Mohon tunggu...
Ikbal Ropik
Ikbal Ropik Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Karya buku: Meraih Kebahagiaan Hidup (2021), Menyelami Makna Syukur (2022), Sakit: Untaian Lara Penghapus Dosa (2023), Bekal Seorang Musafir (2024).

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kerangka Dasar Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan

15 Oktober 2024   17:41 Diperbarui: 15 Oktober 2024   18:07 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Makna dan Hakikat Pengawasan dan Evaluasi

Pengawasan dan evaluasi disebut pengendalian (controlling) dan evaluasi, yaitu meneliti dan mengawasi semua kinerja kependidikan. Pengawasan bertujuan menginkatkan motivasi dan prestasi lembaga pendidikan dengan seluruh civitas dan horizonlal yaitu atasan dapat melakukan upaya kritik kepada bawahannya begitupula bawahannya dapat melakukan upaya kritik kepada atasannya.

Tinjauan ontologi, epistemologi dan aksiologi pengawasan dan evaluasi pendidikan
Ontologi diidentifikasikan dengan metafisika, disebut dengan protofilsafat atau filsafat. Sedangkan epistemologi merupakan studi tentang pengetahuan, bagaimana mengetahui benda-benda. 

Pengetahuan ini akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada misal cara manusia memperoleh dan menangkap pengetahuan dan jenis-jenis pengetahuan. Adapun aksiologi adalah bidang yang menyelidiki nilai-nilai (value) diantaranya nilai tindakan moral, nilai ekspresi keindahan dan nilai kehidupan sosio-politik di dalam kehidupan manusia.

 

Landasan pengawasan dan evaluasi pendidikan

- landasan teologi/spiritual pengawasan dan evaluasi pendidikan
Controlling, pengendalian atau pengawasan dan evaluasi, dalam konsep pendidikan islam dilakukan tidak hanya untuk pengawasan yang bersifat material saja, tetapi mementingkan hal-hal yang bersifat spiritual. 

Dan ini yang membedakan konsep pengawasan dalam islam dan konsep sekuler yang hanya melakukan pengawasan yang bersifat material tanpa melibatkan Allah. Diantara ayat yang menjelaskan tentang pentingnya manajemen yaitu Qs. As-Shaf: [61]:3, Qs. As-Sajdah: 5, Qs. Al-Hasyr: 18. Termasuk dalam hadits riwayat At-Tirmidzi: 2383 "Periksalah dirimu sebelum memeriksa orang lain".

- Landasan Historis pengawasan dan evaluasi
Istilah Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan baru dikenal di dunia pendidikan Indonesia, perkiraan tahun 60-an atau pada dua dasawarsa terakhir ini. Diperkenalkannya istilah Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan seiring dengan diberikannya mata kuliah administrasi pendidikan di beberapa IKIP di Indonesia, yang kemudian disusul dengan dijadikannya administrasi pendidikan sebagai mata pelajaran dan bahan ujian pada SGA/SPG pada tahun ajaran 1965-196.

- Landasan Yuridis pengawasan dan evaluasi pendidikan

Landasan yuridis diantaranya dijelaskan: UUD Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.UUD Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, PP Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Kewenangan antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

- Landasan operasional pengawasan dan evaluasi pendidikan

Diantaranya: PP Nomor 38/Tahun 1992, terdapat perubahan penggunaan istilah pengawas dan penilik. Keputusan bersama Mendikbud nomor 0322/O/1996 dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara nomor 38 tahun 1996 tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional pengawas.

 

Orientasi pengawasan dan evaluasi pendidikan

Berarti mengukur tingkat efektifitas kerja lembaga pendidikan dan tingkat efisiensi penggunaan sumber-sumber pendidikan dalam upaya pencapaian tujuan sebuah pendidikan.

 

Pengawasan dan evaluasi pendidikan masa sekarang dan akan datang

Model pengawasan dan evaluasi pendidikan masa sekarang: Karakteristik pengawasan dan evaluasi pendidikan modern dikatakan sebagai berikut: A Menciptakan dan mempertahankan antar hubungan yang memuaskan diantara anggota dan staf. B Demokratis. C Komprensif. D Pengawasan dan evaluasi dinamis ialah supervis yang aktif, kreatif dan banyak inisiatif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun