Mohon tunggu...
ikhsan saputra
ikhsan saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

NIM : 43222010176 Jurusan : Akuntansi Kampus : Universitas Mercu Buana Jakarta Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menjelaskan tentang Kepemimpinan, Kedisplinan, dan Manajemen Waktu

9 Oktober 2023   00:01 Diperbarui: 15 Desember 2023   09:00 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palopo/baca-artikel/16028/Pemimpin-Yang-Dinanti-Pemimpin-Yang-Menginspirasi.html

Nama : Ikhsan Saputra

Nim : 43222010176

Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Apa itu kepemimpinan? Secara umum khususnya dalam bidang manajemen, kepemimpinan  sering disebut dengan Leader Kepemimpinan mempunyai beberapa pengertian, antara lain:  

• 1. Melakukan sesuatu, yaitu memperoleh hasil melalui orang lain  

• 2. Memberikan motivasi kepada orang lain untuk mencapai hasil kerja yang diinginkan  

• 3. Kepemimpinan  adalah pengaruh, tidak lebih dan tidak kurang  

• 4. Kepemimpinan mempunyai satu kata yaitu mempengaruhi yang berarti mempengaruhi, memotivasi, mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.   

Kesimpulan:  Kepemimpinan  adalah  bagaimana mempengaruhi orang lain, bawahan atau pengikutnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan  pemimpin.

 

Apa yang dimaksud dengan model manajemen? Biasanya terdapat 3 (tiga) model manajemen dalam ilmu manajemen. Secara umum ketiga gaya kepemimpinan ini sering kita lihat dalam keseharian para manajer dalam menjalankan suatu kantor atau bisnis. Masing-masing model mempunyai warna tersendiri, ada yang lahir atas karunia Tuhan Yang Maha Esa, ada pula yang erat kaitannya dengan sifat atau watak seseorang, bahkan ada pula yang merupakan hasil belajar. Ketiga model pengelolaan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:   


1. Kepemimpinan karismatik adalah: 

 Kepemimpinan yang berasal dari rahmat Tuhan, dimana pemimpin  mempunyai kemampuan yang luar biasa, magnet yang kuat, dan tarikan emosi yang kuat dari yang dipimpin kepada pemimpinnya. Misalnya: Bung Karno, Anwar Sadat, Mahatma Gandhi. 

2. Pengelolaan transaksi adalah:  

A. Kepemimpinan  mengendalikan bawahan dengan  menggunakan kekuatan untuk mencapai hasil. 

b) Mengontrol bawahan dengan memberikan reward dan punishment. 

C. Melakukan transaksi  saling menguntungkan secara rutin dengan bawahan.  

3. Kepemimpinan transformasional adalah:  

Model kepemimpinan yang efektif  diterapkan di berbagai organisasi internasional yang mengelola hubungan antara pemimpin dan pengikut, dengan menekankan  beberapa faktor seperti perhatian, komunikasi, kepercayaan, rasa hormat  dan risiko.  

4 (empat) jenis tenaga  Seorang manajer atau pemimpin 

pada umumnya mempunyai 4 (empat) jenis kekuasaan yaitu:  


1. Dapat dipercaya, artinya karakter yang konsisten dan komitmen yang besar terhadap apa yang dikatakan dan dilakukannya. 

2. Visi adalah kemampuan  untuk menggambarkan, menjelaskan dan meyakinkan bawahan mengenai kondisi masa depan yang diinginkan dan mewujudkannya.  

3. Kekuasaan adalah  pengaruh, kendali dan kekuasaan terhadap orang  atau kelompok lain sehingga mendapat dukungan yang kuat untuk mencapai tujuannya.  

4. Rasa percaya diri adalah keyakinan untuk bertindak, yang timbul karena mengalami hal-hal yang terjadi dalam hidup. Unsur Kepemimpinan Transformasional Kepemimpinan transformasional mempunyai 8 (delapan) unsur  yang mempengaruhi pemimpin atau pemimpin dalam mencapai tujuan organisasi. Kedelapan unsur tersebut adalah:   

1. Budaya organisasi  

a) Nilai-nilai dominan yang dianut organisasi  

b) Norma yang mengatur perilaku anggota   

C. Nilai-nilai tentang apa yang harus dimiliki suatu organisasi dan apa yang harus diterapkan. Contoh budaya organisasi  Kementerian Keuangan: Kejujuran, profesionalisme, sinergi, pelayanan, kesempurnaan. Contoh budaya organisasi DJKN: Kejujuran, komitmen, keikhlasan. Contoh ekstrimnya adalah bushido yang menjadi prinsip hidup  samurai di Jepang.

2. kesempurnaan  Definisi sederhana dari integritas adalah  kejujuran dan etika yang tinggi dalam perkataan dan tindakan sehari-hari. Integritas ini mempunyai 4 tingkatan yaitu:  

a) Dapat dipercaya (layak diucapkan dan diperbuat). 

b) sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya kebenarannya. 

C. Mengikuti standar yang ada secara konsisten. 

D. Bertindak sesuai dengan aturan etika dan prinsip moral. Kemampuan untuk bertindak dengan integritas dan mematuhi prinsip-prinsip moral yang kuat adalah penting  

3. Perbaikan terus-menerus  

a) Tujuan perbaikan yang berkelanjutan (konsisten) adalah untuk memperbaiki proses kerja organisasi, untuk meningkatkan kualitas, efisiensi atau efektivitas. 

b.Manajer harus mampu memotivasi secara aktif  setiap bawahannya untuk meningkatkan hasil dan proses kerja melalui perbaikan.

C. Dapat menciptakan lingkungan yang terus meningkatkan proses kerja.

4. Pembelajaran berkelanjutan  

a) Pembelajaran berkelanjutan adalah pembelajaran untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan melalui proses pembelajaran formal dan informal. 

B. Mampu memotivasi bawahan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan profesional  

C. Orang yang terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sepanjang kehidupan kerjanya  Pemimpin ini mampu memimpin dengan memberi contoh dan mendorong orang lain untuk  terus belajar.

5. Kelola orang lain  

a) Mengarahkan dan membimbing orang lain untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi  

B. Pemimpin ini mampu secara efektif membimbing dan mengarahkan tindakan orang lain  

C. Mereka bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan dan meningkatkan kinerja melalui motivasi  

D. Pemimpin ini membiarkan bawahan  mengambil keputusan atau menyelesaikan tugas-tugas sulit bila orang yang dipimpinnya mempunyai kompetensi dan motivasi tinggi (Laissez-Faire).  

e. Mereka memiliki pelatih dan pelatih. 

6. Komunikasi interpersonal  

a) Berkomunikasi secara jelas dan efektif dengan orang-orang di dalam dan di luar organisasi  

b) Menyajikan informasi, pemikiran atau pendapat dengan jelas, singkat dan akurat serta menggunakan tata bahasa yang baik  

C. Bersikaplah terbuka dan dengarkan orang lain  

D. Mengkomunikasikan informasi  sensitif dan/atau kompleks dengan cara yang benar dan dalam kondisi yang tepat sehingga pihak lain dapat memahaminya\  

e. Komunikasikan informasi kepada pihak lain dengan cara yang menarik dan mudah dipahami  

7. Layanan Terkait  

a) Stakeholder adalah setiap kelompok  di dalam atau di luar perusahaan yang berperan dalam mendefinisikan perusahaan  

B. Layanan pemangku kepentingan mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pemangku kepentingan  dan memberikan hasil yang melebihi harapan pemangku kepentingan  

C. Orang ini cenderung  menyenangkan pemangku kepentingan sebaik mungkin dengan mengidentifikasi kebutuhan pemangku kepentingan dan memastikan bahwa pemangku kepentingan puas.  

D. Prinsip operasi: lebih baik, lebih cepat, lebih baru, lebih murah, lebih mudah

8. Manajemen bawahan

Dalam mengelola bawahan pada dasarnya terdapat 4 (empat) jenis bawahan, yaitu. berikut: tipe konstruktif, tipe impulsif, tipe rutin, tipe subversif. Penjelasan masing-masing jenis dan tips pengelolaannya adalah sebagai berikut:  

a) Jenis konstruksi bawahan  Keberanian untuk mengambil tanggung jawab, dapat diandalkan, memahami dan menafsirkan keinginan atasan, tidak hanya meniru atasan, tetapi berpikir kreatif, berpikir ke depan, ambisi dan kemampuan merespons situasi yang berbeda. TIPS: Bawahan konstruksi mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan, berikan tujuan yang ingin dicapai dan kemudian serahkan teknis pelaksanaan tugas kepada bawahan. 

B. Bawahan tipe rutin  Tingkat kemampuan intelektual dan imajinasinya lebih rendah dibandingkan tipe konstruktif, kurang  inisiatif, cenderung bingung tanpa instruksi dan arahan yang jelas, namun  dengan bimbingan yang tepat mereka dapat bekerja dengan setia dan sepenuh hati TIPS: Bawahan yang rutin dapat bekerja dengan efektif jika mereka mampu. diberikan pedoman pengajaran yang jelas, membuat saran dapat dicapai, dan kemudian memberikan instruksi dan prosedur yang jelas. Jika perlu, pada waktu yang ditargetkan.

Input sumber gambar https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palopo/baca-artikel/16028/Pemimpin-Yang-Dinanti-Pemimpin-Yang-Menginspirasi.html
Input sumber gambar https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palopo/baca-artikel/16028/Pemimpin-Yang-Dinanti-Pemimpin-Yang-Menginspirasi.html

Bagaimana dengan hakikat pengelolaan dan model pengelolaan dalam program Budaya Kerja dan Nilai Kementerian Keuangan itu sendiri? Pertanyaan di atas diperlukan untuk mengetahui sejauh mana konsep manajemen dan model manajemen diatur dalam lembaga Kementerian Keuangan, dan untuk menjawab pertanyaan tersebut kita akan melihat pada Peraturan Menteri Keuangan No.312./ KMK. 01/2011 tanggal 12 September 2011 tentang Nilai-nilai Kementerian Keuangan. 

Pertimbangannya menyatakan bahwa demi terwujudnya Kementerian Keuangan sebagai lembaga negara yang terbaik, bermutu, bernilai tinggi, dapat diandalkan, disegani/berharga, mendukung peningkatan kinerja dan menjadi landasan atau landasan yang kuat bagi lembaga, pengelola, dan seluruh pegawai. . harus mendefinisikan nilai-nilai Kementerian Keuangan yang harus dimiliki dan diterapkan oleh para manajer dan seluruh pegawai dalam tugas dan pekerjaannya sehari-hari, yaitu sebagai berikut:  

1. kesempurnaan  Integritas

meliputi pengurus dan seluruh pegawai Kementerian Keuangan berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta selalu mengikuti kaidah etika dan prinsip moral.  

2. Profesionalisme  

Profesionalisme maksudnya adalah dalam bekerja, penyelenggara Kementerian Keuangan dan seluruh pejabat melaksanakannya secara lengkap dan cermat dengan  kompetensi terbaik serta penuh tanggung jawab dan komitmen. 

3. Sinergi 

berarti penyelenggaraan dan seluruh jajaran Kementerian Keuangan berkomitmen untuk menciptakan dan menjamin kerja sama internal yang efektif dan kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan untuk menghasilkan pekerjaan yang bermanfaat dan berkualitas. 

4. Pelayanan   

Pelayanan mencakup makna yang dilakukan oleh para pengelola dan seluruh pejabat Kementerian Keuangan dalam memberikan pelayanan untuk memuaskan kelompok kepentingan, dan dilakukan dengan ikhlas, transparan, cepat, tepat dan aman.

5. Kesempurnaan   

Kesempurnaan berarti penyelenggara dan seluruh pegawai Kementerian Keuangan senantiasa berupaya melakukan  perbaikan dalam segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik.   

Selain itu, Menteri Keuangan selaku pengelola utama juga menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 127/KMK untuk memperkuat dan menyempurnakan implementasi kepemimpinan berorientasi model transformasional dan model manajemen Kementerian Keuangan. 01/2013 03.04.2013 Mengenai program kebudayaan Kementerian Keuangan, dimana sesuai peraturan Menteri Keuangan  diharapkan seluruh jenjang administrasi Kementerian Keuangan dapat melaksanakan 5 (lima) program kebudayaan di pelaksanaan administrasi sehari-hari. tanggung jawab untuk mendorong  pegawai agar mampu:  

• 1. Satu informasi per hari  

•2. Dua menit lebih cepat dari jadwal  

• 3. Tiga salam setiap hari  

• 4. Merencanakan, mengerjakan, memantau dan melacak  

• 5. Pendek, rapi, rapi, rapi, pekerja keras. 

Kesimpulan: Jika kita bandingkan dengan teori dan model manajemen manajemen yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan berdasarkan lima nilai dan program budaya Kementerian Keuangan tersebut di atas:  

1. Konsep  dan model administrasi Kementerian Keuangan yang mengedepankan 5 (lima) nilai Kementerian Keuangan dan program budaya ini jika dilihat dari  perilaku tertentu dan unsur-unsurnya ternyata sesuai. dan sejalan dengan model kepemimpinan dan manajemen yang efektif dan modern yaitu Kepemimpinan Transformasional. Oleh karena itu,  seluruh jajaran manajemen Kementerian Keuangan wajib menerapkan model kepemimpinan dan manajemen transformasional yang mencerminkan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan program budaya Kementerian Keuangan. 

2. Nilai kejujuran, artinya seorang pemimpin  harus baik dan benar dalam berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak, serta selalu mengikuti kode etik dan prinsip moral sesuai dengan unsur tertentu perilaku amanah dan kejujuran. 

3. Nilai profesionalisme, artinya dalam bekerjanya perantara harus melakukannya secara teliti dan cermat, dilandasi oleh ilmu yang terbaik dan penuh tanggung jawab serta komitmen yang tinggi, juga sesuai dengan prinsip perilaku yang dapat diandalkan dan jujur.

4. Sinergi, yang berarti penyelenggaraan Kementerian Keuangan dan seluruh pejabat berkomitmen untuk menciptakan dan menjamin hubungan kerja sama internal yang efektif dan kemitraan yang harmonis dengan  pemangku kepentingan untuk menghasilkan pekerjaan yang bermanfaat dan berkualitas, sesuai dengan perilaku tertentu. Komunikasi dan unsur komunikasi interpersonal. 

5. Nilai  pelayanan, artinya pengelola dan seluruh pejabat Kementerian Keuangan memuaskan kelompok kepentingan dengan pelayanan, dan hal ini dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman, sesuai dengan perilaku bantalan tertentu dan unsur kelompok kepentingan melayani

6. Nilai kesempurnaan, yang memenuhi makna Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik ini selaras dengan perilaku spesifik creations oppurtunities dan unsur continuous improvement.

7. Demikian pula dengan terlaksananya 5 (lima) program budaya di lingkungan Kemenkeu tersebut diatas, diharapkan Kepemimpinan & Model Kepemimpinan yang diterapkan oleh para pimpinan di lingkungan Kemenkeu benar-benar sempurna membuktikan adanya 4(empat) perilaku spesifik dan 8 (delapan) unsur sebagaimana yang ada pada Kepemimpinan Transformasional,

DISIPLIN

Sikap disiplin merupakan rasa ketaatan dan ketaatan terhadap nilai-nilai yang diyakini dan menjadi tanggung jawab seseorang. Dengan kata lain, disiplin adalah suatu pengertian akan peraturan atau pengawasan dan pengendalian. Disiplin adalah upaya untuk memberikan suatu objek rasa nilai atau obsesi untuk mengikuti aturan.   

semua orang dapat memiliki sikap disiplin, seperti disiplin waktu, disiplin ilmu, dan lain-lain. Dalam praktiknya, kedisiplinan sangat diperlukan dalam segala aktivitas kita, mulai dari sekolah, masyarakat, pekerjaan, bahkan diri kita sendiri.    

Disiplin selalu menjadi sikap yang benar dalam berjanji agar orang lain percaya, karena modal bisnisnya adalah mendapatkan kepercayaan orang lain. Oleh karena itu, kedisiplinan harus dipelajari dan diterapkan sejak kecil. Maka mulailah mendisiplinkan  anak Anda sejak dini, karena kebiasaan disiplin tersebut akan terbawa hingga dewasa.   

Berdasarkan sikap dasar ini Apakah anda benar-benar mengetahui dan memahami disiplin tersebut? Berikut ikhtisar tentang apa yang perlu Anda ketahui tentang disiplin ini. disiplin berasan dari kata "disiplin" . Artinya “pendidikan untuk pengembangan harkat, kerohanian, dan kepribadian manusia”. Disiplin dinyatakan sebagai upaya untuk memperbaiki perilaku seseorang agar mengikuti prinsip dan  mengikuti aturan atau standar yang selalu berlaku. Saat ini, kata disiplin telah mengembangkan maknanya dalam banyak hal. Pertama, disiplin mengacu pada peraturan (undang-undang) atau pengendalian dan pengawasan.   

Kedua bidang ini merupakan latihan yang bertujuan untuk mengembangkan perilaku teratur. Guru merupakan pendidik profesional yang tugas utamanya melatih dan menilai peserta didik.  Dalam prakteknya, disiplin dapat diterapkan dengan cara yang berbeda-beda dalam  bentuk yang berbeda-beda, seperti disiplin temporal, disiplin ilmu dan jenis lainnya, seperti:   

1. Disiplin waktu  

Disiplin waktu artinya seseorang mengetahui cara menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Waktu sangatlah berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah memanfaatkannya dengan baik. Kita semua tahu bahwa hidup adalah tentang manajemen waktu. Oleh karena itu, waktu erat kaitannya dengan  melakukan berbagai hal.   

2. Disiplin ilmu  

Disiplin ilmu berarti terpenuhinya segala syarat yang ditetapkan bagi seorang ilmuwan, apabila ilmuwan tersebut mempunyai disiplin dan prinsip untuk berbuat kebaikan dan memberi manfaat bagi orang banyak. Hal ini memungkinkan para ilmuwan untuk mengikuti aturan etika (rules) ketika membuat kesimpulan atau membuat kebenaran berdasarkan sains atau pengetahuan.   

3. Disiplin pribadi  

Disiplin pribadi menawarkan orientasi diri menuju tujuan yang diinginkan melalui latihan dan pengembangan. Disiplin pribadi adalah kemauan untuk disiplin.   

4. Disiplin sosial  

Disiplin sosial merupakan wujud disiplin pribadi yang dikembangkan melalui komitmen pribadi dalam diri individu. Kehidupan sosial adalah inti dari seseorang. Orang mempunyai latar belakang yang berbeda bila diukur dalam konteks budaya. 

5. Disiplin nasional  

Disiplin nasional adalah kemampuan dan kemauan berorganisasi untuk menaati segala peraturan yang ditetapkan negara. Oleh karena itu, keberadaan masyarakat yang disiplin  mampu mewujudkan cita-cita suatu bangsa.   

TUJUAN DISIPLIN

 

Gaustad (1992) mengemukakan bahwa disiplin memiliki dua tujuan. Dengan kata lain berarti memberikan kenyamanan kepada orang tersebut dan menciptakan lingkungan belajar yang mudah. Subaru (1994) berpendapat bahwa tujuan disiplin adalah mengikuti aturan melalui observasi diri dengan  menciptakan aturan. 

Di samping   Durkheim (1995), pendisiplin mempunyai dua tujuan. Ini berarti bahwa aturan-aturan khusus tentang perilaku manusia dikembangkan, tujuan-tujuan khusus ditetapkan, dan pada saat yang sama ruang lingkupnya dibatasi. Yahya (1992) berpendapat bahwa tujuan dari disiplin ini adalah untuk mengembangkan perbaikan diri dan pengendalian diri tanpa campur tangan atau kendali eksternal.   

Disiplin merupakan praktik internal yang mengambil bentuk tindakan yang dirancang untuk membuat orang mengikuti aturan. Disiplin ini diharapkan dapat mengajarkan siswa untuk menaati peraturan sekolah, memperlancar proses belajar mengajar, dan memperlancar tercapainya tujuan pendidikan.  Contoh sikap disiplin :

1. Disiplin di rumah  

  • Pergi tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu  
  • membantu orang tua  Setelah bermain, simpan mainannya dan bersihkan kembali  Belajar  
  • mengerjakan pekerjaan rumah  
  • Makan secara teratur  
  • Bersihkan tempat tidur dan kamar mandi   
  • Jaga kebersihan rumah  
  • Membersihkan buku setelah selesai  

2. Disiplin di jalan raya  

  • Jangan menyerobot lampu merah  
  •  Ikuti rambu-rambu jalan  
  • Bawalah dokumen kendaraan lengkap   

3. Disiplin di sekolah  

  • Pergi ke sekolah tepat waktu  
  • Menerapkan jadwal piket  
  • Buang sampahnya  D
  • uduklah dengan baik dan benar   
  • Izin sebelum meninggalkan kelas  
  • didalam kelas tidak berisik   

4. Disiplin dalam masyarakat  

  • Jaga kebersihan lingkungan  
  • Amankan rumah dan lingkungan Anda  
  • Buang sampahnya pada tempatnya
  • Jangan ganggu tetangga

 

CARA MELAKSANAKAN DISIPLIN TERHADAP DIRI SENDIRI

1. Berniat 

Dimulai dengan sengaja. Untuk menjadi orang sukses, kita harus memahami bahwa untuk melakukan apa yang kita perlukan disiplin. Yang penting niatnya ikhlas dan kuat. 

2. Jangan anggap remeh apa pun 

Jangan menganggap remeh apa pun, bahkan hal terkecil sekalipun. Ibaratkan saja semuanya itu penting. Lebih penting lagi, disiplin terlihat dengan sendirinya. Namun, banyak yang malas mempraktikkan suatu hal dan menganggapnya sebagai angin sepoi-sepoi yang berlalu begitu saja dan asal-asalan. 

3. Pikiran dan kesadaran diri 

Coba pikirkan apa yang telah dilakukan Grameds sejauh ini. Pikirkan lagi jika loyalitas Gramed terhadap disiplin sudah tinggi, dengan kata lain mereka agak sadar akan masalahnya. Ingatlah bagaimana kita selalu menggunakan disiplin dengan cara yang berbeda. Jika para Gramed merasa ini sudah cukup, mereka bisa meningkatkan disiplinnya lagi. Jika tidak ada, kita harus berubah untuk maju dan mengambil langkah nyata untuk menjaga kedisiplinan. 

4. Komitmen 

Setidaknya kita harus fokus pada segala hal dalam hidup. Seperti halnya disiplin, pengabdian dapat memicu keinginan kita untuk disiplin tanpa ragu-ragu. Hal ini memastikan kedisiplinan yang telah kita bangun tidak melemah atau hilang ketika muncul masalah yang lebih besar. 

5. Praktik 

Ada pepatah yang mengatakan: "Bisnis itu mungkin karena itu normal. Tentu saja, itulah yang kami lakukan. Maka sikap disiplin bisa tercipta jika mulai belajar sedikit demi sedikit dan mempraktekkan hal-hal kecil terlebih dahulu. Saat Anda terus berlatih, kalian dapat menghilangkan rasa malas yang menghalangi Anda untuk melatih disiplin diri. 

MANFAAT DISIPLIN 

Sikap disiplin yang sudah menjadi prinsip manusia tentu akan memberikan manfaat bagi dirinya, juga bagi anak yang terbiasa disiplin dan yang mempelajarinya, misalnya saja manfaatnya sebagai berikut: 

1. Sensitivitas meningkat Anak tumbuh 

menjadi pribadi yang sensitif atau penuh kasih sayang dan percaya pada orang lain. Sikap tersebut dapat memudahkannya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, terutama orang tuanya. Disiplin sejak dini memudahkan anak mengeksplorasi emosi lainnya. 

2. Meningkatnya kecemasan 

Disiplin dapat memberikan kejujuran pada anak; anak tidak hanya dapat mengambil tanggung jawab, tetapi juga dapat menyelesaikan masalah dengan baik, cepat dan mudah. 

3. Masalah pendidikan 

Anak-anak menjalani kehidupan normal dan tahu bagaimana memanfaatkan waktunya dengan baik. 

4. Kembangkan ketenangan 

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang tenang dan jarang menangis justru lebih sadar akan lingkungan sekitarnya. Artinya dia berkomunikasi dengan orang lain lebih cepat. 

5. Naikkan kepercayaan diri Anda 

Sikap ini berkembang ketika anak diberi kepercayaan diri untuk melakukan apa yang mereka bisa. 

6. Menumbuhkan kemandirian 

Melalui pembelajaran mandiri, anak dapat yakin bahwa dirinya mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Anak juga dapat mengenal lingkungan dengan baik. Disiplin merupakan bimbingan yang tepat kepada anak agar dapat mengambil atau mengambil keputusan secara bijak. 

7. Mendukung kebaikan Anak-anak 

dengan kemampuan beradaptasi yang lebih baik lebih cepat beradaptasi dan mengenal orang lain lebih baik. 

8. Membantu perkembangan otak 

Saat anak berusia tiga tahun, pertumbuhan otaknya berkembang sangat pesat sehingga membuatnya terampil meniru perilaku. Ia juga sangat pandai meniru perilaku orang tuanya yang disiplin sehingga dengan sendirinya akan melahirkan kebiasaan dan sikap yang positif. 

9. Membantu anak-anak yang “sulit”.

 Beberapa anak mungkin memerlukan kebutuhan khusus, namun kebutuhan akan perlakuan dan disiplin khusus telah dilupakan untuk menekankan keteraturan dan kehidupan yang lebih baik bagi anak berkebutuhan khusus. 

10. Membentuk sikap patuh 

Anak mengikuti aturan yang diberikan orang tuanya secara disiplin atas inisiatif sendiri.



MANAJEMEN WAKTU


Manajemen waktu merupakan salah satu kunci sukses bagi seorang pebisnis atau manajer yang ingin menyeimbangkan kehidupan kerja, hubungan, dan waktu luang. Mengenai manajemen waktu dapat dikatakan merupakan teknik manajemen waktu dan lebih efektif. Hal ini sesuai dengan definisi Atkinson tentang manajemen pikiran, yaitu keterampilan yang berkaitan dengan berbagai usaha dan kegiatan yang direncanakan agar seseorang dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya.

Apa definisi manajemen waktu? Manajemen waktu adalah proses perencanaan, pengendalian dan penggunaan waktu sebanyak mungkin untuk menyelesaikan tugas tertentu. Menurut Forsyth, manajemen waktu dapat diartikan sebagai cara mengatur waktu untuk menciptakan efisiensi dan produktivitas. Kemampuan untuk fokus pada prioritas adalah kunci untuk tetap produktif, yang akan membawa Anda menuju kesuksesan dalam hidup. 

Mengapa manajemen waktu sangat penting? Setelah mengetahui pentingnya manajemen waktu, mungkin Anda bertanya mengapa manajemen waktu begitu penting? Pada dasarnya, melaksanakan suatu tugas atau rencana memerlukan perencanaan waktu sehingga Anda dapat menyelesaikannya dalam jangka waktu yang ditentukan dengan baik. Seperti yang Anda ketahui, waktu adalah sumber daya yang tidak dapat ditangkap atau diduplikasi. Waktu yang hilang tidak dapat diperoleh kembali, jadi Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin. 


Dengan manajemen waktu, Anda dapat memaksimalkan kecerdasan Anda untuk mencapai tujuan Anda dengan sedikit usaha dan waktu. Meningkatkan keterampilan manajemen waktu juga memungkinkan Anda fokus pada waktu yang paling penting, sehingga menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Oleh karena itu, manajemen waktu dinilai sangat penting. Untuk lebih memahami hal ini, pertimbangkan manfaat penerapan manajemen waktu berikut ini.

1. Mengurangi stres 

Pelaporan BrainBridge, manajemen waktu yang efektif dapat mengurangi tingkat stres. Ketika Anda bisa mengatur waktu, segalanya tampak lebih mudah. Anda tidak akan kelelahan, Anda juga bisa bekerja lebih lama tanpa stres. Pengaturan waktu yang tepat akan meningkatkan produktivitas, sehingga Anda dapat tidur nyenyak dan terhindar dari stres.

2. Keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik 

Menerapkan manajemen waktu tidak hanya akan membuat Anda lebih menghargai waktu, tetapi Anda juga akan mencapai banyak hal dalam waktu singkat. Hampir semua orang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Alhasil, banyak momen penting seperti liburan bersama keluarga atau pertemuan mingguan bersama teman yang terlewatkan. Baca juga: Work-life balance, cara menyeimbangkan hidup Ketidakseimbangan menimbulkan perasaan gelisah, cemas dan stres yang berdampak negatif pada kesehatan tubuh dan pikiran. Dengan adanya manajemen waktu, Kalian dapat menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

3. Lebih banyak waktu untuk kebebasan 

Berkat perencanaan waktu, Anda tidak akan kesulitan mengatur waktu secara efektif. Anda bisa mencurahkan lebih banyak waktu untuk hal-hal penting lainnya, seperti bersantai, menghabiskan waktu bersama keluarga, atau menekuni hobi yang sudah lama terbengkalai karena kesibukan Anda. Ketika Anda memiliki lebih banyak waktu luang, Anda menjadi bersemangat, lebih produktif, lebih kreatif, dan terhindar dari stres. 

4. Lebih spesifikn 

Daripada berusaha mencapai banyak hal, manajemen waktu membantu Anda lebih fokus pada hal-hal kecil yang dianggap lebih penting dan produktif. Manajemen waktu yang baik juga mengatur pekerjaan atau tugas Anda. Dengan menggunakan skala prioritas, Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan selesai tepat waktu. Bahkan jika Anda sedang kesulitan atau berada di bawah tekanan, manajemen waktu membantu Anda fokus pada tugas dan tanggung jawab Anda.

5. Produktivitas 

lebih tinggi Berdasarkan definisi manajemen waktu, menerapkan keterampilan ini membuat Anda fokus pada efisiensi waktu Anda. Anda akan lebih produktif karena Anda memiliki skala prioritas. Saat ada waktu luang, Anda mengisinya dengan banyak hal bermanfaat, seperti membaca buku, mendengarkan berita olahraga, atau menyelesaikan tugas.

6. Kurangi penundaan 

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang lebih suka membuang banyak waktu untuk menunda-nunda daripada mengambil tindakan. Hal ini dapat diminimalisir dengan menerapkan manajemen waktu. Ketika Anda memiliki arah dan tujuan yang jelas, Anda fokus pada prioritas dan tujuan terbesar. Secara tidak langsung, melatih Anda untuk disiplin, lebih efisien dan efektif, serta menghargai waktu dalam membuat prioritas. Tidak ada lagi penundaan, cukup waktu untuk menjadi produktif. Selain itu, Anda juga akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan dapat diandalkan.

7. Mempercepat segala sesuatunya untuk mencapai tujuan 

Keterampilan manajemen waktu membuat segalanya lebih mudah dan mudah. Ketika Anda dapat mengatur waktu, Anda tahu di mana Anda harus fokus. Daripada merasa frustasi atau terbebani dengan banyaknya tugas dan pekerjaan, Anda akan merasa percaya diri dan tahu cara menyelesaikannya dengan cepat tanpa membuang waktu dan tenaga. Manajemen waktu yang baik juga membuat tugas-tugas Anda tetap teratur sehingga Anda tidak kesulitan menyelesaikannya. Hasilnya, Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Perencanaan waktu yang baik juga memungkinkan Anda menyelesaikan berbagai masalah pekerjaan dan pribadi dengan cepat.  



BAGAIMANA CARA MENGAKTIFKAN MANAJEMEN WAKTU?  


Jadi bagaimana Anda memasukkan manajemen waktu ke dalam kehidupan sehari-hari Anda? Berikut penjelasannya.   

1. Buatlah daftar rencana  

Membuat daftar perencanaan akan membantu Anda menentukan tugas mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Anda dapat membuat daftar yang memuat jadwal kerja yang lebih lama dari  tenggat waktu minimum. Prioritaskan pekerjaan penting yang perlu diselesaikan dalam waktu dekat. Membuat daftar rencana akan membuat waktu Anda lebih efisien dan tidak terbuang percuma hanya  memikirkan tugas mana yang harus Anda pilih. Untuk mempermudahnya, Anda dapat membagi daftar rencana Anda menjadi empat kelompok, menurut saran NHS (2021): 

  • Mendesak dan penting.
  • Tidak mendesak, Tapi penting
  • Mendesak tapi tidak penting
  • Penting atau tidak mendesak

2. Disiplin waktu  

Menerapkan manajemen waktu untuk pertama kali memang tidak mudah. Anda terbiasa bekerja dengan disiplin, tidak menunda-nunda dan tidak malas. Saat membuat daftar rencana, akan lebih mudah untuk menambahkan jadwal atau waktu mulai dan berakhir.   

3. Fokus  

Lakukan apa yang ada di daftar tugas. Jangan melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan tugas Anda, seperti bermain-main atau bermalas-malasan. Penundaan membuat Anda kurang fokus dan disiplin. Tanpa disadari, hal ini bisa berdampak buruk pada kesuksesan Anda di masa depan.   

4. Bersedia mengambil risiko dan tanggung jawab  

Mengembangkan keterampilan manajemen waktu membutuhkan kemauan untuk mengambil risiko dan rasa tanggung jawab. Marilah belajar mengambil keputusan dan menerima konsekuensinya. Itu membuat Anda lebih canggih dan lebih cerdas dalam pengambilan keputusan.   

5. Mengikuti Pelatihan  

Kamu bisa memaksimalkan pemahaman mengenai manajemen waktu dengan mengikuti pelatihan. Melalui pelatihan, kamu akan dibimbing bagaimana cara terbaik menerapkan manajemen waktu yang efektif sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun