Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan rancangan program yang akan kami terapkan di sekolah saya yaitu 'MIBANDA ( MICINTA BAHASA SUNDA) . Program ini sebenarnya adalah sebuah literasi yang mengkhususkan pada buku, dongeng,video,teks dan modul literasi berbahasa Sunda. Bahasa Sunda sebagai bahasa ibu di kabupaten Karawang semakin tergerus akibat derasnya arus masuk baik budaya suku lain atau pun budaya Barat, hal ini sangat wajar karena Karawang  adalah kota industri terbesar kedua di Indonesia dengan tingkat populasi kaum urban yang sangat tinggi.Â
Menurut Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara bahwa sekolah pada dasarnya adalah tempat bersemainya benih-benih kebudayaan, pembentukan karakter positif. Berdasarkan filsafat tersebut maka sekolah berkewajiban memelihara kebudayaan setempat agar tetap menjadi identitas serta menjadi kearifan lokal yang nantinya akan menjadi salah satu kekayaan Budaya Bangsa Indonesia.
Poin profil pelajar Pancasila yang ingin di raih pada program ini adalahÂ
1. Beriman , bertakwa dan berakhlak mulia,menumbuhkan kepemimpinan murid akan memicu perilaku yang positif yang menggambarkan siswa yang taat pada aturan agama.Â
2. Mandiri, menumbuhkan kepemimpinan murid akan membangun kemandirian siswa untuk menjalankan program sebagai wujud komitmen terhadap program yang telah di sepakati bersamaÂ
3. Bernalar kritis, kepemimpinan siswa akan mengarahkan siswa untuk bernalar kritis dalam melaksanakan program.Â
Karakteristik lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang akan dikembangkan yaitu lingkungan yang  akan mengembangkan kearifan lokal terutama Bahasa Sunda sehingga anak dapat maandiri dan bernalar kritis.Â
Prakarsa Perubahan pada program ini adalah :Menguatkan pengetahuan ,keterampilan bahasa Sunda serta kecintaan pada budaya Sunda melalui kegiatan literasi Bahasa SundaÂ
Â
TAHAPAN
PERTANYAAN
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPAT JAWABAN
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA, PILIHAN ,KEPEMILIKAN MURID
ASET YANG DI BERDAYAKAN
WAKTU YANG DIPERLUKANÂ
PENANGGUNG JAWABÂ
B-uat pertanyaan utama
- Â Membuat pertanyaan utama yang akan menetukan arah investigasi /kekuatan/potensi/peluang mendefinisiakn tujuan ,pertanyaan dibuat untuk memprovokasi / menginisisasi perubahan/prakarsa
- menggalang /membangun koalisis tim perubahan >dukungan ,urgensitas
- Â Bagaimana kita dapat meningkatkan minat membaca dan menulis Bahasa serta aksara Sunda ?Â
- diskusi bersama Kepala sekolah / rekan kerja bagaimana program literasi bahasa Sunda ini dapat berhasil
- Â Melakukan wawancara dengan siswa mengenai minat baca dan gaya baca nya.
- kepala sekolah
- rekan guru
- siswa
1 Minggu
A-mbil Pelajaran
- Â menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemu kenali kekuatan / potensi/peluang lewat investigasi atau penyelidikan \: mengidentifikasi / mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada
- Â Menemukan :"inti positif";setiap pertanyaan dibuat dengan hati - hati dan sifatnya positif
- aktifitas apa yang dapat menarik minat baca tulis Sunda murid selama ini ?
- mana kebijakan sekolah yang mendukung minat baca tulis bahasa Sunda ?
- survei minat baca anak tentang teks , buku ,modul berbahasa Sunda dan menulis aksara Sunda
- curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui program membaca yang menaik selama ini.
- buku milik perpustakaan sekolah , dan milik murid
- murid
- kebijakan sekolah
- komunitas literasi bergerak Indonesia
- 2 minggu
CGPÂ
G-ali Mimpi
- Pada tahapan ini , mulai terbayangkan keberhasilan yang akan diraih dan apa yang akan dilakukan saat itu.
- memberikan motivasi agar berkomitmen untuk mencapainya
- Apa yang kalian rasakan apabila bisa menulis aksara Sunda dan lancar membaca teks, bacaan , modul Bahasa Sunda ?
- Bagaimana gambaran kalau di kelas kita semua sudah lancar membaca teks modul bahasa Sunda dan menulis aksara Sunda?
- Apa yang dibutuhkan agar anak senang dengan membaca teks , modul bhasa sunda dan menulis  Aksara Sunda?
- dialog dengan seluruh siswa tentang harapan serta impian mereka tentang perpustakaan dengan buku buku berbahasa Sunda
- curah pendapat mengenai harapan tentang buku serta bacaan berbahasa Sunda
- murid
- guru
- buku berteks Bahasa Sunda
- 1 minggu
J-abarkan Rencana
- mengidentifikasi tindakan nyata yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan.
- siapa yang harus mengetahui program ini
- Apa langkah langkah yang perlu dilakukan siswa untuk menumbuhakan minat baca tulis teks , cerita ataupun modul Bahasa Sunda serta aksara Sunda .
- kapan upaya menumbuhkan minat baca tulis siswa ?
- sosialisasi program pada kepsek, rekan sejawat dan siswa sasaran
- Â merumuskan langkah langkah yang perlu dilakukan siswa untuk menumbuhkan minat baca tulis berbahasa Sunda serta akasara Sunda
- membuat daftar checklist target bacaan siswa per minggu
- secara kolaboratif bersama siswa dan rekan sejawat merumuskan langkah langkah yang perlu dilakukan siswa untuk menumbuhkan minat baca tulis berbahasa Sunda dan aksara Sunda
- kepala sekolah
- guru
- rekan sejawat
- siswa
- buku bacaan bahasa sunda
2 minggu
CGP
SISWA
REKAN SEJAWAT
A-tur eksekusi
- pada tahap ini , tentukan pihak mana saja yang dapat membantu tercapainya program dan kapan program akan mulai dilaksanakan
- Siapa yang akan membantu siswa meningkatkan minat baca tulis
- siapa yang akan membantu memantau program ini ?
- kapan program akan dilaksanakan
- Memetakan pihak pihak yang akan membantu upaya menumbuhkan semangat dan minat baca tulis Bahasa serta Aksara Sunda .
- membuat tim pelaksana kegiatan
- mengatur waktu mulai eksekusi kegiatan
- berkolaborasi dengan siswa menentukan pihak pihak yang dapat membantu siswa meningkatkan serta menjaga minat baca nya
- berkolaborasi dengan siswa untuk memilah dan menata buku bacaan agar rapi dan terlihat menarik
- berkolaborasi dengan siswa tentang waktu dimulai nya program " MIBANDA"
- siswa
- guru
- rekan sejawat
1 minggu
CGP
Siswa
rekan sejawat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H