah di lingkungan sekitar tempat tinggal.
  • Guru menyampaikan materi pelajaran untuk pertemuan berikutnya.
  • Guru bersama murid menyanyikan salah satu lagu daerah.
  • Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengajak semua murid berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.

C. PENILAIAN 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi murid. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun